بسم الله الرحمن الرحيم
10 Hal Yang Buruk
وَرُوِيَ عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيَّ , أَنَّهُ قَالَ: عَشْرَةُ أَشْيَاءَ مِنَ الْجَفَاءِ:
Diriwayatkan dari Sufyan Ats Tsauri, bahwa beliau berkata :
Ada 10 hal yg termasuk keburukan :
أَوَّلُهَا رَجُلٌ أَوِ امْرَأَةٌ يَدْعُو لِنَفْسِهِ وَلَا يَدْعُو لِوَالِدَيْهِ وَالْمُؤْمِنِينَ.
Pertama, seorang lelaki atau perempuan yg berdoa utk dirinya sendiri namun tdk berdoa utk kedua ortunya dan orang2 beriman.
وَالثَّانِي رَجُلٌ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ، وَلَا يَقْرَأُ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِائَةَ آيَةً.
Kedua, seorang lelaki yg membaca al qur'an namun tdk membacanya setiap hari 100 ayat.
وَالثَّالِثُ: رَجُلٌ دَخَلَ الْمَسْجِدَ وَخَرَجَ وَلَمْ يُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ.
Ketiga, seorang lelaki yg memasuki masjid dan keluar namun tdk sholat dua roka'at.
وَالرَّابِعُ: رَجُلٌ يَمُرُّ عَلَى الْمَقَابِرِ وَلَمْ يُسَلِّمْ عَلَيْهِمْ وَلَمْ يَدْعُ لَهُمْ.
Keempat, seorang lelaki yg melewati kuburan namun tidak memberi salam kepada ahlil kubur dan tdk mendoakan mereka.
وَالْخَامِسُ رَجُلٌ دَخَلَ مَدِينَةً فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ، ثُمَّ خَرَجَ وَلَمْ يُصَلِّ الْجُمْعَةَ.
Kelima,seorang lelaki yg memasuki kota di hari jum'at, kemudian ia keluar namun tdk melakukan sholat jum'at.
وَالسَّادِسُ رَجُلٌ أَوِ امْرَأَةٌ نَزَلَ فِي مَحِلَّتِهِمَا عَالمٌ، وَلَمْ يَذْهَبْ إِلَيْهِ أَحَدٌ لِيَتَعَلَّمَ مِنْهُ شَيْئًا مِنَ الْعِلْمِ.
Keenam, seorang lelaki atau perempuan, dimana seorang alim tinggal di tempat keduanya namun tdk seorangpun yg pergi mendatanginya utk belajar ilmu darinya .
وَالسَّابِعُ رَجُلَانِ تَرَافَقَا وَلَمْ يَسْأَلْ أَحَدُهُمَا عَنِ اسْمِ صَاحِبِهِ.
Ketujuh, dua orang lelaki yg saling berteman namun salah seorang dari keduanya tdk ada yg bertanya siapa nama temannya.
وَالثَّامِنُ رَجُلٌ دَعَاهُ رَجُلٌ إِلَى ضِيَافَةٍ فَلَمْ يَذْهَبْ إِلَى الضِّيَافَةِ.
Kedelapan, seorang lelaki yg diundang oleh lelaki lain utk ikut perjamuan makan namun tidak mau pergi ke perjamuan itu..
وَالتَّاسِعُ شَابٌّ يَضِيعُ شَبَابهُ وَهُوَ فَارِغٌ وَلَمْ يَطْلُبِ الْعِلْمَ وَالْأَدَبَ.
Kesembilan, seorang pemuda yg menyia2kan masa mudanya padahal dia pengangguran dan tdk mau mencari ilmu dan adab.
وَالْعَاشِرُ رَجُلٌ شَبْعَانُ وَجَارُهُ جَائِعٌ وَلَا يُعْطِيهِ شَيْئًا مِنْ طَعَامِهِ.
Kesepuluh, seorang lelaki yg kenyang sedangkan tetangganya kelaparan dan tdk memberikan kepadanya sesuatu dari makanannya. "
Wallohu a'lam.
~Tambihul Ghofilin~
Semoga bermanfaat🙏🏻❤
KAMU SEDANG MEMBACA
Coretan Muslim
Non-FictionSebuah kumpulan artikel islami dari beberapa sumber yang menyediakan bermacam-macam rasa dari yang sedih, terharu, sampai baper pun ada. Special topping: ✔Renungan ✔Motivasi ✔Filosofi ✔Kisah ✔Tips Happy Reading😙 enjoyyy....