Tentang Kesendirian
'Tidak ada manusia yang dilahirkan untuk sendirian'
Kalian pasti tau dari siapa kutipan itu kan? iya, itu adalah kata-kata dari Jaguar D. Sauro untuk Nico Robin dalam anime One Piece.
Dulu sewaktu pertama kali aku membacanya. Tubuhku merinding sejadi-jadinya,waktu itu aku memang sedang sangat kesepian. Dan kata-kata itu seolah berbicara langsung padaku.
Manusia adalah makhluk sosial. Seperti koloni semut yang selalu bahu membahu untuk mempertahankan hidupnya, kita pun saling bahu membahu dengan sesama manusia dalam basis rutin demi memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita.
Namun demikian, ada kalanya kita butuh sendiri. Menjauh dari keramaian dan menyepi di sudut ruangan, di mana kita bisa merenung, mengingat kembali semua hal yang pernah kita lakukan.
Bahkan Para nabi pun pernah melakukannya.
Nabi Ibrahim!!
Di saat kaumnya asyik menyembah patung-patung, dia lebih memilih mengamati bintang-bintang, dan mengobservasi pergantian siang dan malam.
Nabi Musa!!
Beliau diminta Allah SWT menyendiri 40 hari di Gunung Sinai, untuk menjauh dari kaumnya Bani Israil.
Nabi Muhammad Salallhu Alaihi Wasallam.
Situasinya tak jauh berbeda dengan nabi Musa AS, dan nabi Ibrahim AS. Ketika kaum Quraisy sibuk menyembah berhala dan berpesta pora, beliau memilih menyendiri di Gua Hira. Bahkan kerap pulang pergi ke sana selama satu bulan.
Sekilas dilihat, mereka terkesan seperti orang-orang yang terasing dan terbuang. Namun tak disangka, dikelilingi kesunyian yang ternyata baik bagi mereka.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Kesendirian
PoesiaKesendirian akan membawa dirimu dalam suatu kegelapan.'