Tutor : Rora
wattpad : FairyAurora123Tanda koma
1. Tanda koma yang digunakan di tengah kalimat. Tanda ini umum digunakan di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau perbilangan. Letak penempatan tanda koma (,) ada dibelakang kata yang mengikutinya.
Contohnya :
- Shinta membeli garam, gula, penyedap rasa, dan cuka di warung sebelah.2. Dalam pembuatan kalimat komparatif koma. Tanda koma yang digunakan untuk memisahkan kalimat yang sama dari kata-kata lain, didahului oleh kata seperti, walau, namun atau peluncur.
Contohnya :
- Pertunjukan itu sungguh menarik, tapi membahayakan penonton di sekitarnya.3. Tanda koma digunakan untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat, jika anak kalimat itu mendahului induk kalimatnya.
Contohnya :
- Kalau tempat itu cukup luas, kita akan pakai tempat itu.4. Tanda koma yang digunakan di belakang kata atau ungkapan penghubung antarkalimat yang ada pada awal kata. Kata atau kata-kata tersebut adalah oleh karena itu, maka dari itu, lagi pula, sangat, begitu dan akan.
Contohnya :
- ...Jadi, kita melaju pergi secepatnya.
- ...Lagi pula, mereka sudah tidak punya kekuatan untuk melawan.5. Tanda koma juga digunakan sebagai pemisah partikel dengan inti kalimat. Partikel tersebut adalah kata seperti o, ya, oiya, hmm, wah, aduh, kasihan, hati-hati, yasudah dan segala bentuk-bentuk part bebas.
Contohnya :
- Wow, ternyata kacamata itu sangat canggih!
- Oh, aku kira kamu makan batu.6. Sering ditemukan dalam bentuk percakapan pada buku, tanda koma digunakan untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.
Contohnya :
- Kata Chanyeol, "jangan menengok ke belakang saat berjalan"
- "Astagfirullah," sahut Fatimah.
- "saya tidak percaya apa yang saya dengar,"7. Tanda koma yang digunakan diantaranya :
(A) nama dan alamat.
(B) bagian-bagian alamat.
(C) tempat dan tanggal
(D) nama tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis berurutan.
Contohnya :
- Berkas ini untuk dibawa ke Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Jalan Raya Darmaga, Bogor.8. Kalimat bertingkat juga membutuhkan koma. Tanda koma yang digunakan untuk mengapit keterangan tambahan yang sifatnya tidak dijalan.
Contohnya :
- Temanku Neon, adalah orang yang sangat rajin.Tanda koma digunakan untuk menghindari salahbaca (miss interpretation) di belakang keterangan yang ada pada awal kalimat.
Contohnya :
- Dalam pembinaan dan pengembangan bahasa, kita membutuhkan sikap yang bersungguh.Tanda koma TIDAK digunakan untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain yang mengiringinya dalam kalimat jika petikan langsung itu berakhir dengan tanda tanya atau tanda seru.
Contohnya :
- "Mengapa dia melakukannya?", tanya Kiba.Dan lain-lain dalam hal penggunaan tanda baca koma (,)
Penggunaan tanda seru dan tanya.
Tanda Tanya adalah salah satu tanda baca yang digunakan dalam percakapan atau kalimat sebagai penanda akhir dari suatu pertanyaan. Tanda tanya berfungsi melengkapi kalimat tanya dengan simbol (?).
Tanda seru adalah salah satu tanda baca yang digunakan dalam percakapan atau kalimat sebagai ungkapan atau pernyataan yang berupa perintah. Tanda seru melengkapi akhir kalimat perintah dengan simbol (!).
Tanda seru ini ditunjukkan dalam bentuk perasaan kesungguhan, ketidak percayaan, emosi yang kuat dan bersuara tinggi.Tanda titik.
1. Fungsi tanda titik yang paling utama dan umum dipahami oleh banyak orang adalah sebagai penanda berakhirnya kalimat.
Tanda titik yang digunakan pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.
Contohnya :
- Nenekku meninggal dua bulan yang lalu.
- Tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan Indonesia.2. Tanda titik tidak hanya digunakan dalam kalimat saja.
Akankah, tanda titik bisa digunakan bahkan dibelakang satu huruf dan angka.
Dalam catatan bagan, ikhtisar, atau daftar. Tanda titik balik dibelakang angka atau huruf.
Contohnya :
- IV. Daerah Istimewa Yogyakarta A. Kota Yogyakarta B. Kabupaten Bantul 1.-1. Patokan umum 1.1 isi karangan 1.2 Ilustrasi 1.2.1 Gambar Tangan 1.2.2 Tabel 1.2.3 Grafik.
3. Tanda titik juga dapat digunakan sebagai pemisah angka jam, menit dan detik.
Hal ini sangat penting untuk digantikan oleh titik dua (:).
Contoh penggunaan tanda titik dalam pemisah angka jam, menit dan detik :
- Pukul 21.25.07 (Pukul 21 lewat 25 menit 7 detik)4. Dalam penulisan sumber referensi, tanda titik yang digunakan diantara nama penulis, judul tulisan yang tidak diakhiri dengan nada tanda tanya atau tanda seru, dan tempat terbit dalam daftar pustaka.
Contoh :
- Ali, Muhammad 1994.
- Lenyapnya sang pencerah.
- Malang : Generasi Edan Media.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelas menulis wattpad
AléatoireOpen peserta buat kelas menulis wattpad dan tutor