Faedah Ma'na Huruf Jer

3.4K 42 7
                                    

1. Huruf jer min (من/dari)

Memiki faedah ibtidaul ghayah (ابتداء) yaitu menunjukkan makna permulaan/awal dari sesuatu, baik waktu ataupun tempat.

Contoh;

اُطْلُب العلمَ من المَهْد إلى اللَّحْد

Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat. Maknanya, buaian merupakan awal mencari ilmu.

2. Huruf jer ila (إلي/sampai)

Memiliki faedah intiha' ghayah (انتهاء) yaitu menunjukkan makna batas akhir/penghabisan.

Contoh;

اُطْلُب العلمَ من المَهْد إلى اللَّحْد

Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat. Maknanya, liang lahat merupakan batas akhir mencari ilmu.

3. Huruf jer 'an (عن/dari,tentang)

Memiliki faedah mujawazah (مجاوزة) yaitu menunjukkan makna melewati/melampaui.

Contoh;

رَمَيتُ السَّهْمَ عَنِ القَوسِ

Saya melempar/menghempaskan anak panah dari busurnya. Maknanya yaitu anak panah tersebut melewati busurnya.

4. Huruf jer 'ala (على/di atas)

Memiliki faedah isti'la (استعلاء) yaitu menunjukkan makna di atas.

Contoh;

جلس احمد على الكرسي

Ahmad duduk di atas kursi

5. Huruf jer fi ( في /di dalam)

Memiliki faedah dzorfiyah (ظرفية) yaitu فِي شَيءٍ شَيءٍ حُلُوْلُ, artinya menempatkan seseuatu dalam sesuatu yang lain.

Contoh;

العِلْمُ فِي الصُدُورِ لَا فِي السُطُورِ.

Ilmu itu di dalam hati bukan di dalam tulisan.

6. Huruf her rubba (رب/ sedikit sekali/banyak sekali)

Memiliki faedah taqlil (تقليل) yaitu menunjukkan makna sedikit. Terkadang juga berfaidah dan taktsir (تكثير) yaitu menunjukkan makna banyak.

Contoh;

تقليل

رُبَّ رَجُلٍ كَرِيمٍ لَقِيتُهُ

Sedikit laki-laki mulia yang aku temui

تكثير

رُبَّ مُتَكَلِّمٍ كَانَ الصُّمْتُ أخْلَقَ بِهِ وَخَيْرًا لَهُ وَهُوَ لَا يَعْلَمُ.

Banyak sekali pembicara yang sebenarnya "Diam" lebih berakhlak dan lebih baik baginya, hanya saja dia tak mengetahui.

7. Huruf jer ba' (الباء /dengan)

Memiliki faedah ; Pertama, ilshoq (إلْصاق) yaitu menunjukkan makna bertemu.

Contoh;

مررْتُ بِزيد

Saya lewat bertemu zaid

Kedua, isti'anah (استعانة) yaitu menunjukkan makna bantuan/pertolongan.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 15, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

FILOSOFI NAHWUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang