Gua Yusuf biasa dipanggil Ucup, tinggal di Kota Jakarta yang Metropolusi, tepatnya di salah satu gang di daerah Tanah Abang, "Tahu, Lah Ya! Tanah Abang kaya gimana?" gang tempat gua tinggal penuh banget ama orang. Nggak Cuma orang Betawi, ada juga orang Sunda, Padang, ampe Papua, semua ras kayanya ada di Tanah Abang. Gua punya temen namanya Windy, babehnya biasa manggil dia "Wiwin" dan rumahnya cuma tiga rumah dari rumah gua. Si Wiwin ini anaknya "bangor, kaya cowok". Maennya ama cowok bukan ama cewek, tapi rambut dia tetep panjang nggak bondol kaya anak tomboy lainnya. Gua ama Wiwin ngapain juga bareng-bareng, dari maen, makan, ampe ngider ngudak layangan. Enyak Babeh gua ama Wiwin temenan juga, jadi kita berdua nggak dilarang klo maen, malah kita disekolahin disekolah yang sama dari kecil, katanya biar kompak.
Sekarang kita udah kuliah semester tiga dan tetep temenan, temen-temen kita yang laen mah udah nggak tahu kemana, cuma tinggal Wiwin yang setia temenan ama gua. Dia udah tahu semua kebaikan ampe keburukan gua, bahkan klo ada masalah gua ceritanya ama Wiwin bukan ama babeh sendiri, begitu juga si Wiwin. Kata orang-orang yang kenal kita "kenapa kaga pacaran Lu berdua? Akur banget juga!". Nggak pernah kepikiran tentang itu di otak gua, tahu dah di otak Wiwin? Karena kita sesalu maen bareng-bareng, kita jadi nggak mikirin pacaran apalagi yang laen. Umur segini mah enakan maen ama temen ketimbang maen ama pacar.
Suatu hari ada seminar dikampus tentang masa depan, Wiwin dateng keseminar itu sedangkan gua nggak, karena harus balik duluan ngurusin babeh yang mau jual kambing kurban saat itu. Diseminar, Wiwin dapet motifasi untuk membuat tujuan dalam hidup, dari karir, kepercayaan, sampai pasangan hidup kedapan. Kata Wiwin "Semua yang kita lakukan pasti ada konsekuensinya. Baik itu pergaulan, pelajaran, sampai kepercayaan". Ngedenger itu gua Cuma ngangguk-nggangguk, bikin hatinya Wiwin seneng aja dari pada dibilang sia-sia dateng ke seminar.
Keesokan harinya sikap Wiwin jadi sedikit berubah, dia jadi pemikir. Apa yang mau dilakuin dipikirin dulu, apa yang mau dimakan dipikirin juga, jadi nggak asik maen ama Wiwin. Kayanya seminar kemaren berhasil mempengaruhi hidupnya. Mau nggak mau gua juga ngikutin perubahan Wiwin sedikit demi sedikit, dari cara ngomong, cara makan, cara jalan, ampe cara ketawa. Kata Wiwin "Besok harus lebih baik dari hari ini. Jadi kita harus berubah jadi orang yang lebih baik sedikit demi sedikit". Menurut gua yang dibilang Wiwin itu bener semua, tentang konsekuensi dan perubahan lebih baik itu, tapi karena nggak biasa jadinya nggak enak ngelakuinnya.
Detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari. Hari demi hari perubahan sikap kita semakin terlihat, yang tadinya kalau kita bicara bisa bikin orang sehat jadi sakit sekarang bisa bikin orang melek jadi merem. Perubahan sikap itu kayaknya berdampak sampe hati, gua jadi suka sosok Wiwin yang kalem kaya begini, bisa ngajak orang untuk berubah jadi yang lebih baik. Gua jadi ngebayangin kalo punya bini kaya Wiwin yang kalem kaya gini, nanti anak gua pasti dapet ajaran yang baik dari enyaknya.
Makin kesini rasa ini makin jadi, makin nggak bisa ditutupin, makin pengen diungkapin, rasa yang tersimpan ini udah ngebuat hati jadi gado-dago yang dicampur jadi satu dan rasanya super pedes, bikin keringetan dan semua orang jadi tahu kalau gado-gado ini super pedes. Akan tetapi hal itu nggak bisa gua ungkapin sekarang, karena sikap Wiwin yang pemikir membuat dia hati-hati mengambil keputusan. Gue takut ditolak dengan alasan pertemanan dan kalau diterima gue takut sifat kita jadi jaim-jaiman.
Waktu itu pas pulang dari kampus ujan dijalan dan apesnya gua nggak bawa payung, tapi untungnya si Wiwin bawa payung warna merah, jadi gua nebeng ama dia ampe depan rumah. Saat perjalanan pulang dibawah payung warna merah, hati gua nggak berhenti deg-degan dan gue yakin kalo rasa yang ada dihati ini harus gua ungkapin cepet atau lambat karena gua nggak mau cuma jadi tamen, gua mau lebih dari sekarang.
Gua belom berani ngungkapin perasaan ini langsung ke Wiwin, tapi gua pernah nulis status facebook kalo gue suka sama Wiwin, dan Cuma pake inisial WN (Windy Novitasari) bukan mantion langsung ke Wiwin.
Isi status facebook gua:
Kayanya gua suka ama WN. Sebenernya WN itu temen gua dari kecil tapi belakangan ini sikap dia berubah jadi baik dan gua jadi suka ama dia. Dia udah tahu gua luar dalem, gua juga udah tahu dia luar dalem. Gua cuma berharap dari teman jadi pasangan. Perasaan ragu yang ada dihati masih terus ngebayangin gua untuk ngungkapin secara langsung kedia.
Seminggu kemudian kampus ngadain acara awarding dan mewajibkan panitia untuk mengirim undangan resmi ke masing-masing anggota UKM di facebook. Salah satu panitianya adalah Wiwin, dia bertugas untuk mengirim undangan resmi ke UKM yang dia ikuti, dan UKM itu adalah mapala, UKM tempat gua dan Wiwin berorganisasi. Entah sengaja atau nggak Wiwin ngelihat postingan gua yang belom dihapus tentang perasaan suka gua dengan cewek dengan inisial WN. Kayanya dia sadar kalau inisial nama itu adalah namanya, tapi dia nggak bilang kalau ngebaca postingan gua, seakan-akan ngacuhin postingan gua yang udah jelas dia orangnya.
Pas acara kampus berlangsung, setiap UKM ngasih perwakilan dua orang untuk menerima plakat sebagai UKM terbaik nantinya dan mengajak mahasiswa baru untuk ikut UKM. Pada akhir acara, Mapala terpilih menjadi UKM terbaik karena selalu beparispasi setiap ada acara kampus. Wiwin dan gua yang mewakili Mapala untuk mengambil plakat dari Rektor dan Dekan kampus. Waktu jalan menuju atas panggung Wiwin tiba-tiba bilang "Gue juga suka ama Lu, Cup". Mata gua langsung melotot dan seketika gua gemeter ngedegernya.
Ketika diatas panggung dan harus pidato singkat, tatapan mata gua kosong karena omongan Wiwin yang dadakan itu. Ketika gua disadarin Wiwin untuk bicara, gua malah bilang dengan lantang "Gua seneng banget kalo bisa resmi ama Wiwin". Seketika semua mata dan mulut yang bicara melihat keatas panggung dan menunjuk-nunjuk gua. "bukannya Lu berdua uda pacaran dari dulu?" kata seorang ditengah kerumunan. "Lu berdua kan, emang dua sejoli!" kata seorang menyambut teriakan pertama.
Karena udah terlanjur diliatin satu kampus, sekalian aja gua kenalin pacar baru gua diatas panggung "Si Wiwin anak ncang Jali uda resmi jadi pacar gua". Ngedenger perkataan gua itu, semua orang tepok tangan dan ngucapin selamet dan tentu aja ciyee-ciyeenya. Gua ama Wiwin Cuma bisa mesam-mesem di ciyee-ciyeein.
Jadi nggak ada salahnya dari teman jadi pasangan, nggak usah takut bakal ngerusak hubungan pertemanan, dan nggak usah jaim-jaiman klo jadi pacar beneran. Karena menurut gua konsekuensi perbuatan pasti terjadi belakangan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Di Bawah Payung Merah
RomanceRasa deg-degan Ucup di bawah payung merah sudah nggak bisa ditahan lagi, tapi Ucup takut untuk ngungkapinnya. Alasannya adalah masa lalunya, dan masa kecilnya.