Waktu gue kelas 3, gue pindah rumah. Bener-bener gak enak! Sumpah! Gue ngerasa pergi ke tempat asing nan berbahaya. Gue gak kenal kota ini, gak kenal orang-orang ini, dan gue gak kenal sama rumah ini. Perasaan gue campur aduk disaat gue harus melepaskan rumah yang dulu sangat amat berwarna, rumah yang tiap hari dipenuhi teman-teman , dipenuhi petualangan kecil, dipenuhi permainan jadul, dan mainan lama.. semua tertinggal dirumah itu.
Gue hampir putus asa, dikota yang jauh dari hiruk pikuk ini, gue akan tinggal dan dewasa tanpa bertemu lagi dengan teman-teman terbaik gue.
Namun, hari itu gue merasa sesuatu yang beda. Gue merasa langit berwarna lebih biru dari biasanya...
Gue diantar bapak ke sekolah baru buat ikut tes masuk hari itu.
"Dikung, kerjakan soal ini"
"Siap mbak" jawab gue sama mbak-mbak cakep. Gile, mata keranjang gue coy dulu.
"Bukan mbak.. panggil saya ibu ya"
"Lah.. saya udah punya mama loh! Mbak gak bakal saya izinin kawin sama bapak saya!" Gue protes abis. Gile nih cewek! Liar juga!
Mbak-mbak itu menatap mata bapak gue minta pertolongan. Gue juga melakukan hal yang sama. Seakan mata gue ngomong ama bapak gue 'coba aja lu bela dia.. gue aduin lu ama emak!'
Dengan santainya bapak gue ngejitak gue 'pletak!'.
"Ikutin kata bu guru kung.. kamu godain lagi ibu ini, bapak sunat kamu!"
Oooooooh..
"Oke! Siap Grak bu!" Gue cepat-cepat nulis jawabannya. Soalnya ada 3 lembar. Bahasa Indonesia, matematika, sama bahasa english.
Waktu gue ngerjain bahasa indonesia gue ngeludah, "Cuih! Upil nih soal"
Bahasa Indonesia kelar dalam 15 menit.
Waktu gue ngerjain bahasa english, gue ngeludah "Cuih! Apaan artinya nih? Belum pernah liat bahasa ini gue!"
Gue asal aja centang aja abc nya
Bahasa english kelar dalam 5 menit.Waktu gue melihat soal matematika gue nelan liur, "Bangke... Bangke... Perkalian 11? Gue aja cuma sampe perkalian 10 ini sampe 11. Gile juga nih sekolah.. sebanyak apa jari-jari orang disekolah ini?"
Karena gue gak terima kalah karena kekurangan jari, akhirnya gue mikir keras banget sampe muka gue terlihat layaknya bocah ngeden boker.
Matematika kelar dalam.... 1 jam.
Akhirnya kelar.. gue cukup yakin, dengan kecerdasan gue, gue bisa masuk kelas akselari. Gue terlalu jenius untuk sekolah ini.. hehe.
Akhirnya gue dan bapak gue pamit sama mbak cakep itu. Dikemudian hari gue tahulah apa kerjaan dia.. dia seorang SEKRETARIS! Pantes bening..
Besoknya gue masuk sekolah pertama kalinya.
Disekolah lama gue, anak-anak boleh memakai sepatu kedalam kelas, tapi sekolah ini mewajibkan untuk melepas sepatu karena takutnya lantai keramiknya jadi kotor.
Pertama kali dengar aturan ini gue takut sekali sepatu baru gue dicolong.
"Dikung ayok masuk.." seorang guru yang baru gue lihat menyuruh masuk.
"Bentar bu.." gue selipin kertas didepan sepatu gue baru gue tarok di rak sepatu. Tulisannya 'BARANG SIAPA YANG MENCURI SEPATU MAKA KELAK TITITNYA DICOLONG ORANG'
Gue bernafas lega. Begonya gue, gue gak memperhitungkan yang nyolong kemungkinan cewek. Kalau cewek yang nyolong terus apanya yang ilang? Secara cewek gak punya titit. Gue bener-bener goblok... Tapi.. namanya juga lupa. Nantilah gue upgrade azabnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary Kumal
HumorDipojokan gue nemu buku-buku tulis yang lama. Rata-rata sih waktu gue masih SD. Waktu gue liat tulisan tangan gue sendiri... "Gila! Serius nih tulisan gue?! Sakit mata gue cuk!" Itu bener-bener tulisan yang gak boleh dibaca sama manusia normal. Gue...