Hari pertama gue sepertinya cukup mengesankan. Yah, soalnya disaat kebanyakan siswa rambutnya botak karena ospek, gue malah ga ikut ospek, makanya rambut gue masih mirip anggota Boyband Korea. Gue enggak ikut ospek karena gue masuk ke SMA pake jalur khusus, khusus buat siswa bego yang nilainya mentok.(Lo pada pasti paham kan maksud gue.) Ya meskipun sekolahnya ga favorit-favorit amat.
Pertama kali gue masuk ke kelas, gue masuknya bareng sama satu siswa lain yang jalur masuknya sama kaya gue, dan kami juga duduk di meja yang sama. Gue pasang tampang stay cool sambil liat sekeliling kelas. Aktivitas siswa-siswi yang gue liat cukup luar biasa, ada yang lagi baca buku, tiduran di meja, ngobrol santai, ngobrol nge-gas, adu panco, ngupil, sampe nonton b*kep pun juga ada. Namun, perhatian gue teralih pas orang yang duduk sama gue bicara,"Nama lo siapa ?"
Gue kaget, suaranya yang mirip om-om bener-bener gak cocok sama muka polosnya, tapi gue berusaha untuk tetep stay cool aja.
"Oh, gue Erlang. Elo ?"
"Gue Ricky, salam kenal."
Ga perlu waktu lama, gue dan Ricky udah jadi temen deket. Tapi gue gak ngerti sama ini orang. Dia pinter tapi kok bisa sih lewat jalur khusus. Pada akhirnya, dia adalah harapan hidup gue, jawaban di atas semua beban hidup yang selalu diberikan para guru.
Pernah sewaktu lagi ngerjain soal, Ricky ngomong,"Lang, keknya ada yang suka sama lo deh."
Gue langsung joget-joget di dalam hati pas denger dia ngomong gitu.
"Ah, serius lo ? Siapa ?" Tanya gue penasaran.
"Lo jangan liatin dia ya, pura-pura sekilas aja. Coba lo liat cewe yang duduk di depan yang paling kiri."
Gue nurut aja sama dia. Awalnya gue cuma noleh, eh bener tuh cewe lagi liatin gue. Pas gue noleh lagi dia masih ngeliatin. Gue agak penasaran sama wajahnya. Btw gue rabun jauh. Jadi rencananya sih gue cuma pengen natap matanya bentaran doang, tapi pas gue tatap eh dia natap balik. Setau gue kalo kita kepergok sama orang yang kita suka lagi liatin dia, ya secara naluri kita pasti bakal ngalihin pandangan biar gak ketauan. Tapi ini cewe kok malah natap balik sih. Gue rasa dia bener-bener tertarik sama gue, tertarik buat motong-motong gue terus disimpen di freezer kulkasnya dia. Gue berasa lagi diawasi psikopat papan atas. Ya meskipun gue gapeduli, mau psikopat kek, mau janda dua anak, yang penting dia cakep bagi gue udah cukup. Belakangan gue baru tau nama itu cewe Salsa.
Gue pengen pdkt sama Salsa, tapi gue orangnya pemalu kalo berurusan sama yang namanya cewe, jadi gue ga berani ngajakin dia ngobrol duluan. Sampe ketika pelajaran kelompok geografi, gue, Fandi, Vivi sama Salsa berada disatu kelompok. Awalnya masih biasa-biasa aja, tapi pas jam istirahat Fandi Ngomong ke gue,"Lang, kalo gue liat-liat lo agak ganteng sih.
Gue mulai curiga sama ini anak.
"Tapi agak mirip sama belalang sembah." Katanya sambil ketawa-ketawa
"Gapapa kok, kan belalang sembah kecil, imut-imut gitu." Kata Salsa.
Denger Salsa ngomong gitu gue jadi salah tingkah, rasanya jadi pengen lompat-lompat sambil kayang.
Akhirnya gue mulai memberanikan diri buat ngobrol bareng dia, dan pdkt gue berhasil. Gue sama Salsa semakin deket. Kami selalu ke kantin barengan, ke perpus juga barengan, tapi sayangnya ga barengan pas ke toilet, padahal gue sangat berharap. Dia bahkan curhat ke gue tentang keluarganya yang broken home sambil nangis. Gue merasa kita berdua bener-bener cocok.
Kayaknya inilah saat yang tepat buat gue nyatain perasaan gue ke Salsa. Gue sembunyiin surat yang udah gue tulis di sela-sela halaman buku biologi Salsa, isinya :
KAMU SEDANG MEMBACA
Belalang Sembah Baperan
HumorIni adalah sebuah cerita gak penting tentang kehidupan seorang cowok yang mukanya mirip belalang sembah bernama Erlang.