1. Berzikir dengan kalimat Tauhid "la ilaha ilallah" Abu Hurairah pernah bertanya kepada Rasulullah, "siapakah yang paling berhak atas syafaatmu, wahai Rasul?" Beliau bersabda,yang artinya
"Sungguh,aku tidak mengira ada seseorang yang bertanya tentang hal itu ini sebelum dirimu dibandingkan dirimu,karna kamu sangat ingin mengetahui hadis. Ketahuilah,orang yang pada hari kiamat adalah orang yang mengucap "la ilaha ilallah" dengan ikhlas dan tulus dari hatinya."2. Salat dan bersujut kepada Allah.
"Tetaplah kamu memperbanyak shalat (sujud),karna kamu tidak bersujud satu kali,kecuali Allah angkat satu drajat dan hapuskan atu kesalahan."3. Bersedekah dengan sebagian kita yang halal.
"Wahai ka'b,"tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari makanan haram. Dan setiap daging yang tumbuh dari yang haram,maka api neraka adalah paling berhak atasnya. Manusia ada dua kelompok: menyia-nyiakan dirinya lalu merusaknya dan yang menebus dirinya lalu memersekatkannya. Shalat adalah bukti, puasa adalah perisai, sedekah adalah memadamkan kesalahan sebagimana air memadampan api."4. Shalat dhuha dan tiga hari setiap sebulan,yaitu pada tanggal-tanggal bulan purnama. Abu Hurairah bercerita,bahwa Rasulullah pernah berwasiat keladanya untuk puasa tiga hari setiap bulan,melakukan shalat dhuha,dan shalat witir sebelum tidur.
5. Memohon dan ketenteraman jiwa dan raga
"Memohonlah kepada Allah agar diberikan kesehatan dan ketenteraman jiwa dan raga"6. Puasa sebagai senjata tanpa tanding. Abu Umamah berkata "Wahai Rasulullah,perintahkanlah kepadaku sesuatu yang dapat mendatangkan manfaat bagiku dari Allah?" berliau menjawab,"tetaplah kamu melakukan puasa,karna puasa itu tidak ada yang meyamainya."
7. Birrul walidain (berbakti dan berbuat bail kepada kedua orangtua)
KAMU SEDANG MEMBACA
Sabda Rasulullah
SpiritualSabda Rasulullah dan kisah-kisah islami,untuk menjadikan wawasan dan ilmu pangetahuan baru tentang islam