akuntansi sbg sistem informasi

695 35 5
                                    

A. Pengertian
Akuntansi diperkenalkan oleh Lucas Pacioli, seorang ilmuan dari Italia dalam bukunya Summa de Aritmetica, Geometria, Proportioni et Proportionalita. Pada salah satu bagian buku Tractus de Computis et Scriptorio. Lucas Pacioli mengenalkan pertama kali tentang tata buku berpasangan (double entry system) sehingga ia dianggap sebagai Bapak Akuntansi.

Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang signifikan atau berdaya guna dan dalam bentuk satuan uang dan menginterpretasikan hasil proses tersebut.

B. Proses
Proses akuntansi meliputi tahapan :
1. Tahap pencatatan dan penggolongan. Pada tahap ini dimulai dengan penyusunan atau pembuatan bukti transaksi keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan pencatatan ke jurnal, baik jurnal umum maupun jurnal khusus lalu dilanjut ke proses posting atau pemindahbukuan ke buku besar utama maupun buku besar pembantu.
2. Tahap pengikhtisaran/peringkasan. Pada tahap ini dimulai dengan penyusunan neraca saldo yang berasal dari saldo atau akun yang telah disusun di buku besar. Kita juga harus menyusun ayat jurnal penyesuaiannya yang dilanjut ke kertas kerja serta ke jurnal penutup untuk mengetahui laba atau rugi perusahaan sekaligus menutup akun nominal. Setelah ditutup kita ke jurnal pembalik apa bila diperlukan. Jurnal pembalik itu jurnal yang meng-nol-kan akun nominal.
Akun H, U DAN M adalah akun rill
Akun P dan B adalah akun nominal.
3. Tahap pelaporan dan penganalisisan. Pada tahap ini seorang akuntan melaporkan seluruh transaksi perusahaan di saat akhir periode untuk pengambilan keputusan maupun untuk calon investor.

C. Kualitas informasi akuntansi
Kualitas informasi akuntansi harus memenuhi syarat yakni:
* mudah dipahami
* relevan
* keandalan
* dapat diperbandingkan
* konsisten
*dapat dipercaya
* tepat waktu
* lengkap dan lain lain

D. Kegunaan informasi akuntansi
1. Bagi pihak intern (manajemen perusahaan atau pemilik perusahaan)
+ untuk mengetahui laba/rugi perusahaan
+ untuk mengendalikan perusahaan
+ untuk pengambilan keputusan
+ untuk perencanaan perusahaan ke depannnya

2. Bagi pihak ekstern
a.pemerintah
Untuk menetapkan pajak perusahaan
b. Karyawan
Untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Karyawan berhak mengundurkan diri saat perekonomian perusahaan menurun untuk menghindari PHK.
c. investor
Agar investor tau memutuskan berinvestasi atau tidak dari peningkatan laba perusahaan
d. Kreditor
Agar kreditor tau kemampuan perusahaan membayar utang.

E. Bidang akuntansi
Bidang akuntansi dapat dibagi sbb:
1. Akuntansi keuangan atau akuntansi umum.
2. Akuntansi pemeriksaan (audit)
3. Akuntansi biaya
4. Akuntansi manajemen
5. Akuntansi pajak
6. Akuntansi anggaran
7. Akuntansi pemerintah
8. Akuntansi internasional
9. Akuntansi lembaga

F. Profesi akuntansi
1. Akuntan public yaitu akuntan yang memberikan jasanya kepada masyarakat yang memerlukan dengan pembayaran tertentu. Misalnya jasa auditing, penyusunan sistem akuntansi dll
2. Akuntan internal yaitu akuntan yang bekerja di perusahaan atau lembaga tertentu.
3. Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja yang di instansi pemerintahan.
4. Akuntan pendidik adalah adalah akuntan yang bekerja untuk mendidik mengenai bidang akuntansi.

G. Etika profesi akuntansi
Tanggung jawab, kepentingan publik, integritas, objektivitas, kompetensi dan kehati-hatian, profesional, kerahasiaan dan standart teknis

H. Konsep dasar akuntansi
1. Kesatuan usaha, yaitu perusahaan dan atau usaha pribadi lainnya sebagai suatu unit yang terpisah.
2. Kesinambungan, yaitu perusahaan dianggap akan terus beroperasi dalam jangka yang tak tertetapkan.
3. Periode akuntansi, yaitu proses akuntansi yang memiliki jangka waktu. Contoh nya penutupan buku di akhit periode, boleh setahun atau sebulan juga boleh
4. Harga perolehan, yaitu pencatatan akuntansi berdasarkan harga perolehan yg sesungguhnya.
5. Penetapan beban dan pendapatan. Dalan akuntansi harus punya target pendapatan dan batas beban atau budget dalam usaha.

Hai readers,, aku lelah ngetik.. Please semangati aku dengan kasih suara klian dan follow akun akuu yaa. Kalo ada yg bingung boleh chat wa atau komen.
Love you 😍😍

AKUNTANSITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang