Apa itu Friend With Benefit (FWB)

19.1K 79 2
                                    

Sebelum masuk ke part, aku mau jelasin apa itu FWB dan ONS.

Pertama-tama, kita bahas ONS alias One Stand Night. Apa sih One Stand Night itu? Kayaknya udah familiar banget sama istilah yang ini. ONS atau One Stand Night sebenarnya lebih bebas dari Friend With Benefit. Bukan hanya teman, pelaku ONS cenderung berhubungan intim dengan orang yang tak dikenal atau bahkan orang yang baru pertama mereka temui saat itu. Dan bahkan setelahnya, banyak dari pelaku ONS yang tak saling berinteraksi lagi sehingga banyak yang hilang begitu saja. Bedanya, hubungan seks dalam ONS alias 'cinta satu malam' ini hanya terjadi sekali dengan orang yang sama. Berbeda dengan FWB yang bisa terjadi berkali-kali karena faktor sudah saling mengenal/berteman.

Lingkungan pergaulan di kota-kota besar sudah tak asing lagi dengan hubungan semacam ini. istilah lainnya dikenal dengan 'teman tapi mesra'. mereka yang terlibat Friend With Benefit bisa melakukan aktivitas fisik yang intim seperti berciuman, bercumbu, bahkan berhubungan seks berkali-kali dengan temannya tanpa ada status pacaran atau hubungan terikat lainnya.

Ya, mereka hanya sebatas teman dan melakukan hubungan seksual hanya karena mau sama mau. FWB ini lebih menjurus ke nafsu kepuasan seksual bukan cinta, karena pelaku FWB hanya berinteraksi saat mereka sedang ingin melampiaskan nafsu.

Dan setelah selesai melakukannya, mereka bertingkah seperti teman biasa meski telah berkali-kali terlibat hubungan fisik yang intim. sayangnya dalam kamus FWB tak ada fase pendekatan setelahnya seperti saling bertukar pesan hati, tak ada perhatian lebih, obrolan serius tentang cinta, dan hal-hal lain yang bikin baper itu tidak ada. Mereka tetap bertingkah seperti teman biasa dan bisa melakukan hubungan seksual lagi kapan pun mereka mau, sekali pun sama-sama punya pasangan.

Meski tak pakai perasaan, nyatanya banyak juga pelaku FWB yang akhirnya saling cinta hingga mengarah ke jenjang yang lebih serius.

By the way, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatiin kalau kalian terjebak di hubungan Friend with Benefit. Yuk dibaca.

1. Lakukan kesepakatan terkait apa yang dicari dalam hubungan ini

Saat menjalani hubungan tanpa status ini, pastikan kamu telah mendiskusikan berbagai batasan-batasan yang harus dilakukan dan tidak. Prinsip dalam menjalani hubungan FWB adalah saling keterbukaan di awal.

Semua keputusan dibuat berdasarakan kesepakatan bersama. Misalnya, menyepakati hubungan itu hanya sebatas teman untuk bersenang-senang, teman di saat kesepian, teman di saat bosan dengan pasangan, atau kesepakatan lainnya.

2. Jangan berekspektasi hubungan kalian akan berlanjut ke tahap yang serius

FWB kerap kali dianggap hanya untuk bersenang-senang, menjalin hubungan mesra dan intim dengan seorang teman tanpa terikat status. Atas dasar itulah, jangan harap untuk melanjutkan hubungan kamu ke tahap yang lebih serius. Karena jika semuanya berjalan tidak sesuai ekspektasi, kamu akan kecewa dan patah hati.

3. Cari tahu bagaimana perasaan kalian menjalani hubungan sejauh ini

Pastikan kamu dan partner memiliki tendensi yang sama dalam memandang hubungan tanpa status ini. Misalnya, kalian berdua sama-sama menganggap hubungan ini adalah untuk kesenangan semata, sehingga tidak ada yang berharap lebih dan tersakiti nantinya.

4. Sebaliknya, coba tangkap bagaimana perasaan 'partner' Anda yang sesungguhnya terhadap hubungan tersebut

Diperlukan kepekaan dalam membaca situasi untuk mengetahui apa yang partner kamu rasakan dan bagaimana keadaan sebenarnya yang terjadi di antara kalian.

Hal ini penting untuk mencegah salah satu dari kalian berharap lebih dan tersakiti pada akhirnya.

5. Ingat, tidak ada komitmen dalam menjalani hubungan yang lebih serius

Pada dasarnya orang-orang yang melakukan FWB tidak menyukai komitmen dan kerap menghindarinya. Perlu digaris bawahi, FWB hanya sebatas hubungan sosial yang intim tanpa adanya komitmen seperti halnya orang pacaran.

Satu-satunya yang dikhawatirkan dalam FWB ini adalah jika salah satu pasangan tersebut kemudian menjadi jatuh hati karena hubungan yang intim. Ingat, dalam FWB untuk terus bertahan, fondasi dasarnya adalah pertemanan dan bukan romansa.

6. Bicarakan bagaimana jika hubungan ini berakhir

Coba pertimbangkan jika partner bertemu dengan orang lain yang lebih menarik dan akan meninggalkan kamu begitu saja dalam hubungan tanpa status tersebut. Hubungan FWB ini merupakan kesepakatan bersama, jadi pastikan sejak awal hubungan kalian juga telah membicarakan ke mana arah hubungan ini dan bagaimana jika berakhir.

7. Pastikan hubungan ini sebatas untuk bersenang-senang

Tak dapat dipungkiri, bagi sebagian orang, hubungan FWB tak bisa dipisahkan dari perasaan alias baper. Kamu atau 'partner' bisa saja mengharapkan sesuatu yang lebih. Coba untuk santai sejenak, dan pastikan hubungan kalian hanya untuk bersenang-senang tak lebih dari itu.

Kurang lebih seperti itulah Friend With Benefit itu. Stay tune ya. Dan jangan lupa vote + Commentnya.

Source :
- https://m.brilio.net/creator/hubungan-gak-jelas-ini-perbedaan-dari-friendzone-fwb-dan-ons-yang-perlu-kamu-tahu--073110.html
- https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/@kumparanstyle/terjebak-friends-with-benefit-ini-7-hal-yang-harus-anda-perhatikan.amp

Friend With Benefit (Antara Cinta Dan Nafsu)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang