Tema: Summer Rain
Jumlah kata pada hasil riset:
a. Hasil Riset: 395 kata
b. Sinopsis: 385 kata
c. Jumlah Keseluruhan: 780 kata
Hasil Riset:
a. 5W + 1H
Apa makna yang kamu dapatkan dari lagu ini?
Yang aku dapatkan adalah para personil GFRIEND merenungkan hujan. Karena hujan berarti mereka mengingat masa lalu. Di MV, mereka merenungkan masa lalunya yang amat menyakitkan. Sebagian dari mereka rata-rata tak memiliki hubungan yang baik dengan pacar mereka. Dan sebagiannya lagi merenung karena tak mendapat kenangan baik.
Siapa itu GFRIEND?
Girl Group Idol yang dibentuk oleh Source Music pada tahun 2015 dan para personilnya adalah Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Eunji. GFRIEND dalam bahasa Korea berarti yeojachingu (여자친구) yang bila diartikan yaitu pacar perempuan atau girlfriend.
Kenapa lirik lagu ini bermakna sedih padahal mereka bernyanyi nampak biasa saja, tak terlalu mellow?
Karena mereka mengingat hujan, yang berarti mengingat masa lalu mereka. Seperti judulnya, Summer Rain.
Kapan lagu ini dirilis?
Tanggal 13 September 2017
Di mana lagu ini dirilis?
Di channel YouTube 1theK. Viewers-nya meraih 16 juta penonton. Dan di Spotify, dan lain-lain.
Bagaimana MV GFriend - Summer Rain bisa membuat penontonnya terharu?
Karena mereka melihat perasaan dari masing-masing personil GFRIEND. Seperti contohnya Sowon yang harus LDR-an dengan pacarnya di Paris dan menulis sebuah surat. Sowon sempat meneleponnya namun pacarnya tak mengangkatnya hingga membuatnya sedih dan ingin mengakhiri hubungannya dengan pacarnya. Yerin baru saja memutuskan pacarnya karena suatu masalah. Eunha bingung dengan pacarnya, apa dia mencintainya atau tidak.
Dan yang lainnya. Mereka memiliki perasaan masing-masing hingga membuat mereka sedih. Selengkapnya tonton MV-nya.
b. Hal menarik hingga membuat lagu ini terciptakan
Tentu karena mereka melihat hujan, mereka jadi teringat akan masa lalu mereka bersama sang pacar. Banyak lirik lagu yang bermakna sedih.
c. Proses awal mula sampai terciptanya lagu Summer Rain
Awalnya lagu ini dideskripsikan oleh Tamar Herman milik Billboard, sebagai "salah satu lagu paling populer [GFriend] mereka hingga saat ini", yang "memadukan aliran baru dengan perwakilan synths girlgroup K-pop untuk membuat lagu yang cocok untuk musim ini" . Telah tercatat bahwa instrumental sampel lagu dari Robert Schumann's "Robert Schumann, Dichterliebe Op. 48: 1," sangat cocok dengan ketukan saat ini.
d. Ide menarik apa berhasil terciptakan dari hasil riset tersebut untuk sebuah cerita yang ingin kalian tulis
Tentu saat menonton MV ini, aku jadi kepikiran ingin membuat cerita juga. Tapi berjudul sama yaitu "Summer Rain". Dan alur ceritanya berbeda dengan yang di MV. Ceritanya tentang seorang wanita yang rela menunggu seorang pria yang ia sayangi, dengan hujan yang menderas tentunya.
Sumber Riset:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/GFriend
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Summer_Rain_(GFriend_song)
https://youtu.be/8fh-THRUXFYSinopsis Singkat:
Seorang wanita yang sedang memegang buket nikah, Hani namanya. Menunggu di halte bis untuk menanti datangnya seorang pria yang akan pulang ke Indonesia. Dengan memakai gaun nikah, ia tak peduli akan hujan yang turun deras. Asal menunggu Yudi untuk mengajaknya ke altar pernikahan, itu saja.
Yudi, yang masih berada di Korea untuk menyelesaikan studinya, ternyata ditahan oleh pihak Imigrasi karena paspor dan visanya yang tidak sesuai. Jadwal seharusnya ia pulang jam 10 pagi, namun karena tertahan di bandara Incheon, Korea, membuatnya harus menunggu di kantor Imigrasi. Padahal ia akan menikah dengan Hani jam 1 siang nanti. Ia berpikir, apa ia akan menunggunya? Atau justru membatalkan pernikahannya dan merapelnya dengan hari lain?
Hani masih duduk di halte bis. Awalnya ia ingin ke bandara untuk menjemput Yudi, namun karena ia malu harus ke bandara memakai gaun pengantin, juga hujan yang tiba-tiba turun deras, membuatnya memilih menunggu di halte bis dekat bandara.
Ia merenung. Sebenarnya kenapa hujan turun di musim panas ini? Apa hujan berarti mengingat kenangan masa lalu?
Tentu saja Hani mengingat masa lalunya dengan Yudi. Pacarnya yang akan segera menjadi calon suaminya.
Hani awalnya tidak berniat menikah dengan Yudi dan menunggu sampai waktu yang tepat. Namun Yudi mendesak agar segera menikah setelah studinya di Korea selesai. Bahkan mereka berdua merencanakan pernikahan. Dan diselenggarakan hari ini juga.
Namun janji tinggal janji. Hani berpikir negatif kalau sebenarnya Yudi membencinya. Yudi dengan sengaja membuat pernikahannya kacau balau, biar Hani menanggung malu.
Pada kenyataannya tidak seperti itu, Yudi mendapat cobaan yang membuatnya mungkin terancam dideportasi dari Korea.
Dan itu pun terjadi. Setelah berurusan dengan pihak Imigrasi, Yudi dideportasi dari Korea selama 10 tahun karena visanya bemasalah. Jadinya Yudi bakal tidak bisa kembali ke Korea sampai 10 tahun berlalu.
Hani sampai sekarang masih menunggu, walau petang menyelimuti, dan hujan masih turun deras. Tepat jam 7 malam, bus bandara datang, dan itu satu-satunya yang Hani lihat setelah tertidur dari siang sampai sore.
Dan Yudi pun datang dengan berpakaian biasa sambil menenteng tas punggungnya.
Yudi sangat menyesal meninggalkan Hani yang tertidur di halte bus. Yudi pun memeluknya dan berjanji akan terus mencintai Hani. Dan janji mereka untuk menikah pun terwujud. Mereka bisa menikah setelah Yudi pulang dari Korea. Janji Hani ke Yudi akhirnya terwujud. Hani tak akan menyia-nyiakan ini, melihat Yudi yang berpakaian jas hitam dan dasi kupu-kupu itu.
* * *
Tag:
Admin: Pr4mLee 2Yuuki2Sama kazza_05 Rudeus-kun KarinaSetiyowati
Satu kelas: bby_widis heychaa dayhhblu ChibiSukee KinanNadya Aresreva deamlsr meimeichaem
* * *