Suara adzan shubuh mulai terdengar ditelinga gadis mungil nan cantik,bermata hazel dan mempunyai pipi yang chubby. Dia adalah, Prilly Natasya Floralatuconsina.
Ia beranjak duduk diatas ranjangnya dan sesekali menguap,siapapun yang melihatnya pasti akan merasa gemas.
Ia melihat jam yang terletak di dinding kamarnya.
"Masih lama ternyata"gumamnya.
Setelah suara adzan tidak terdengar lagi,ia mulai beranjak dari kasurnya dan berjalan santai menuju keluar kamarnya. Rumahnya tidak begitu luas dan juga tidak bertingkat,tapi tetap saja ia merasa nyaman. Menurutnya,punya rumah gak perlu bagus-bagus,kan gak dibawa mati.
Prilly berjalan menuju kamar adiknya yang bernama Balqis Zahrah.
"Bau-baunya nih..ini anak pasti belum bangun"gumam prilly. Ia mengetuk pintunya dan beberapa kali memanggil nama adik satu-satunya itu.
"Balqis"panggilnya yang entah sudah berapa kali ia memanggil.
Tak lama pintu itu terbuka,menampakkan sosok gadis yang lebih tinggi dari prilly dengan mata yang masih tertutup dan sesekali menguap lebar.
"Astaghfirullah..kamu denger adzan shubuh gak sih?"tanya prilly heran. Adiknya itu sangat susah untuk diajak shalat.
"Enggak,suaranya gak bagus-bagus banget"ucap adiknya itu,yang kerap disapa Balqis.
Karena tak mau berdebat,prilly pun mengalah kepada adik semata wayangnya itu.
"Yaudah..kamu ambil wudhu ya,kayanya bunda dan ayah udah nunggu kita untuk shalat berjama'ah"ucap prilly sembari mengelus rambut adiknya penuh sayang. Ya..walaupun prilly harus beberapa kali berjingjit.
"Mangkannya,punya badan itu yang tinggi dong"cemo'oh balqis. Prilly yang mendengar menatap adiknya tajam,sedangkan yang ditatap malah tertawa cukup keras.
Setelah selesai melakukan ibadah shubuhnya,prilly keluar dari mushola yang ada didalam rumahnya. Memang,dirumah prilly terdapat mushola untuk melakukan ibadah shalat berjama'ah dan bahkan setiap habis maghrib membaca alqur'an bersama.
"Bun,udah masaknya?"tanya prilly mendekati bundanya yang berada didapur sembari memotong bawang.
"Sebentar lagi selesai,kamu tunggu dimeja makan aja ya.."perintah bunda.
Prilly memajukan bibirnya. "Ih bunda..prilly kan mau bantu bunda masak"
Ully Djulita Florafir. Nama dari seorang bunda yang melahirkan anak bernama prilly dan balqis. Ia hanya mempunyai 2 anak saja,mungkin untuk beberapa tahun nanti ia akan melakukan program hamil.
Prilly juga mempunyai ayah, bernama Rizal Latuconsina. Rizal mempunyai perusahaan yang besar,dan ia adalah pengusaha terkenal. Tetapi meskipun terkenal,ia tidak pernah mengumbar uangnya hanya untuk hal yang tidak bermanfaat.
"Ya..nanti besok kan bisa"ucap bunda ully sembari tersenyum.
Prilly mengangguk pasrah lalu mulai berjalan menuju meja makan untuk menunggu santapannya datang.
Setelah selesai sarapan,prilly mulai berjalan ke kamar mandi untuk membersihkan tubuhnya.
Karena jam masih pukul 06.00 AM,prilly pun bersantai ria untuk menyiapkan perlengkapan sekolahnya. Jam masuk sekolahnya pukul 07.00 AM.
"Prill,qis..ini uang saku kalian"bunda ully memberi selembar uang kertas dan dibagikannya kepada anak-anaknya itu.
"Terimakasih bun"ucap mereka bersamaan.
Prilly mulai memakai hijabnya. Karena masih SMP,prilly hanya memakai hijab biasa saja seperti remaja smp pada umumnya.
"Ka,ngapain sih pake khimar segala?"tanya balqis.
Ya..jilbab dan khimar itu berbeda.
Apa itu jilbab?
Jilbab adalah busana/pakaian muslim terusan panjang penutup seluruh badan,tangan,kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Gunakan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat. Kita taunya gamis.
Jadi, jilbab ternyata pakaian longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak berbentuk lekuk tubuh. Hal ini tertuang dalam perintah allah dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 59:
"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka......"Dan, apa itu khimar?
Khimar atau khumur atau kerudung/kudung didalam Al-Qur'an disebut dengan istilah khumur, ada pada surah An Nuur ayat 31:
"hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya (An Nuur: 31)"Khimar,desain pakaian ini yaitu tutup kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk penutup tulang selangka)
Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar harus menjulur ke bawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi.
Khimar disebut kerudung,tapi sebenarnya berbeda.
Perintah khimar dalam QS An-Nur ayat 31. Khimar adalah apa yang bisa disembunyikan kepala,leher dan dada tanpa menutup muka.Apa beda khimar,kerudung atau kudung?
Kerudung hampir mirip dengan khimar,namun kerudung tidak bisa didalam islam. Sebab,desain kerudung cuma sebagai penutup kepala saja. Kerudung yang hanya sebagai penutup kepala, tidak jauh khimar yang mampu menutup dada wanita sekaligus. Kerudung hanya menutup kepala atau leher dan dada masih terlihat.
"Menutup aurat itu wajib sayang.."ucap prilly lembut sembari tersenyum.
Setelah sudah siap semuanya,mereka berpamitan dengan kedua orang tua mereka.
"Ayo qis"ajak prilly sembari menaiki motornya.
Balqis mulai menaiki motornya dengan duduk miring,karena prilly selalu memarahi balqis jika duduk seperti naik motor pada umumnya,ditambah lagi balqis tidak memakai celana panjang untuk menutupi kaki mulusnya.
Benar-benar berbeda dengan kakaknya.
"Bun,yah..kita duluan ya.."pamit balqis sembari tersenyum lalu melambaikan tangannya.
Hai..ini cerita pertama saya,suka gak suka kalian harus suka,TITIK. 😂
Jangan lupa vote ya,kalau misalnya mau ngasih saran juga gpp,saya bakal terima dengan lapang dada 😁
KAMU SEDANG MEMBACA
Pilihanku adalah Takdirku
EspiritualBerawal dari benci yang teramat kepada seorang gadis mungil nan cantik,entah apa yang membuat pria ini begitu benci melihat setiap kelakuan gadis yang menurutnya tak seberapa. Entahlah nasib apa yang datang kepadanya saat waktu pertama masuk SMP mad...