persahabatan

62 2 0
                                    

Sahabat adalah sosok yang sangat berarti dalam kehidupan kita. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu tiap orang memiliki teman masing-masing. Teman pun berfungsi sebagai pelengkap kehidupan kita selain keluarga.

Teman atau sahabat selalu ada saat kita membutuhkan bantuan dan pertolongan. Memiliki teman yang baik dan setia merupakan salah satu anugerah bagi kita.

Dalam agama Islam, pertemanan juga banyak dibahas dalam Al-Qur’an dan hadits. Nabi Muhammad SAW memiliki sahabat sahabat yang beriman seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab atau pun Ali bin Abi Talib.

Para sahabat sahabat Nabi ini juga memiliki peran penting dalam membantu perjuanagan Rasulullah SAW dalam menegakkan ajaran agama Islam di masanya.

Dalam memilih sahabat kita juga harus mempertimbangkan beberapa aspek. Pilihlah sahabat yang seiman atau yang sama-sama beragama Islam, karena dengan berteman dengan orang-orang yang beriman, maka bisa saling suport dalam hal amal ibadah.

Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya.” (HR Muslim)

Sebaik baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik baik jiran di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap jirannya.” (HR Al-Hakim)

“Di sekitar Arsy-Nya ada menara-menara dari cahaya, di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya, wajah-wajah mereka pun bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada, hingga para nabi dan syuhada pun iri kepada mereka.” Ketika para sahabat bertanya, Rasulullah menjawab, ‘Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah, dan saling berkunjung karena Allah.” (HR. Tirmidzi).

Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-gerinya teringat matiSebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya.”(HR. Hakim)

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jan 29, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Quote Hadits NabiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang