Tahu nggak definisi dari Nusa? Iya, kata yang diambil dari frasa Nusa-Bangsa. Kalau menurut definisi umum, Nusa diambil dari Nusantara yang berarti daratan diantara dua samudera dan dua benua, atau dalam posisi silang.
Tapi yang dibahas beda lagi, dan lain cerita. Ini bukan PPKN yang ada bab Wawasan Nasional, Nusa yang kita pakai ini salah satu nama sekolah swasta unggulan.
Kebanyakan orang memandang sekolah swasta sebelah mata, entah kenapa. Sebenarnya, stereotype yang seperti ini yang harusnya diluruskan agar tidak menimbulkan diskriminasi, yang walau tidak disengaja. Orang pintar tidak hanya yang di lembaga negeri, ada beberapa kalangan yang malah memilih lembaga swasta, dengan banyak pertimbangan.
Dan sayangnya, SMA Nusa, sekolah swasta satu ini benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena disini berbeda. 'Kasta' terendah mereka adalah murid-murid dengan beasiswa dan bantuan, yang tentunya pintarnya tidak kira-kira.
Lalu, yang lain hanya mengandalkan uang saja?
Sekaya apapun dirimu, Tes PPDB ala 'Nusa' akan selalu diadakan, mau pasang harga berapapun, SMA Nusa dibentuk atas dasar visi-misi jelas yang bukan tentang uang. Karena apa? Kepala Yayasannya sudah tajir melintir sejak lahir. Tidak butuh uang. Ia hanya butuh prestasi.
Anak-anak orang terpilih ini juga yang memilih SMA Nusa, karena di sekolah negeri, mereka tidak memiliki kebebasan. Tidak semua satu jalan dengan mereka, para anak konglomerat dan berpangkat.
Social climber? Kampungan.
Temanku ATMku? Mereka bukan orang kere.Tolong, mereka disini untuk menuntut ilmu. Old Money yang menuntut ilmu. Mau sekolah di negeri? Bisa jadi mereka jadi dompet berjalan. Cih. Semoga kalian paham dengan perumpaan-perumpamaan ini
Sekarang, mau berkenalan tidak dengan pentolan SMA Nusa yang selain tajir, tapi juga pintar bukan main?
1. Sienna Violeta Nasution
Gadis jangkung satu ini merupakan salah satu pentolan anak kelas dua belas. Ia pintar, cantik, mantan ketua klub cheers dan cukup membuat orang heran karena ia lebih memilih jurusan IPS padahal tesnya jelas-jelas peringkat dua puluh besar di basis IPA. Semua orang menginginkan kursi di jurusan IPA, jadi mengapa?
Prestasi Sienna tidak sebatas di bidang ekskul, ia berhasil masuk SMA Nusa selain karena lolos tes PPDB, namun juga sertifikat TOEFL-nya yang membuat orang berdecak kagum. Sienna menjadi orang pertama di angkatannya yang berhasil meraih predikat platinum di sertifikat TOEFL-nya.
Debat bahasa Inggris? Olimpiade? Karya Tulis? Semua sudah ia babat habis.
Keluarganya memiliki sebuah perusahaan alat-alat gaming dan juga perusahaan software yang cukup terkenal, NAST Production.
2. Gilang Ferdiansyah Sultan
KAMU SEDANG MEMBACA
The Nusa's
FanfictionBuku harian SMA Nusa, satu buku, banyak cerita dan luka yang berbeda. ©kimleejeons, 2018.