Setelah perpisahan dengan sahabatnya dina. Brian dan cecile serta dua sahabat mereka berencana untuk mendaftar di smp yang sama.
Sebelum mendaftar brian di ikutkan les oleh orang tuanya. Karena nilai brian yang tidak terlalu bagus selama sd. Sedangkan cecile termasuk anak yang sangat pintar di kelasnya.
Dikarenakan ikut les waktu bermain brian menjadi semakin sedikit, sehingga jarang sekali dapat menemani cecile untuk bermain. Rumah kory dan radit pun lumayan jauh sehingga cecile sering menghabiskan waktunya dengan kesendirian.
Rasa bosan pun menghampiri cecile, dikarenakan selalu berdua dengan brian sehingga cecile sering kangen akan kehadiran brian. Brian pun jarang atau bahkan tidak lagi datang ke jembatan untuk melihat cahaya senja mereka.
Bahkan cecile sering menangis ketika brian tidak mau untuk di ajak main. Ketika sedang duduk sendiri di dekat jembatan, datang seorang anak laki-laki menghampiri. Anak tersebut bernama nathan.
Nathan : kamu cecile kan? Kenapa menangis ?
Cecile : eh kamu sedang apa disini kan rumah mu bukan di daerah sini?
Nathan : aku tadi di suruh ibu untuk membeli keperluan rumah.
Nathan merupakan teman sekelas cecile ketika sd, mereka jarang untuk mengobrol dikarenakan ketika sd murid-murid lain sering mengejek ketika anak laki berbicara dengan anak perempuan .
Nathan : kamu kenapa menangis?
Cecile : gpp aku cuman merasa kesepian, teman bermain ku sejak kecil jarang ada waktu untuk menemaniku bermain.
Nathan : brian ya?
Cecile: loh kog kamu tau?
Nathan : ya tau lah, satu sekolahan pun juga tau kalau kalian udah berteman dari kecil. Kenapa dya gada waktu buat kamu?
Cecile : dya ikut les untuk memperbagus nilainya karna nilainya waktu sd kurang memuaskan orang tuanya.
Nathan : ohh yauda kalau begitu, aku temani biar kamu gak kesepian.
Cecile : bukannya kamu harus pulang? Kan kamu lagi di suruh oleh ibumu.
Nathan : gpp td aku juga udh pamit sekalian main.
Cecile : (tersenyum).
Mereka pun menghabiskan waktu untuk berbicara panjang lebar, dan ternyata mereka berniat untuk masuk smp yang sama. Tanpa disadari waktu pun berlalu.
Nathan : udah malam ni ayo kita pulang. Rumah kamu dimana?
Cecile : dekat sini kog , kamu duluan aja.
Nathan : ibuku pernah bilang ga boleh biarin anak cewe sendirian malam-malam begini bisa bahaya.
Cecile : tapi kan rumah kamu agak jauh.
Nathan : gpp, yauda yuk aku anter ntar makin malam loh.
Di perjalanan pulang mereka kembali bercerita dan sudah semakin akrab, tanpa sadar mereka sudah sampai di rumah cecile.
Cecile : mau mampir dulu?
Nathan : tidak usah lain kali aja. Udah malam.
Cecile : yauda kamu hati-hati ya di jalan.
Natha : oke. Kamu jangan nangis lagi ya, kamu jelek kalau lagi nangis.
Cecile : hahaha iya iya . Makasih udah nemenin aku tadi.
Nathan : sama-sama. Aku pamit ya.
Cecile : oke.
Pada waktu yang bersamaan brian sedang melihat mereka dari kamarnya. Dya bertanya-tanya tentang identitas anak laki-laki tersebut.
Keesokan harinya ketika hari minggu brian datang kerumah cecile karena penasaran. Namun cecile tidak ada di rumah, ibunya bilang tadi pagi cecile di ajak main oleh temannya.
Mungkin anak laki-laki semalam pikirnya, brian hanya bisa kembali ke rumahnya dan melanjutkan kegiatan belajar. Pada waktu siang hari dya melihat cecile pulang dengan wajah senang sambil bersenandung .
Cecileeee, panggil brian dari kamarnya.
Brian : kamu dari mana saja?
Dengan nada ketus cecile menjawab.
Cecile : mau tau aja kamu, mending kamu belajar sana.
Brian : loh kog gitu kamu. Kan aku pengen tau kamu dari mana. Tumben pagi-pagi udah pergi. Biasanya kamu selalu kerumah ku untuk ajak main.
Cecile : emang kalau aku ajak kamu mau main dengan ku?
Brian : mau tapi sehabis aku belajar.
Cecile : ah sudahlah, aku lagi capek ni. Aku masuk duluan ya.
Cecile pun pergi begitu saja meninggalkan brian, dya pun binggung kenapa cecile kog bisa marah-marah kepadanya.
Hari demi hari pun berlalu, cecile dan brian sudah tidak ada komunikasi lagi. Cecile selalu menghindar dari brian, dan selalu berwajah masam padahal sebelum disapa brian dya masih tersenyum.
Hingga akhirnya brian selalu kepikiran dan ingin menanyakan persoalan yang terjadi, lalu suatu hari .............
Berlanjut...
<cahaya senja>
KAMU SEDANG MEMBACA
Cahaya Senja
Подростковая литератураKisah kehidupan seorang pemuda yang bercerita tentang masalah sehari-hari,percintaan, dan persahabatan.