안녕하세요 여러분 (an-nyeong-ha-se-yo yeo-reo-bun)👋😊👋
Sebelum mulai belajar bahasa korea pastikan dulu kamu semua bisa 한글 (ha-ngeul) alias huruf korea, okay?
Karena kalau kamu gak bisa bahasa korea dan cuma ngandalin romanji doang itu bakalan susah banget. Pertama, penulisan romanji dan pengucapan dalam bahasa korea itu gak selalu sama dan bahkan ada yang beda jauh, misalnya 현진 kalau baca lewat romanjinya 'Hyunjin' padahal pengucapan sebenarnya adalah 'Hyeonjin'.
Kedua, kalau kamu mau menulis surat atau chatting dengan orang Korea atau dengan idola kamu mungkin(?) Masa iya kamu mau nulis pake romanji? Lagian walaupun mereka orang Korea mereka sendiri pun agak bingung sama romanji apalagi korea punya kosa kata yang bunyinya mirip-mirip.
Bisa-bisa kamu mau bilang lain eh malah keucap yang lain. Enggak banget ya...
Makanya sekarang kita belajar 한글 dulu yaaa. Hangeul sendiri terbagi menjadi dua, yaitu konsonan dan vokal. Untuk bab pertama kita belajar yang vokal dulu, okay?
Nah, vokal ini juga terbagi menjadi dua, yaitu vokal tunggal dan vokal rangkap. Kenalan dulu yuk dengan vokal tunggal!!
VOKAL TUNGGAL
1. ㅏ A
2. ㅑ YA
3. ㅓ EO
4. ㅕ YEO
5. ㅗ O
6. ㅛ YO
7. ㅜ U
8. ㅠ YU
9. ㅡ EU
10. ㅣ iVOKAL RANGKAP
1. ㅘ WA
2. ㅚ WE
3. ㅙ WAE
4. ㅝ WO
5. ㅟ WI
6. ㅞ WOE
7. ㅢ EUI
8. ㅐAE
9. ㅒYAE
10. ㅔ E
11. ㅖYEJadi, kalau ditotalin kira-kira ada 21 hangeul vokal. Tapi tenang aja hangeul mudah di hafal kok. Gak sesusah kanji atau aksara thailand😁
*TIPS : Rajin-rajin menulis hangeul di buku atau dimanapun supaya memperkuat ingatan kalian.
Sekian untuk bab ini. Kalau kalian suka belajar dengan visual atau gambar-gambar silahlan cek ig aku @learnkoreanwbee
감사합니다💞
KAMU SEDANG MEMBACA
Learn Korean
RandomBerisikan : 1. Huruf/Hangul Korea 2. Kosa kata 3. Percakapan 4. Tata bahasa 5. Informasi mengenai Korea 같이 배우자!