Author's Note

38 2 0
                                    

Hai para pembaca! Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca "KARMA"!

Berikut ini adalah informasi-informasi yang ingin saya sampaikan yang masih berkaitan dengan cerita ini.

Pertama, Setiap di akhir part cerita terdapat 'Kamus Mini' yang bertujuan memudahkan pembaca untuk mengerti Romaja (Atau yang biasa disebut Romanization) dari Bahasa Korea.

Apa sih itu?

Romaja atau Romanization adalah sistem yang mewakili Bahasa Korea menggunakan tulisan latin. (Wikipedia)

Untuk kosakata dalam percakapan, saya menggunakan Romaja McCune-Reischuer (McC-Rsr) agar tidak kesulitan dalam membacanya.

Memang ada perbedaannya?

Ada!

1. 한글 dalam Alihaksara Korea yang Disempurnakan (RR): Hangeul

2. 한글 dalam McC-Rsr: Han'gŭl

Sudah tahu ya bedanya?

Saya mengerti bahwa sebenarnya yang tepat adalah menggunakan sistem RR, namun saya memutuskan untuk menggunakan sistem McC-Rsr agar lebih 'nyaman' untuk dilihat dan dibaca, meskipun sistem ini memiliki kekurangan tersendiri. Tak semua orang mengerti cara membaca Romaja dengan sistem RR, kan?

Untuk nama pun saya memakai sistem McC-Rsr. Agar tidak salah dalam membaca, berikut adalah panduan singkat membaca nama Korea dengan McC-Rsr

1. Hoon [훈] ➡Hun
2. Young [영] ➡Yong*
3. Hee [희] ➡ Hi
4. Dae [대] ➡Dè
5. Eun [은] ➡En ('e' dibaca seperti dalam kata 'berat')

Nama-nama di atas hanya contoh. Meskipun nanti terdapat nama yang berbentuk seperti itu, namun huruf awal atau akhirnya berbeda, cara bacanya pun masih tetap sama.

*[Just For Information] 'o' dibaca seperti dalam kata 'oper'.

Dalam 'Kamus Mini' saya juga menambahkan Romaja RR hanya untuk tambahan saja ^^

Kedua, saya bukanlah penulis yang sudah mahir dalam membuat cerita. Karena itu, kritik, saran, dan masukan sangat berarti bagi saya. Saya juga bukan seseorang yang sudah fasih Bahasa Korea. Jadi, mohon maaf jika nanti ada kesalahan-kesalahan dalam cerita ini.

Cukup sampai di sini, karena kalau terlalu panjang malah tidak sempat untuk membaca ceritanya 😁

Selamat membaca!

KARMATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang