Ais...
Seorang hantu yang tinggal bersama kami sekarang. Awalnya Evan menentang hal ini, tapi karena sogokan es magnum akhirnya dia mau. Dan mulai hari ini sampai 40 hari kedepan ais akan tinggal bersama gue, Evan, juga nenek.
.
.
.Hari pertama Ais tinggal dirumah kami tidak jauh berbeda dari sebelum Ais tinggal disini.
Nenek masih dengan ceramahnya soal kemampuan para indigo, Evan masih berkutat pada buku fisikanya
//maklumanakpinter//, dan gue cuma bisa manggut dengerin celoteh nenek gue. Bedanya sekarang ada hantu gentayangan disekitar gue. Kemana-mana selalu ngikutin. Mau kekamar ngikut, mau nonton ngikut, mau kedapur ngikut, kalo kekamar mandi gak ngikut masih ada malu rupanya. Mungkin karena yang ngajak dia itu gua jadi ngerasa bergantung sama gua. Apalagi kasusnya dia gua yang nanganin jadilah dia begitu."Eh Ais, ngomong-ngomong lu masih ada urusan didunia yang belum lu selesein gak selain nyari pembunuh lu itu?" Tanya gue
Bisa gua liat dia mengkerutkan kening sambil memegang dagunya mendengar pertanyaan gua.
"Sama cuma pengen ketemu ortu aja mungkin" jawabnya
"Yakin?" Tanya gue lagi
"Yap" jawabnya dengan yakin
Yaah~ kalo itu doang masalahnya sih gampang, gua tinggal nanya aja ke polisi apa ada laporan anak hilang trus gue tinggal ngasih tau dimana mayat Ais dengan petunjuk Ais sendiri tentunya. Tapi masalahnya Ais gak tau siapa pelakunya yang ada kalo gua lapor ke polisi malah gua yang dituduh lagi. Jadinya gua harus bisa ngungkap siapa pelaku pembunuhan Ais sebelum lapor sama polisi.
"Ka, ini apa?" Tunjuknya pada sebuah gasing bambu. Gasing itu merupakan tugas gua pas kelas 11. Gua disuruh bikin mainan tradisional sama guru seni gua dan sampai sekarang belum gua buang. Kan lumayan buat gua mainin hehe. Disaat anak lain pada asik main PSP gua mah masih seneng main beginian.
"Ooh, itu gasing bambu, mainan tradisional. Emang lu gatau?" Tanyaku balik.
Ais hanya menggeleng pelan. Dia masih terpaku melihat gasing bambu tersebut. Gue terkadang miris sama anak jaman sekarang yang gatau mainan jaman old. Padahal kan lebih seru main gasing bareng temen sekampung dibanding main psp sendirian. Huft~
"Cara mainnya gimana?" Tanyanya lagi.
Akhirnya gua tunjukin gimana cara mainnya sama Ais. Gua lilitin tali sampe habis di gasing, tangan kiri gua megang kayu kecil yang ada diujung tali sedangkan tangan kanan gua megang kayu yang lebih besar didepan kayu kecil tersebut. Lalu kayu kecil yg ada ditangan kiri gua tarik sedangkan kayu yang lebih besar ditangan kanan gua untuk membantu mendorong gasing menjauhi tali dan jadilah gasing memutar dengan sempurna.
Bisa gua liat tatapan takjub plus berbinarnya Ais. Yaampun ampe segitunya.
"Lu baru pertama kali liat gasing ya?"
"Eh..oh iya" jawabnya linglung.
"Emang lu gapernah main keluar gitu? Kan pasti masih ada tuh temen yg seumuran lu yang main gasing atau permainan tradisional lainnya yaah~ walau gak banyak banyak amat sih"
Ais terdiam cukup lama sampai akhirnya dia bersuara lagi.
"Aku gadibolehin keluar sama mama" jawabnya yang tampak sedih
Hah emang kenapa?
Baru aja gua mau ngajuin pertanyaan lagi, nenek udah manggil gua. Disuruh bantuin nyiapin makan malam katanya.
Yaa~ karna disini gak ada anak cewe jadinya gua yang suka bantuin nenek nyiapin makan malam. Walaupun sekarang ada Ais yang notabenenya dia tuh 'cewe' tapi kan dia hantu yang kalo nyentuh barang malah nembus. Trus nenek juga gak mau nyewa pembantu. Katanya "buat apa nenek nyewa pembantu kalo nenek masih kuat ngelakuin pekerjaan rumah, lagian kan ada kamu juga yang bisa bantu nenenk" gitu. Ya alhasil gua deh yang bantu bantu nenek kalo lagi beberes rumah. Kalo Evan? Bantuin sih, tapi bantuin nyuci piring doang selebihnya dia bakal dikamar seharian berkutat sama bukunya yang tebel. Nenek protes gak? Justru itu gua heran sama nenek, kenapa kalo gua gak bantuin nenek malah ngomel sedangkan kalo Evan malah bilangnya gini "duh, anak pinter gausah capek capek sini nenek aja yang nerusin" gitu. Pilih kasih banget gak sih?.
KAMU SEDANG MEMBACA
40 Days
RomanceApa kau tau? Saat seseorang meninggal, jiwa mereka masih ada didunia selama 40 hari. "Kita gak pernah tau kapan cinta itu akan datang, bahkan pada hantu sekalipun." -Arka Bayu Alfarizi