WAHAHAHAAHAH.
Izinkan Erza untuk tertawa dulu.
Kejadian lagi ya, pelis gak ada habisnya emang drama plagiat ini. Tapi, paling aneh memang ketika ada yang plagiat dari fandom yang sama, dan dipublish di fandom itu juga duhhh. Gak ngerti lagi gue gimana cara pikir plagiator ini.Yang diubah nama dan dijadikan orific aja, dulu tercyduck kok. Apalagi itu tetap dipublish di fandom ss juga. Astagaaa kenekatan luar biasa. :"D
Nah, jangan jadikan alasan ngefans sama author fave lu sebagai alasan atas tindak kejahatan plagiat yang lu lakukan, ya. Emang gak ada pikiran untuk mencari dan buat cerita baru dengan alur beda, konflik beda, dari scene ff yang lu suka bangettt. Singkatnya, coba biasakan pake inspirasi dan imajinasi.
Misal, Erza suka Inuyasha, dan waktu nonton eps berapa gitu, ada scene Pangeran yang sakit parah karena ada siluman di kastilnya, nah seorang Miko datang untuk memeriksa dan dia melihat bahwa pangeran itu sebenarnya udah mati, tapi raganya dipake sama siluman. Dari scene itu, Erza terinspirasi untuk buat fanfic yang akhirnya jadi orific, judulnya The Darkness atau The Prince's Secret. Dengan alur yang sangat beda dan konflik yang sangat beda. Karena di cerita gue melibatkan adik dari pangeran yang membangkitkan jiwa kakaknya.
Nah, itu contoh terinspirasi. Dan Erza juga yakin, di dunia ini udah gak ada yang namanya orisinil 100 persen. Pasti semua author terinspirasi satu sama lain hingga menciptakan ide baru, konsep baru dan cerita baru. Padahal hanya satu scene yang menjadi inspirasi.
Ff lainnya yang Erza juga terinspirasi dari anime lain adalah Rhosella, ini ff terinspirasi dari anime Pupa. Dan kalau dilihat, cerita Rhosella bener2 beda jauh dari Pupa.
Jadi, ingat sahabat sefandom, yuk belajar ngembangi ide, jangan melihat keberhasilan orang lain doang, tapi lihat perjuangannya. Jadi bisa lebih menghargai jirih paya seseorang dalam menciptakan cerita baru.
Yang mau liat cara Erza ngembangi ide, ada di sub bab sebelum2nya, cek aja. Dan semoga membantu.
Selalu semangat.
Salam sayang,
zhaErza
KAMU SEDANG MEMBACA
Curahan Hati (Artist VS Author)
RandomKumpulan curhatan sebagai seorang artist yang ingin move on jadi author. Lalu kembali lagi pengin jadi artis background dan di sinilah kesabaran Erza saat belajar gambar otodidak diuji. (・∀・) Curhat juga tentang dunia tulis menulis. Pokoknya cu...