Puisi

141 4 1
                                    

Pengertian puisi

✓ Puisi adalah sebuah  karya sastra yang mengandung unsur irama, ritma, diksi, larik dan menggunakan kata kiasan dalam setiap baitnya untuk menciptakan estetika ( keindahan ) bahasa yang padu.

Umumnya unsur diatas  juga memiliki makna, atau pesan dan dapat mengungkapkan perasaan dari sang penulis yang dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun menggunakan struktur bahasa yang padat penuh makna.

Unsur - Unsur puisi
✓IRAMA
⛳Irama  dalam penulisan puisi ditandai dengan panjang atau pendeknya kata dalam satu baris untuk memberikan penekan pada makna puisi tersebut.

⛳ Irama pada puisi yang dideklarasikan atau dibaca adalah pergantian tinggi rendah, panjang pendek, dan keras lembut ucapan bunyi. Timbulnya irama disebabkan oleh perulangan bunyi secara berturut-turut dan bervariasi (misalnya karena adanya rima, perulangan kata, perulangan bait), tekanan-tekanan kata yang bergantian keras lemahnya (karena sifat-sifat konsonan dan vokal).

Tujuannya untuk memperjelas rasa dari puisi tersebut, dengan adanya irama pesan atau nasihat dan suasana yang disampaikan oleh pembaca puisi tersampaikan dengan baik pada audience atau pendengar puisi tersebut.

✓ Ritma/ritme/Rima.
Adalah bunyi kata akhir yang dituliskan pada diakhir setiap bait.

Contoh :
Puisi kontemporer

Angin menderu di ujung senja
Meliuk di celah cakrawala
(Bukan Rima)
__________
__________

Aku menangis
sambil mengais
hati teriris
( Penggalan 'Is' pada setiap kata terakhir di setiap bait ini merupakan Rima yang betul.)
_______
Q : Puisi jaman sekarang masih terikat sajak ga? Maksudnya apakah sajak per baris harus sama? Atau udah boleh bebas kayak baris?

A : kalo sajak itu berarti Rima. Bunyi akhir. Bunyi akhir tergantung pada jenis puisi yang ingin ditulis oleh penulis tersebut, tapi  kebanyakan masih pakai Rima yang sama. Agar unsur puisi tersebut tidak hilang.

✓ Diksi Dalam Puisi
Diksi atau Pemilihan kata yang tepat untuk ditempatkan dalam setiap bait, agar menimbulkan rasa yang bisa menyampaikan pesan secara tersirat.

Contoh
Puisi kontemporer
__
Langit kelabu
dalam temaram sendu
dihias pilu
oleh sesaknya sang rindu
Puisi Lama

Kaedah lama
___
Anak kecil di ujung kota
Berdiri ringkih tanpa kata
Menatap sendu sebelah mata
Pada kedai tak bernokta

Yang terakhir
✓Larik
Larik (atau baris/bait) mempunyai pengertian berbeda dengan kalimat dalam prosa. Larik bisa berupa satu kata saja, bisa frase, bisa pula seperti sebuah kalimat.

Pada puisi lama, jumlah kata dalam sebuah larik biasanya empat baris, tapi pada puisi baru/moderen/kontemporer tidak ada batasan baris.
____
_____
Q : Jadi puisi jaman now bebas ya?

A : Karena pada jaman sekarang puisi mengikuti alur perkembangan sehingga tidak terikat pada aturan baris lagi.
Selama puisi itu memiliki unsur-unsur dan memiliki makna dan keindahan seni bahasa.

⛳ Materi pertama 18 Juni 2018
Judul : Puisi dan unsurnya
Pemateri : Bunda INCH
Jam : 8.44 s/d selesai.

Materi Kepenulisan InchTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang