Tutor : kak clara
Wattpad : @clarastories_Sebelum masuk ke pokok materi, kita pasti harus tau apa itu definisi alur?
Rangkaian peristiwa yang menggabungkan beberapa kejadian sehingga membentuk suatu cerita yang utuh.
Alur atau yang juga sering disebut plot, adalah rangkaian peristiwa yang di reka dan di jalankan dengan seksama dan menggerakkan jalan cerita menuju klimaks dan penyelesaian.
Lebih gampangnya, alur itu jalan cerita, mau kita bikin gimana ceritanya biar sampai ke tujuan semuanya tergantung sama kita.
Lebih gampangnya lagi, alur itu rangkaian dari beberapa peristiwa sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke masa depan.Cara gampangnya alur itu jalan yang menentukan cerita itu mau di bawa kemana.
Alur itu ada 3 jenis : alur maju, alur mundur dan alur campuran (maju-mundur).
Yang pertama, alur maju, alur maju sudah jelas banget. Jalan ceritanya pasti runtut dari peristiwa awal kejadian sampai akhirnya sampai di klimaksnya atau penyelesaian.
Yang kedua, alur mundur, dari namanya saja jelas pasti. Alur mundur itu rangkaian peristiwanya tidak sesuai dengan waktu terjadinya, atau flashback.
Dan yang terakhir, alur campuran atau alur maju mundur, biasanya di awal rangkaiannya sesuai waktu kejadian, tapi di tengah-tengah di kasih flashback dan dibawa kembali ke masa lalu, kemudian di kembalikan lagi ke masa depan.
Usahakan, melibatkan pembaca dalam cerita. Biar mereka juga paham apa yang kita maksud. Ambil beberapa peristiwa-peristiwa yang kira-kira memang terjadi sehari-hari, biasanya kalau kaya gitu pembaca tidak gampang bosan, karena mereka di ajak masuk ke dalam cerita.
Masalah alur tergantung judul, tentang cinta, persahabatan atau apa. Tergamtung kitanya saja. Mau ada alur maju, mundur atau maju-mundur.
Mau bergabung jadi peserta kelas menulis wattpad????Untuk syarat dan pendaftaran WA ke nomer di bawah ini
1. 082137500274 ( Nadia )
2. 089627510301 ( Eneng )
Terima kasih.