Dua tokoh wirausaha lampung

2 0 0
                                    

Salah satu wirausaha yang ada dilampung adalah bapak Sarjono yang berasal dari Lampung timur. Bapak Sarjono berusia 53 tahun dan memiliki 3 orang anak. Karya-karyanya yakni lemari-lemari berbahan alumunium. Usaha ini dirintis sejak 5 Tahun yang lalu tepatnya pada 2013 saat putri sulungnya duduk di bangku SMA kelas 2 dan kini putrinya sedang menempuh pendidikan di STAIN JURAI SIWO Metro yang saat ini sudah menjadi IAIN Metro.

" Awalnya hanya iseng-iseng saja main ke toko alumunium dan melihat cara membuatnya" tutur pak Sarjono.

Kemudian beliau mencoba membuat sendiri dirumah dan memajangnya di depan rumah dengan memberinya tulisan "dijual". Setelah beberapa hari akhirnya ada yang datang kerumah dan bertanya tentang lemari itu, kemudian tawar menawar mengenai harga hingga akhirnya terjadilah jual beli. Dari situ lah bapak Sarjono memulai usahanya.

Lemari pertama yang dibuat oleh beliau adalah lemari baju, setelah beberapa kali beliau membuat lemari baju kemudian beliau mencoba menciptakan inovasi baru yaitu membuat lemari rak piring , buyer, lemari sudut, kitchenset, meja rias dan masih banyak lagi macamnya. Usaha pak Sarjono ini berada dirumahnya yaitu di dusun Muji Rahayu II desa Sumber Rejo kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Meski sudah banyak pesanan namun beliau tetap tidak mau mempekerjakan karyawan karena beliau tidak mau mengecewakan para pembelinya.

Selain kegiatannya membuat lemari, beliau juga adalah seorang petani yang ulet dan peternak yang ulung. Pada tahun 2004 beliau sukses dengan ternak kambingnya berjumlah 27 ekor, saat itu di desa tersebut tidak ada yang memiliki kambing sebanyak itu sehingga beliau di juluki sebagai juragan kambing.

Sumber : Iqrometro.co.id/tokoh-wirausaha-lampung-timur-pak-sarjono.html
Penulis : M. Dini Handoko 3 Mei 2017



Erwan 33 tahun, pengusaha muda yang sukses menjalani bisnis grosiran di kabupaten Tulang Bawang Barat. Bermodal tekad dan kesabaran, Erwan berhasil menuai kesuksesan dalam menjalani usahanya. Bermodal uang dari orang tuanya sebesar 30 juta rupiah, ia mulai merintis usaha sejak tahun 2003 dengan membuka toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Toko yang diberi nama "Toko Baru" tersebut saat ini telah menjadi toko penyuplai barang-barang toko lainnya yang berada di kabupaten Tulang Bawang Barat.

Usaha yang dirintisnya tersebut saat ini telah berkembang jauh dan terhitung menjadi usaha sukses di Tubaba. Di tahun 2010 silam ia bahkan berani mengambil pinjaman bank sebesar 300 juta rupiah guna mengembangkan usahanya. Tambahan modal itu juga kini berkembang pesat.

"Jatuh bangun itu sudah hal biasa saat saya punya saya pasti mampu meraih kesuksesan. Hasilnya terbukti, saya bisa sukses dengan modal seadanya". Ujarnya.

Pria kelahiran Kota Bumi, Lampung Utara yang saat ini telah menetap di Tubaba tersebut juga mengatakan, tokonya tersebut dulunya berlokasi di areal pasar. Pada tahun 2010 yang memutuskan untuk memperlebar tokonya tepat di samping kediamannya yang berlokasi di Jl. Pasar Daya Murni. Menurutnya untuk menjadi sukses di usia muda hanya satu kuncinya, yakni tekat dan kesabaran. Modal yang kecil tak menghalangi orang untuk bisa sukses. Dengan adanya kepercayaan dari para pembeli dan distributor juga menjadi modal utama dalam meningkatkan usaha.

SUMBER : https://www.jejamo.com/inilah-sosok-erwan-pengusaha-muda-sukses-dari-tulang-bawang-barat.html

PENULIS : Roy Mawandhi 29 Januari 2016

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 19, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

2 tokoh wirausaha lampung Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang