Apa sih 'SamKal' itu?

38 9 2
                                    

Para member grup kepenulisan Divergent Writers kembali dengan permainan lainnya. Kali ini, admin tertua yang tidak mau mengaku tua, bernama Margareta Ivana, yang memberikan ide miringnya. Seorang wanita tulen yang akrab dipanggil Iva atau Kaiv, Ivan, Ipa, Kaipa, dan banyak panggilan lainnya, memang agak miring jiwanya---doi lebih suka disebut italic daripada miring---kamu buktikan saja dari akun wattpad-nya Mar2iva.

Dalam permainan ini, kami berkolaborasi membuat sebuah cerita dengan cara menyambung kalimat. Nama permainannya adalah Sambung Kalimat, atau disingkat SamKal. Cara bermainnya cukup mudah, yaitu sebagai berikut :


1. Pertama, kami membuat nomor urutan pemain.

Contoh:

1. Iva

2. Rahm

3. Sea

4.

5. (dan seterusnya)


2. Kemudian, kami bergiliran menuliskan satu kalimat sesuai nomor urutan. Masing-masing giliran pemain, hanya menuliskan satu kalimat yang menyambung dengan kalimat sebelumnya.

Contoh:

Iva menulis, 'Hari ini Shan berdandan cantik sekali.'

Kemudian Rahma menyambung, 'Karena ia akan berkencang dengan Komeng.'

Kemudian giliran Sea, 'Shan juga sudah memasak sayur jengkol kesukaan Komeng.'

Begitulah seterusnya, kembali giliran Iva, Rahma, Sea, dan seterusnya, hingga ceritanya tamat.


Hasilnya akan menjadi seperti ini:

(iva) Hari ini Shan berdandan cantik sekali. (Rahm) Karena ia akan berkencang dengan Komeng. (Sea) Shan juga sudah memasak sayur jengkol kesukaan Komeng. (dan seterusnya).


3. Kami juga menentukan waktu 2 menit setiap gilirannya. Jika lebih dari 2 menit, akan dilempar ke teman berikutnya. Maka semua pemain harus dalam keadaan stand by.


4. Selesai bermain, kami me-review kembali hasil karya kami. Namanya juga sedang belajar, wajar kalau ditemukan kesalahan. Kami pun mendiskusikan kesalahan tersebut dan memperbaikinya menjadi karya yang lebih baik.


Begitulah cara bermainnya. Mudah, kan?


Apa tujuan dimainkan game SamKal ini?

Pastinya, untuk berlatih menulis, karena kami tergabung dalam sebuah grup kepenulisan Divergent Writers. Tidak hanya menulis yang asal menulis---anak SD juga bisa---karena dalam permainan ini, kami juga berusaha menulis tanpa ada kesalahan dalam EYD dan KBBI. Jika terdapat kesalahan, kami pun saling mengingatkan dan mengajarkan.

Tujuan lainnya adalah untuk melatih kreativitas kami dalam menentukan sebuah kejadian selanjutnya dari adegan yang tidak terduga, bahkan dalam waktu singkat. Kami tidak tahu, apa yang akan ditulis oleh teman sebelum giliran kami, sehingga kami akan terlatih untuk berimajinasi dengan cepat.


Bermain sambil belajar, seru kan?

Ketulusan cinta Shan dan komengTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang