Sekarang sudah banyak bermunculan Masjid dengan nama masjid Cheng Ho yg konon dibangun oleh para tionghoa yg beragama Islam. Saya punya pengalaman unik tentang itu. Ah ya, nama saya Jaylani. Pemuda tampan keturunan Korea-Jawa. Biasa dipanggil Jay, Jayden, Jaylani Sayang, asal jangan manggil Jaylangkung aja.Saya punya pengalaman ke masjid Cheng Ho di wilayah yang sangat terkenal, untuk menjalankan Sholat Jumat.
Saya datang lebih awal, dan seperti yg diajarkan Rosulullah, saya Sholat Tahiyyatul masjid dan duduk dekat tiang.
Astaghfirullah, saya kaget .... ini masjid aliran apa??
Tanpa adzan tanpa khotbah langsung qomat......???!!
Tidak sesuai Rukun dan Syari'at.Saya bingung. Dengan lunglai dan perasaan terpaksa saya berdiri juga untuk sholat Jumat sampai selesai.
Sekadar untuk menghormati.Kemudian saya tanya pada jamaah disamping saya sambil bersalaman...
"Mas ini masjid aliran apa?" tanya saya sama pemuda berkulit putih pucat mirip aktor Tiongkok, Ma Tian Yu.Dia terkejut sambil jawab, "Ahlussunnah wal jama'ah"
Dia memandang saya dengan curiga.Terus saya tanya lagi.
"Koq gak pakai adzan dan khotbah...???"Dia jawab, "Lha, kamu tidur daritadi, Bang."
Saya pun tersenyum cool, langsung buru-buru cabut.
Selamat Hari Jum'at yg penuh berkah, Kawan.
Salam dari Jaylani, orang terganteng se-desa Sido Waras.🙏🙏🙏
KAMU SEDANG MEMBACA
Ficlet Yang Ah Syudahlah ...
HumorBerisi sekumpulan ficlet yang unfaedah. Cover by @Mayutamisri (Maharani Mei)