Jadi di sini gue mau cerita pengalaman gue kelas 12 saat bimbang galau dilema mau lanjut kuliah dimana. Moga aja bisa diambil hikmahnya dan jadi semangat buat kalian semua yang lagi ada di kondisi yang sama.
Here we go
Awal kelas 12, gue udah mulai ambis, lebih intens belajar, lebih rajin masuk bimbel, lebih lama hidup di bimbel daripada kelas 10 atau 11 (fyi, kelas 11 gue sering bolos banget bimbel karena ngejar osn dan kir yang ujungnya ga kekejar juga wkwkwk). Tapi gatau tujuan dari itu semua apa, alias belum jelas mau lanjut kuliah dimana. Brosur-brosur pendaftaran perguruan tinggi udah banyak disebar. Hingga akhirnya ada sekelebat minat gue mau lanjut kemana. Dan sekelebat minat itu adalah teknik kimia, FTI, ITB. Yap gue cinta banget sama kimia, mungkin terdoktrin secara tidak langsung sama kakak gue yg dulu UN SMA Kimia 100, atau guenya emang udah dibiasain buat seneng kimia karena ngambil osn kimia dan kir yang lagi-lagi berhubungan dengan kimia. Rasanya kayak udah ada chemistry gitu antara gue sama doi.
Bismillah, gue beraniin ngomong ke ortu tentang pilihan gue.
"Jangan ambil tekkim"----dan ini jawaban beliau. Sifat keras kepala gue keluar, gue argumen panjang lebar buat ngeyakinin ortu, tapi hasilnya tetep nihil. Oke gapapa, gue coba lagi besok. Dan hasilnya tetep nihil, bahkan udah dikasih efek air mata gue yang mau jatuh sambil ngomongnya sedikit terisak.
Ternyata ortu gue pengennya FK, dimanapun kampusnya yang penting FK. Ya Allah biologi di kelas aja gue sering gapaham, gimana ceritanya mau masuk FK.
Mulai deh konflik batin gue alamin.
Pas curhat ke temen, nangis.
Pas curhat ke Allah apalagi, nangis gue makin kenceng.
Daan setelah berbagai konflik panjang lebar yang gabisa gue ceritain di sini, tibalah pada suatu hari dimana gue mulai mengiyakan pilihan ortu. Gue setuju pilih FK, meskipun sebenernya masih separuh hati. Gue cari segala info tentang FK dari kakak tingkat. UB, UNDIP, UNS, ketiga PTN ini masuk ke dream list gue. Gue pengen UNDIP karena paling deket sama rumah. Alhasil semua barang gue kasih tulisan FK UNDIP 2016 biar jadi penyemangat gue. Tapiiii gue baru sadar kalo tahun sebelumnya gaada yang lolos FK UNDIP, blacklist nih kayaknya, gamungkin gue masuk undip. UNS? Lumayan deket rumah tapi temen gue yang pinter udah ngincer sini, kayaknya juga gue juga gabisa daftar sini. Tinggal UB pilihan gue, gue coba pastiin lagi ke diri gue, gue langsung main ke UB, dan yes, gue nyaman banget dengan kondisi sejuk Kota Malang. Insya Allah siap pilih UB di SNMPTN hahaha.
Dan mengingat susahnya masuk PTN, ortu gue juga berinisiatif buat ngedaftarin gue di fk salah satu perguruan tinggi swasta di jogja, melalui jalur rapor, dan hasilnya gue ga keterima. Gue daftar lagi, gayakin hasilnya bakal berubah, dan ternyata....
bener ga diterima juga-_-
Singkat cerita pendaftaran perguruan tinggi kedinasan juga mulai dibuka, of course gue daftar, stis dan stan, karena gue takut ga diterima di FK.
Bulan ini adalah bulan dimana pendaftaran SNMPTN dibuka, gue bilang ke ortu kalo gue bakal pilih FK UB di SNMPTN, dan ternyata jawaban ortu gue mengejutkan, gue gadibolehin dan disaranin buat milih....
KAMU SEDANG MEMBACA
SNMPTN Kedokteran?
Non-FictionCerita ini adalah pengalaman pribadi gue saat berada di titik paling dilema untuk menentukan mau lanjut pendidikan dimana dan mau jadi apa nantinya. Pengalaman adalah guru terbaik, dan aku ingin membagikannya padamu.