Bagian Pertama.

22 5 0
                                    

Sebelumnya, kenalin, nama gue Galih. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Oke, nggak usah panjang-panjang, segitu aja perkenalannya.

"Galiiih!"

Panggilan seorang wanita dari arah pintu kantin yang ada di belakang gue, memaksa gue untuk sejenak berhenti mengunyah nasi goreng yang sedang gue makan sedari tadi, lalu gue melihat ke belakang. Ternyata si Adel yang manggil, dia itu teman kampus sekaligus teman gue di rumah. Orangnya baik, asik juga, tapi suka songong.

Ya gitu deh kalo orang keseringan makanin kemenyan. Pake nasi pula makannya. Dikira lauk kali ya.

"Gue kirain siapa, ternyata ampas kopi yang manggil. Ada apaan sih sampe teriak-teriak begitu? Cowo ganteng lagi?"

"Kali ini bukan kok, hehe. Gue mau cerita Lih, tapi jangan di sini, rame banget soalnya."

"Yaudah, tapi tunggu gue kelar makan dulu ya."

"Siap bos!" Pungkasnya.

Setelah gue selesai makan, kemudian kami berdua melangkah keluar kantin, menuju sebuah bangku panjang yang ada tepat di bawah pohon rindang yang letaknya agak jauh dari kantin.
Sengaja, biar ngehindarin terik matahari yang lagi panas-panasnya kayak ngeliat mantan sama gebetan barunya. Maafin ya kalo mainstream hahaha. Oke, kita lanjut.

"Mau cerita apa sih Del?"

"Jadi gini, tadi gue liat di Instagram-nya Awkarin, dia di-endors sepatu gitu. Gue pengen deh jadi kayak dia, dikenal banyak orang, followers banyak, banyak yang nge-endors juga lagi."

"Ya ilah Deeell, gue kira lo mau cerita penting, taunya cerita tentang orang begituan doang." Ucap gue dengan sedikit kesal.

"Biarin kenapa sih. Oh iya btw, salah nggak sih kalo kita pengen ngikutin seseorang gitu?" Tanyanya.

"Emangnya apa sih yang lo iriin dari orang kayak begitu?" Gue balik bertanya.

"Kan tadi udah gue jelasin Bambang. Terkenal, difollow banyak orang, banyak endorsement juga lagi. Gue pengen deh hidup kayak gitu."

Dari raut mukanya, gue lihat si Adel kayaknya bener-bener pengen kayak si Awkurus itu deh. Eh Awkarin maksud gue, maaf-maaf salah.
Kemudian langsung aja deh si Adel gue kasih pencemaran. Eh pencerahan maksudnya, maaf salah lagi.

"Sekarang gini Del, ada orang yang suka makan-makanan pedas, ada juga orang yang nggak suka makan-makanan pedas. Ada orang yang perutnya kuat kena makan-makanan pedas dan ada juga orang yang perutnya nggak kuat kena makan-makanan pedas. Jad..."

Belum selesai ngomong, tiba-tiba si Adel langsung nyamber. Kayak ngeliat pulpen nganggur di kelas.

"Kenapa jadi ngomongin makanan si Lih? Nggak nyambung anjir hahaha." Ucapnya sambil tertawa.

"Heh tanduk plankton! Dengerin dulu makanya, gue belom selesai ngomong. Main potong-potong orang lagi ngomong aja lo." Bales gue agak kesal.

"HAHAHAHAHA. Yaudah yaudah maap, terusin deh terusin."

"Jadi, di dunia ini tuh semuanya beda-beda, nggak ada yang sama. Setiap orang punya ciri khasnya masing-masing yang nggak akan bisa orang lain milikin. Semua punya kekurangan masing-masing, pun juga punya kelebihan masing-masing. Lo nggak bakal bisa jadi orang lain, dan orang lain pun juga nggak bakal bisa jadi diri lo. Semuanya udah diatur, udah punya tujuan masing-masing. Jadi kita tinggal jalanin aja. Belajar bersyukur sama apa-apa yang udah kita milikin sekarang ini. Orang lain belum tentu punya sama apa yang kita milikin sekarang. Makanya mulai sekarang, jaga semua yang kita milikin. Harus bangga sama diri sendiri, be yourself, jangan jadi orang yang suka iri sama sesuatu yang orang lain punya. Sebab, sesuatu yang lo inginkan dari seseorang, belum tentu bakalan baik apabila sesuatu itu ada di tangan lo." Jelas gue.

"Asslliii!! Kata-kata lo barusan ngena banget Lih. Gue langsung nyadar seketika." Ucapnya yang baru saja mendapatkan pencerahan. Hahaha, emang enak gue ceramahin.

"Hahaha, bagus deh kalo gitu. Yaudah, gue cabut ya, ada kelas nih." Ujar gue.

"Yaudah sana, HUSH HUSH." Balasnya sambil mengusir.

"Yeee..., tadi ngemis minta curhat, giliran udah ditanggepin malah ngusir. Dasar tiang hordeng."

"HAHAHA. Btw makasih ya buat siraman rohaninya. HAHAHA."

"Bodo amat." Pungkas gue.

Kemudian gue berjalan menjauhi Adel menuju gedung berlantai 4 yang tidak jauh dari posisi gue.
Tiba-tiba, handphone yang ada dikantong celana gue bunyi. Langsung aja handphone gue keluarin, ternyata temen gue nge-whatsapp gini "Lo di mana Lih?". Gue langsung masukkin handphone gue ke kantong celana. Sengaja nggak gue bales, biar nanti di kelas aja gue balesnya.

~~~

"Berbanggalah menjadi dirimu sendiri, sebab sampai kapan pun, orang lain tak akan pernah bisa menjadi dirimu, dan dirimu pun juga tak akan pernah bisa menjadi orang lain."

— Galih.

PerspektifTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang