dilan

2K 38 1
                                    

Terus, apalagi ya? Itu, Yan, masih inget ga, kita pernah naik ke pembatas kelas. Pembatas kelasnya kan terbuat dari bahan triplek ya? Dulu kita naik ke situ mau apa sih? Oh iya mau ngintip, katanya ada yang cantik di kelas 2 E, si Mila Abidin, pindahan dari Bekasi, ha ha ha, tripleknya roboh ke sebelah sana, kitanya kebawa juga deh. Ha ha siswa-siswanya pada ngejerit. Pada lari. Hi hi hi. Bu Susi juga lari, dia kan lagi ngajar di situ. Marah dia. Dia ngajar IPS ya? Terus kita diarak ke ruangan BP. Hi hi hi. Tegang euy, tapi rame, Yaaan!

Kalau Mang Dedi tukang bubur? Kemana sekarang dia ya, Yan? Kamu masih inget kan? Dulua dia marah-marah gara-gara huruf B di tulisan “Bubur Ayam Enak” nya kita coretin pake pilox jadi D, ha ha ha iya jadi “Dubur Ayam Enak”. Ha ha ha.

Kalau si Topan? Kamu inget ga? Dulu kan dia pernah jejeritan karena dipaksa disuruh merkosa kucing ha ha ha di kebun Mang Usman. Hi hi hi, mukanya sampe pucat gitu. Kamu juga lihat kan? Ha ha ha. Sekarang dia di jakarta, Yan, kerja. Tapi dia trauma enggak ya kalau sekarang dia liat kucing? Mudah-mudahan aja iya. Ha ha ha

Terus itu, Yan, masih inget gak? Dulu kita ngendap-ngendap, ngambilin sendal orang yang lagi acara kendurian. Iyaaaaaa!! Sendalnya kita tulisin pake spidol permanen, hi hi hi kan dulu belum ada spidol whiteboard. Ditulisin hurup arab. Iyaaaaaa! Habis itu dibalikin lagi ke sana.

Yaaah, dulu kamu lari sih, jadi aja gak lihat gimana pas mereka pulang. Edan, Yan, pada gak ada yang mau make sendalnya ha ha ha takut dosa nginjek tulisan arab. Ya pada marah sih, kan gak bisa dihapus ha ha. Kamu ngumpet di mana sih? Di semak-semak ya? Payah! Saya mah di warung Bi Nae.

Kalau mbak Vina, masih inget gak, Yan? Mbak Vinanya si Bu Iyam. Siapa sih namanya orang yang suka ngapelin mbak Vina itu? Lupa saya euy. Iya hi hi hi helm full facenya, yang pas bagian mulutnya, kita colekin tahi ayam, hi hi hi, tahi ayamnya udah kita siapin sejak sore ha ha.

Kita pada ngumpet di samping pos ronda, ngeliatin yang ngapelin mbak Vina pulang. Ha ha ha pas udah dipake helmnya, sama dia diapain, Yaaaaaan!!?? Diapain, Yaaaaan?! Iyaaa ha ha dibuka lagi ha ha ha. Terus woak!! woak!! woak!! ha ha ha muntah.

Mbak Vinanya marah, ha ha ha nyalahin si Daman yang lewat mau ke warung ha ha ha. “Eh? Bukan saya, Mbak!” Ha ha ha “Saya mah gak tau”. Ha ha ha!

Piyan, dulu itu kita kurang ajar gak sih? Kayaknya enggak ya? Tapi kalau kurang ajar juga gak apa-apa deh, gampang, berarti sekarang tinggal menyesal. Tinggal mengenang bahwa sebenarnya itu adalah indah.

Oke ya, Yan. Segini aja dulu, nanti, kalau perlu, yang lain juga mau saya ceritain, biar semua orang tau bahwa sebenarnya saya juga pernah menjadi anak-anak. Pernah bersama kamu, bersama Afud, bersama Nandan yang mau menjadi kawan saya, di saat mana yang lain mah pasti pada gak mau ha ha.

Sekarang kita sudah tua jadi pada serius begini. Jadi enggak seru lagi. Semua berubah pasti gara-gara kita diwajibkan untuk cari uang. Jadinya waktu kita habis di tempat kerja. Kita mengerjakan sesuatu tidak lagi main-main, kita bekerja dengan maki-maki. Kita jadi tidak bebas lagi kayak dulu karena kita bekerja dengan intruksi dari Boss yang tidak pernah main-main. 

Kita mengerjakan pekerjaan dengan aturan main yang melarang main-main. Kita mengerjakan pekerjaan dengan ketakutan tidak laku. Kita mengerjakan pekerjaan untuk kesenangan orang lain. Kita mengerjakan pekerjaan bukan untuk menyenangkan. Kita mengerjakan pekerjaan dengan cara mengikuti pekerjaan orang lain. Enggak seru. Semua berjalan dengan baik dan teratur dan itu sangat membosankan. 

Mungkin pemikiran saya salah. Tapi, Yan, dulu saya senang

Kalau boleh, sekarang saya mau sekalian minta izin nih, Yan. Saya rencana mau ngangkat kisah masa lalu kita dulu itu, menjadi bagian dari cerita buku yang sedang saya tulis, buku DRUNKEN MEMORI. Boleh ya, Yan?

Boleeeeehhh!!! Makasih, Piyan

Surat Untuk piyanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang