Chapter 3 - Teka-Teki Mengenai Komentar

4K 561 51
                                    

Feedback.

Sebagai penulis, kita semua menginginkannya. Sebenarnya kita membutuhkannya, benar-benar membutuhkannya. Ini sama penting dengan oksigen bagi penulis. Benar-benar tidak ada cara lain untuk mengatakannya.

Kalian dapat melihat kasusku sendiri yang begitu menyedihkan untuk melihat betapa feedback sangat diperlukan.

Aku menghabiskan enam bulan dengan komputer di rumah untuk menulis, menulis ulang, dan menulis ulang lagi. Itulah yang akhirnya kuposting di Wattpad sebagai Stolen Hearts. Aku merasa ceritaku tidak begitu buruk. Walau tidak terlalu bagus sampai membuatku berpikir harus mengirim ke penerbit, aku benar-benar menyukainya. Dan aku tahu pasti ada setidaknya beberapa orang lain yang akan menyukainya sama sepertiku. Jadi aku mencari situs membaca juga menulis gratis dan menemukan Wattpad.

Ketika aku mulai mempostingnya, aku adalah seorang penulis baru yang mulai sepenuhnya dari nol. Ketika aku memposting bab demi bab, perlahan-lahan aku mendapatkan pembaca, tetapi jumlahnya rendah. Itu berarti aku tidak memiliki banyak feedback hingga aku memposting bab terakhir. Beberapa bulan kemudian, aku mulai memposting sekuelnya. Pada saat itu, Stolen Hearts telah menjadi finalis dalam Watty's. Hal ini membantu meningkatkan jumlah pembacaku.

Aku telah merencanakan sekuelnya dengan tepat, bagaimana aku akan menulisnya. Ketika aku mulai memposting, aku mulai mendapatkan feedback. Feedback yang jauh lebih banyak daripada yang pernah aku miliki sebelumnya. Pembaca mengajukan pertanyaan tidak nyaman kepadaku, pertanyaan yang tidak pernah kutanyakan pada diri sendiri. Mereka mengemukakan hal-hal yang tidak pernah aku rencanakan untuk dibahas dalam kisahku, seperti hal-hal mendasar yang rupanya penting. Saat itulah aku menyadari untuk mencari tahu bagaimana cara memperbaiki cerita aku. Sebagai hasil dari semua feedback yang hebat itu, Love You Forever tidak menjadi tulisan yang kacau yang berisi banyak plot hole dan pertanyaan yang tidak terjawab.

Tetapi masalah bagi kita semua - komentar pembaca lebih sedikit dari votes.

Sekarang mungkin ada banyak alasan berbeda mengapa pembaca tidak berkomentar, tetapi yang pertama mungkin adalah karena berkomentar tidaklah mudah. Aku selalu berkomentar ketika aku membaca karena tahu betapa pentingnya komentar bagi para penulis. Tapi aku berpikir sangat keras demi menemukan sesuatu yang masuk akal untuk dikatakan, dan ini merupakan cerita yang aku suka. Dengan cerita yang aku tidak suka, itu bahkan jauh lebih sulit. Aku ingin memberikan feedback, tetapi aku ingin penulis merasa terdorong untuk terus menulis.

Untuk beberapa pembaca, mungkin merasa takut untuk keluar dari bayang-bayang sebagai silent readers dan berbicara langsung dengan penulis. Beberapa orang tidak yakin bagaimana reaksi penulis. Bagi sebagian orang, bahasa Indonesia mungkin bukan bahasa pertama mereka dan mereka tidak ingin meninggalkan komentar yang penuhkesalahan. Atau mungkin konsep mengomentari sebuah cerita merupakan hal baru bagi mereka sehingga mereka bahkan tidak berpikir untuk melakukannya.

Jadi, bagaimana mendapatkan feedback yang sangat kalian harapkan? Nasihat pertamaku adalah menggunakan catatan penulis.

Pasti ada beberapa yang membenci termasuk catatan penulis dalam cerita, tapi aku sangat percaya pada mereka - dan inilah alasan mengapa. Mayoritas pembaca, silent readers tidak mengenal kalian dari awal. Bahkan jika mereka telah menambahkan cerita Kalian ke perpustakaan mereka, kecuali jika mereka mengikuti kalian, cerita itu adalah satu-satunya komunikasi yang mereka dapatkan dari kalian sebagai penulis. Oleh karena itu, beberapa kata di awal atau akhir bab dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pembaca. Dan mungkin, kalian akhirnya berhasil menarik pembaca tersebut keluar dari cangkang mereka.

Seperti yang Kalian tahu, aku cukup banyak bicara ketika sudah mulai, jadi catatan penulis mudah kubuat. Namun, aku juga menyadari bahwa catatan yang super panjang justru membuat pembaca turn off. Jadi aku mencoba untuk bersikap informatif dan ceria, tetapi juga membuatnya singkat.

Cara Mendapatkan Reads, Votes, dan Komentar - Sebuah PanduanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang