Sahabat, pernahkah kau menyadari jika dunia ini dipenuhi dengan rahasia?
Mulai dari rahasia kecil hingga rahasia besar. Mulai dari terbentuknya sampai berakhirnya dunia ini nanti. Rahasia yang begitu rumit sehingga manusia tak dapat memahaminya.
Tapi seiring berjalannya waktu, rahasia itu terus terkuak satu persatu. Kalian tentu tahu bukan jika bumi yang kita tinggali saat ini adalah hasil dari ledakan bima sakti yang disebutkan oleh Georges Lemaitre dalam teori Big Bang-nya. Ketika Sir Francis Drake yang membuktikan jika bumi ini berbentuk geospherical. Atau tentang siklus air yang terus berulang-ulang seperti yang dikatakan Sir Bernard Palissy.
Mungkin yang baru saja disebutkan itu adalah beberapa dari banyak rahasia di dunia ini yang terungkap. Tapi percayalah jika masih ada ratusan hingga ribuan rahasia yang belum bisa dipecahkan sampai saat ini.
Sahabat, pernakah kau menyadari jika setiap makhluk yang tinggal di bumi ini mempunyai rahasia?
Rahasia dari bagaimana cara mereka berkomunikasi, berteman, berkeluarga, dan bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan mereka. Serta rahasia akan perasaan mereka yang saling mencintai satu sama lain. Bagaimana cara mereka memendamkannya? Mengungkapkannya? Dan menjaganya agar tidak ternodai oleh yang namanya pengkhianatan.
Dan sahabat, pernahkah kau menyadari bahwa manusia adalah makhluk terumit dan mempunyai banyak rahasia dibandingkan dengan makhluk lainnya?
Makhluk yang menganggap diri mereka lebih mulia daripada malaikat ini mempunyai begitu banyak rahasia, terutama jika sudah mengenai hatinya.
Pernah mendengar pribahasa 'dalamnya laut dapat diduga, dalamnya hati siapa tahu?'
Pribahasa itu menjelaskan betapa rumitnya hati manusia. Kau tidak bisa memahami seseorang dengan hanya melihat tingkah luarnya saja karena itu dapat menipu. Jika ingin, kau harus pahami hatinya juga sebab hati adalah sumber dari segala perasaan yang dirasakannya dan rahasia yang disimpannya.
Begitu pula denganku karena aku juga seorang manusia.
Aku mempunyai begitu banyak rahasia yang senantiasa kutulis di dalam buku harianku. Aku mencatat semuanya, mulai dari rahasia kecil hingga rahasia besar terukir jelas di sana.
Mungkin di zaman seperti sekarang ini menulis buku harian adalah hal yang aneh bagi sebagian orang, tapi bagiku itu sesuatu yang penting. Karena aku tidak ingin melupakan kenangan berhargaku tentang semuanya.
Terkadang aku ingin mengatakan kepada semua orang jika aku mempunyai sebuah rahasia. Tetapi siapa yang peduli? Semua orang memiliki rahasia yang berusaha untuk dijaga dan ditutupi. Jadi untuk apa mengurusi rahasia orang lain? Itu hanya akan membuang-buang waktu bukan?
Tapi kali ini, biarkanlah aku memberitahukan kepada kalian, para sahabatku, tentang rahasia terbesar yang telah kusimpan dan kujaga selama tiga tahun terakhir.
***
Aku ingat tentang beberapa rahasia temanku. Tentang rahasia Fazri yang diam-diam pergi ke perpustakaan untuk membolos disaat jam pelajaran berlangsung. Tentang rahasia Alvin yang diam-diam mengintip anak perempuan ketika berganti baju saat jam pelajaran olahraga. Atau tentang rahasia Vernanda yang diam-diam menyukai guru Bahasa Indonesia kami dan memberikan surat kaleng padanya.
Jika dibandingkan dengan ketiga temanku, rahasiaku jauh lebih besar.
Kalian pasti bertanya-tanya sebesar apa rahasiaku bukan? Lalu soal apa yang aku rahasiakan? Tenang saja, aku sudah mengatakan tadi jika aku akan mengatakan rahasiaku ini kepada kalian.
KAMU SEDANG MEMBACA
A Little Love
Teen FictionIni hanya sepenggal kisahku saat mencintai sahabatku sendiri. Kami selalu bersama, tertawa bersama, bermain bersama, melalui semuanya bersama. Tapi suatu hari, kebersamaan itu harus hancur karena sebuah kesalahan. Kesalahanku yang mencintai dirinya...