Wasiat Bego (part 1)

6.3K 223 2
                                    

"Nak, kamu sudah dewasa sekarang. Jadi mama harap kamu bisa menentukan pilihanmu dengan benar." ucap mama.

"Tapi ma, aku gak bisa ngejalanin wasiat itu! Mama tau kan? Aku ini cowok!" ucap gue membantah.

"Mama ngerti sayang, tetapi sebagai keluarga yang mempunyai tata krama yang kuat kita tidak bisa melanggar janji!" jelas mama lagi.

"Ma, aku tau mama sangat berbakti kepada mendiang opa dan oma, tapi apa tidak ada jalan lain selain ini? Aku mohon ma!" ucap gue memelas.


Mama hanya menggeleng lemah, matanya terlihat sendu. Mama terlihat sangat sedih dan ingin sekali mewujudkan wasiat opa itu. Tapi kenapa? Apa salah gue? kenapa opa meninggalkan wasiat seperti itu? Gue sayang mama, dan gue gak mau melihat mama sedih karena hanya mama yang gue miliki, gue gak boleh ngecewain dia.


"Baik ma, aku mau jalanin wasiat opa." ucap gue berusaha tegar.

mama terkekeh dan wajah murungnya kembali ceria.

"Ah! Mama tau pasti kamu mau, kamu memang anak mama yang hebat!" ucap mama sambil memeluk gue.

Gue hanya bisa tersenyum dan mencium pipinya untuk pergi ke sekolah.


Dalam waktu dekat ini gue akan berulang tahun yang ke-17, tapi disaat itu juga gue harus menjalankan wasiat opa.

Bener2 wasiat yang gak masuk akal, wasiat yang diberikan opa sebagai pesan terakhir itu sukses menjadi beban terberat dalam hidup gue. Wasiat bego itu adalah gue harus menikah dengan anak ke-3 keluarga pak Taufik.

Sebenarnya sih ini bukan masalah kalo aja anak pak Taufik itu perempuan, tapi sialnya anak pak Taufik itu laki2.

Namanya Dimas, gue ingat dulu waktu kecil gue sering main sama dia. Tapi kejadian itu sudah 13 tahun yang lalu, bagaimana wajahnya pun sekarang gue gak tau karena dia tinggal di London.


Oh iya perkenalkan nama gue Pandu, gue lahir di jakarta 25 Nov 1996, yang beberapa hari kedepan akan membuat gue bertambah usia. Gue memiliki tinggi 166 cm, berkulit sawo layaknya orang Indonesia.

Gue besar di Jakarta hanya dengan jerih payah mama gue, bokap gue meninggal saat gue dikandungan.

itu sebabnya mama sangat sayang sama gue, gue anak tunggal.


****


"Ndu! Lu kenape bengong gitu? Kesambet baru dah lu tau rasa!" tanya sahabat gue Wida menggangetkan.

"Aduh da! Lu bisa ga sih santai aja! untung gak gue gaplok pake buku!" jawab gue ketus.

"Haha abisnye lu bengong, bikin gue ngeri aja! Emang lu kenape?" tanyanya lagi.

"Gue bingung da, tentang wasiat opa yang harus gue jalanin." jawab gue menghela nafas.

"Yaelah cuma gara2 wasiat doang lu ampe galau berkepanjangan? Lebay banget dah wkwkwk! emang wasiatnya ape?" tanya Wida lagi.

"Gue harus nikah sama anak temen opa gue!" ucap gue lantang sembari menusuk2 naget yang tak bersalah dipiring.

"Yaelah lebay amat! Wasiat kek gitu mah gampang kali dijalaninnye." ucap Wida sotoy.

"Bukan masalah itu da, tapi anak temen opa gue itu cowok!" jelas gue menutup muka.


Wida yang lagi semangat makan mie kaget mendengar penjelasan gue hingga tersedak.

"Uhuk!Ohok!'' batuk Wida yang kemudian meminum air teh milik gue.

"Aduh da, pelan2 makanya kalo makan!" ucap gue menepuk2 punggung Wida.

"Opa lu stres Ndu! ye kali dah bikin wasiat gak mikir!" ucap Wida,

"Ya makanya itu, lagian opa gue kan gak tau kalo ternyata cucunya yang bakal merojol itu cowok!" ucap gue kesel.


Wida diam, matanya menatap gue dengan horor. Gue deg2an ngeri liatnya.

"wkwkwkwk!" Wida malah tertawa senang.

"Apaansi malah ngetawain bego!" kata gue menjitak kepalanya.

"Anjrit sakit! Lagian muke lo lucu banget, udeh kek anak ilang! wkwkwk!" ejek Wida lagi yang bikin gue makin bete.

"Lu ngeselin ye! Gausah jadi temen gue lo!" kata gue jutek.

"Sorry Ndu, sorry! wkwkwk jalanin aje ye, gue malah seneng wkwkwk! gak salah gue temenan sama lu" jelas Wida.

"Anjrit lu! Tau ah gue mau ke kelas!" ucap gue meninggalkan Wida.


"Huaaaa bego banget si lu malah cerita ke Wida! Secara Wida kan tomboy, yaudah pasti dia fujoshi! Hiks, bener2 makan batin! Sekarang dia malah nyemangatin gue gini! Tai ah!" gerutu gue sendirian.


****


"Assalamualaikum!" ucap gue memberi salam ketika sampe rumah.

"Eh Pandu! Wa'alaikun salam." sambut mama gue dan mencium kening gue.

"Ternyata ada tamu? Rame banget ma." tanya gue.

"Eh iya! cepet kamu ganti baju abis itu turun! Ada keluarga pak taufik dateng!'' jawab mama gue girang.

"What?! Keluarga pak Taufik ma? Aduh ma kenapa mendadak begini?" gerutu gue.

"Udah gak usah banyak tanya! Dimas baru pulang dari London dan studynya udah selesai! So wasiat opa bisa dijalankan secepatnya sehingga mama bisa tenang! Ayo cepet cepet ganti baju!" jawab mama panjang lebar sembari mendorong2 gue.


"Aduh gimana nih? Serius bakal ngejalanin wasiat bego ini? Ck kenapa gue deg2an gini sih!" ucap gue pelan di dalam kamar.


'Tok! Tok! Tok!' pintu kamar gue diketuk.

Saat gue buka pintu berdiri seorang cowok tinggi banget, gue cuma selehernya, udah gitu dia juga ganteng, bener2 mirip Rizky Nazar.


"Eh Pandu kan? Wah udah besar ya sekarang." ucap dia tersenyum menampilkan eyesmile nya yang indah.

"I..Iya, kamu siapa?" tanya gue.

"Wah sombong banget ya sekarang! Masa gak inget? Ini ka Dimas." jawab dia.


Mata gue terbelakak, ka Dimas tumbuh menjadi cowok yang tampan dan mapan. Dada gue bergemuruh jedag jedug.


"Kenapa gue deg2an? Aduh kenapa nih?" tanya gue dalam hati.


Ka Dimas menarik tangan gue, mengajak gue ke pekarangan belakang rumah sambil merangkul pinggang gue.

"Oh shit! Cobaan apa lagi ini?" ucap gue pelan.


Ka Dimas menatap gue, gue sama sekali gak bisa baca matanya.

Dia genggam tangan gue dan menciumnya percis di film2 saat mau dilamar.


"Kak" ucap gue.

Ka Dimas tersenyum dan membelai rambut gue lembut.

"Kamu udah besar ya, gak nyangka kamu tumbuh jadi anak yang manis gini." ucap ka Dimas mencubit pipi gue.

"Makasih ka, tapi apa kakak tau soal wasiat opa?" tanya gue.

"Tau dong, apalagi setelah liat kamu kakak malah semangat ngejalaninnya!" jawab ka Dimas sambil tersenyum.

"Hah?" ucap gue gak percaya.

"Yaudah, sekarang kita jalan yuk! Kakak mau ngabisin waktu sama kamu! Ayo!" ucap ka Dimas menarik tangan gue masuk kedalam mobil.


"Oh Tuhan! Kenapa ini? Apa yang harus hamba lakukan?" ucap gue memohon dalam hati.


Ka Dimas dan gue melaju pergi meninggalkan rumah. Dipersimpangan jalan ka Dimas yang sedang mencium tangan gue langsung melepas dan menepis tangan gue kasar.


"Cuih..puh..Uwek! tangan lu bau banget!" ejek ka Dimas jutek.

"Apasih?" kata gue sembari mencium tangan gue yang ternayata gak bau. Sialan nih cowok! batin gue.

"Kamu kurang ajar ya!" ucap gue.

"Eh Pandu, denger ya, yang tadi dirumah lu itu gue cuma pura2 bersifat sok manis gara2 dimata matain sama mama sableng dan keluarga sableng gue. Itu hanya sandiwara, jangan dianggap serius!" jelas ka Dimas songong.

"Maksud kakak apasih?" tanya gue.

"Ye bego! Tadi gue cuma pura2 tau gak, ye kali dah gue pacaran sama cowok! Gue normal dan udah punya pacar! jadi lu jangan pernah ngarep bisa nikah sama gue!" jelas dia makin songong.

"Apasih? siapa juga yang ngarep nikah sama kamu? Idih aku ngelakuinnya juga terpaksa tau! Gausah geer deh!" elak gue.

"Gausah muna, tadi muka lu merah! jangan2 lu emang beneran homo lagi! Idih kompak banget sama opa lu!'' sindir ka Dimas nyolot.

"Apa? Jaga bicara kamu! Aku gak suka kamu jelek2in opa aku!" ucap gue menarik kerah bajunya sehingga dia hilang kendali.

"Eh! eh! lu gila?! Gue lagi nyetir! Minggir!" omel ka Dimas.

"Bodo amat! Kamu ngeselin, kamu udah hina opa aku tau!" ucap gue terus menerus menarik kerah bajunya.


Ka Dimas mengerem mobilnya dengan tiba2, membuat gue terbentur kaca mobil.


"Dasar sarap! Sekarang lu turun! Lu maen dulu di mall ampe jam 7 nanti gue jemput, gue mau jalan sama cewek gue!" usir ka Dimas.

"Aduh sakit tau! Kamu gak bisa pelan2 ya? Amit2 deh kalo aku harus nikah sama orang ugal2an kayak kamu!" kata gue mengetok2 kan tangan ke kepala dan mobil.

"Bawel ye! Udah sana! Awas lu ampe pulang dan ngadu ke nyokap lu!" ancem ka Dimas berlalu meninggalkan gue dipinggir jalan.


Gue jalan pontang panting gajelas, ngedumel sendirian sehingga difikir orang gila.


"Apasih Ndu? Kenapa lu jadi bete gini? Ayolah, bukannya bagus kalo ternyata  si kutu kupret itu juga gak mau ngejalanin wasiat ini? So, ada peluang buat lu gagalin wasiat bego opa!" ucap gue sendirian.


Karena gue yang lagi ngomel2 gajelas sendirian gue gak merhatiin langkah gue sampe nabrak orang. Oh-_-


'Bruk!'


"Aduh maaf ya maaf! aku ga sengaja." ucap gue.

"Kamu gak pa.. Loh? Ka Megan?" ucap gue ketika sadar orang yang gue tabrak adalah ka Megan, kakak kelas gue disekolah dulu.



Bersambung~



Wasiat BegoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang