• Wattpad Tips •

8 2 0
                                    

• BAGAIMANA CARA MEMBUAT JUDUL• YANG MENARIK

Teman, para newbie biasanya memiliki banyak keluhan, dan salah satu keluhan mereka yang paling mengganjal adalah bagaimana membuat judul yang menarik minat pembaca.

Mungkin ada dari kalian di sini yang ide-nya sudah berhamburan, alur dan plotnya sudah disusun sedemikian rupa, ending sudah dibuat agar pembacanya bisa sampai menangis darah, tetapi!

Tetapi kalian sama sekali belum menemukan judul cerita yang pas, kan kampret. ( ̄ 3 ̄)

Nah, wattpad tips kali ini bakal ngasih beberapa panduan untuk membuat judul yang menarik dan menggugah minat baca.

So, baca baik-baik ya kawan!

  ^      ^
(≧﹏≦)

1.) Buat judul yang unik dan terkesan catchy.

Dalam membuat judul yang catchy, kita bisa menggabungkan dua buah kata atau lebih sehingga terbentuk menjadi kalimat yang baru dan terkesan menarik, dan membuat orang lain penasaran.

Contoh :

• MATHOLIC, MAtematika HOLIC.

• SILAU, SIndrom gaLAU.

De el el, pikir aja sendiri. Wkwk land (^O^)

2.) Buat judul dengan kalimat yang tengah viral.

Namanya viral ya lagi booming.

Jadi cara ini bisa kalian gunain, secara kita bisa kecipratan dari ke-BOOMING-an kata-kata itu.

Contoh :

• Cintaku Keselek Tahu Bulat

• Arwah Maling Telolet

De el el, ada yang mau menambahkan?

3.) Gunakan bahasa asing, bahasa planet lain bila perlu.

Jujur, B kalo bikin judul selalu pakai bahasa Inggris, soalnya B ngerasa lebih catchy. B nggak cinta bahasa B sendiri waaaa (ToT)

(Jangan tiru B, Jangan contoh B, B tidak baik, B meracuni kalian 〒▽〒)

Tapi banyak kok yang buat judul pakai bahasa negara agraris ini, dan hasilnya sangat bagus. Liat aja karya para penulis besar bangsa ini, judul mereka kebanyakan memakai bahasa Indonesia, kan, kan?

B kasih contoh judul memakai bahasa asing :

Amour Terakhir
• Senja di Gurun Egypt

De el el, itu bahasa asingnya B kasih bold yaa.

4.) Ubah frasa dan buat judul lama menjadi judul baru.

Udah ada ide buat judul? Tapi rasanya jelek dan gak menarik? B punya solusinya, ulu ulu uluu (^O^)

Ubah frasa kalimatnya aja kawan! Ganti jadi yang baru, dan pastinya membuat penasaran.

Contoh :

• Cinderella, Cinder --> Abu.

Bisa diubah menjadi,

Silverella, Silver --> Abu.

Ceileeh, B bener kan? 😂🔪

Trus ada contoh tambahan nih,

• Ada Udang di Balik Batu.

Bisa diubah jadi,

Ada Cinta di balik Bakwan.

Cie ciee, B bener lagi kan?💣🔫🔪

*

Mungkin B cuma bisa kasih 4 contoh, soalnya contoh lain udah dibahas di random book yang lain. Hehe, hehe, 😂🔪.

Sampai jumpa di part berikutnya!

Part berikutnya mau bahas apa?

• Wattpad Tips

• Graphic Tutorial

• Q and A

• Wattpad TV

• Atau justru random talk?

See ya guys, (╯ε ╰)

B.

(P.S : Setiap part bakal selalu B kasih gift walpaper buat bikin cover, cek mulmed yaa. Kalo mau save, comment 'ijin save' di inline ini ya, budayakan formalitas 😂🔪)

Watty Zone BTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang