Apa itu fandom?Nahh fandom itu merupakan sebutan fans/pengemar dari sebuah grup idol kpop.Banyak sihh fandom di korea.Misalnya Bts punya fans namanya Army..nahh itu merupakan nama fandomnya Bts.
1.ARMY (BTS)
ARMY merupakan singkatan dari 'Adorable Representative M.C for Youth'. Dalam musik hip hop, MC adalah istilah yang dipakai untuk menyebut rapper. Jadi ARMY bisa diartikan sebagai rapper yang mewakili generasi muda. Dalam arti lain, kata Bangtan berarti anti peluru sehingga ARMY dalam arti kemiliteran akan selalu melekat dengan baju anti peluru.
Jadi ibaratnya gini, dalam bidang militer, tentara selalu punya pelindung tubuh, keduanya enggak bisa dipisahkan.Penginnya begitu juga dengan fans dan para member BTS yang akan selalu bersama selamanya.BTS dan penggemar mereka akan selalu bersama layaknya pelindung tubuh (bangtanbok) dan tentara yang tak terpisahkan. Tak hanya itu, penggemar BTS adalah tentara yang selalu setia berjuang untuk BTS.2.EXO-L (EXO)
EXO-L merupakan nama yang dipilih Suho, sang leader, yang berarti EXO-Love. Saat awal debut, EXO dibagi menjadi sub unit EXO-K dan EXO-M. Huruf L merupakan huruf diantara K dan M, maka EXO mengartikan bahwa EXO-L adalah semua penggemar yang berada di tengah-tengah mereka dan harus mereka lindungi. Oleh karenanya EXO-L pun sangat ingin melindungi EXO hingga saat ini.
3.WANNABLE (WANNA ONE)
Wannable merupakan gabungan dari "Wanna One" dan kata "able". Nama fandom ini memiliki arti "bisa" aliasable meraih apa saja bersama-sama.Yes, bersama kita bisa!Jadi Wannable akan slalu bersama Wanna One.
4.ONCE (Twice)
Jadi harapannya, sekali menjadi fans dari TWICE, girlband ini akan membalasnya dengan memberikan cinta yang dua kali lipat.Fandom TWICE dinamai ONCE yang memiliki arti jika sekalinya (once) kamu mencintai grup idola, mereka akan menggandakan (twice) cinta itu. Sweetbanget, ya!
5.ELF (Super Junior)
ELF merupakan singkatan dari 'Everlasting Friend'. Super Junior menganggap penggemar adalah teman untuk selamanya.
6.SONE (SNSD/Girls Generation)
SONE (diucapkan menjadi "So One" yang juga berarti "keinginan" dalam bahasa Korea) berarti Girls' Generation (huruf "S" untuk SNSD) dan penggemar mereka akan selamanya menjadi satu ("ONE").
7.REVELUV (Red Velvet)
ReVeluv ini adalah gabungan dari "Red Velvet" dan "love," serta berharap bahwa seluruh member Red Velvet bersama fans mereka mempunyai hubungan yang hangat dan penuh cinta.
8.BUDDY (Gfriend)
Diambil dari kata Buddies (sobat).Gfriend memberi nama itu kepada pengemarnya karena menganggap fans mereka sebagai teman yang slalu ada untuk mereka.Buddy adalah teman terbaik.
9.IKONIC (IKON)
10.BLINK (Blackpink)
BLACKPINK sendiri memiliki arti untuk mematahkan persepsi mengani warna pink pada umunya. Jika warna pink diartikan sebagai sesuatu yang cantik, BLACKPINK berarti “kecantikan bukanlah segalanya”. Hal tersebut juga memberi simbol bahwa mereka tidak hanya cantik, namun berbakat.
Karena asal nama tersebutlah, BLINK, nama fandom BLACKPINK merupakan singkatan dari BLACK dan PINK.11.V.I.P (Big Bang)
VIP berarti Very Important Person. BIGBANG memberi nama pada fans nya tersebut karena mereka menganggap penggemar adalah orang yang paling penting bagi mereka.