UNDIP. Yap, Kedokteran UNDIP. Shock. Kaget. Kenapa UNDIP. Whyyyy
Dan ternyata alasan yang paling kuat adalah karena UNDIP paling deket dari rumah, cuma sekitar 2-3 jam.
Melayang-layang.
Bingung lagi.
Nanya sana sini lagi.
Nanya kakak, UNDIP aja dek.
Ditambah lagi permintaan salah satu orang tua temen gue yang minta langsung ke Ayah biar gue pilih UNDIP supaya dia bisa pilih UB (kalian pasti udah ngerti lah kenapa sampe minta gitu---clue: strategi)
Kalah telak, 3 keluarga dekat pilih UNDIP dan cuma gue yang pilih UB:")
Yaudahlah ya, sekarang lu pilih UNDIP aja, tar kalo SNMPTN gagal lu turunin levelnya, gausah milih UNDIP, kata pikiran gue.
Daan bismilllah fix di SNMPTN gue menempatkan Kedokteran UNDIP di pilihan pertama dan Kedokteran UNSOED di pilihan kedua. Sebenernya menurut gue pilihannya cuma diterima UNDIP atau nggak diterima sama sekali, gamungkin lah Kedokteran sebuah PTN, UNSOED, nerima yg menomor duakan dia, kan udah banyak banget yang naroh dia di pilihan pertama.
Sadar diri karena cuma modal nekat dan bismillah, gue berusaha buat dapet "pegangan" dengan daftar di salah satu univ swasta, di Semarang juga. Regis, tes, terus pengumuman. Dan di luar dugaan (karena temen2 gue tes di sini minimal 2x buat lolos), Alhamdulillah gue langsung lolos di tes yg pertama. Waktu itu sekitar H-7an sebelum pengumuman SNMPTN. Dan gue dikasih waktu univ tsb buat regis ulang, bayar SPI, dll sekitar 6 hari. Artinya, sebelum pengumuman SNMPTN. Jadi gue tetep harus ngurus pendaftaran di univ swasta itu biar gue tetep di zona aman, dapet "pegangan". H-3an sebelum pengumuman resmi SNMPTN, ada pengumuman dari ristekdikti lewat webnya kalo pengumuman SNMPTN dimajuin. Laa hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adzim, berarti gue gaperlu bayar SPI dulu buat ngamanin posisi gue di univ swasta itu, gue bisa ngeliat hasil di SNMPTN dulu, dan kalo ga lolos baru gue amanin posisi gue.
Time flies, udah H-1 pengumuman SNMPTN, malem sebelum pengumuman tepatnya. Mulai kerasa
Makan gaenak
Belajar gatenang
Tidur ganyaman
Dag dig dug terus
Rada lebay, tapi kenyataan nih.
Daaaan hari H, tepat jam 13.00 pengumuman!!!
Gue minta tolong sama ayah gue buat dampingin gue buat buka pengumuman, ....
KAMU SEDANG MEMBACA
SNMPTN Kedokteran?
Non-FictionCerita ini adalah pengalaman pribadi gue saat berada di titik paling dilema untuk menentukan mau lanjut pendidikan dimana dan mau jadi apa nantinya. Pengalaman adalah guru terbaik, dan aku ingin membagikannya padamu.