" malam kini berganti pagi
hangat nya menyengat sampai kehatiku
ku lihat banyak orang yang tersenyum pagi ini
bersama lantunan burung yang menjadi irama di hatiku "
HIDUP BERDAMPINGAN
Apasih hidup berdampingan itu? aku rasa kalian udah faham akan topik ini, tapi ada hal-hal yang kayaknya patut buat kita repair, khususnya lingkup sosial kita.
yang namanya hidup ni ya.. pasti kita ga sendiri, kita hidup bareng mereka para manusia dan seperangkat hal aneh lainnya.
nah, berbicara tentang manusia lainnya,saling menghormati dan menghargai itu penting.
contohnya nih..
saat berlalu lintas, ini hal yang aku alamin sendiri yaa..
kaya ada sesuatu hal yang menghambat perjalanan kamu, kamu bakal ngapain? yang pasti pengen hambatan itu segera selesai kan.
oke.. simak cerita aku dulu,
pagi ini aku bepergian ke suatu tempat, lewat jalan raya dong pastinya.. aku kan nebeng nih sama temen aku, dan entah kenapa lalu lintas di depan aku tuh jadi macet. awalnya kesel, siapa sih nih bikin macet pagi-pagi, dan pas udah kelewat, iya bisa kelewat kan aku pakai motor..
barulah semuanya terjawab, jadi yang bikin macet itu pedagang buah yang buahnya itu kececer di jalanan dan aku liat disitu situasinya di depan mobil itu, si yang make mobil ini ga henti-hentinya bunyiin klakson padahal udah tau itu pedaganggangnya lagi mungutin buahnya dia di jalanan itu..
banyak juga pengendara yang lain bunyiin klakson dari belakang si mobil ini, kaya kasian aja sih.. itukan musibah, semua orang juga ga bakalan mau itu terjadi, apalagi si pedagang itu..
iya akunya sempat kesel juga sih tapi udah tau realitanya gitu kan ya faham-faham dong kamu sebagai manusia, bantuin kek, sabar nunggu dia mungut buahnya selesai kek.
ga kebayang jadi pedagangnya itu gimana perasaannya, pasti ya malu ada juga lah, tapi ya mau gimana lagi musibah kan:)
terus ada lagi nih, dari arus yang berbeda sama aku, dari jauh aku liat angkot warna kuning itu stak di tengah-tengah jalan mau belok kanan, nah di belakang nya itu banyak pengendara yang kehalang ama angkot ini kan, terus itu sumpah klakson dari belakang ga henti-hentinya.
padahal ya mereka udah tau bahwa si angkot ini mogok, aku aja faham karna suara yang di keluarin dari angkotnya itu emang suara mogok gitu, tau ga sih gimana suaranya? tau kali ya..
nah, disitu aku bener-bener lihat usahanya si bapa, dan khawatirnya dia, gimana ya ngejelasinnya, ini loh.. mobil gue mogok, gue udah usaha buat nyalain tapi ga bisa-bisa, kalian yang dibelakang gue, klakson-klakson bertubi-tubi, gak tau apa gue gimana keadaannya,pasti ya ada keselnya juga, susahnya apalagi.
kalian pernah ngalamin kek aku? pernah berfikir gak itu perasaannya gimana, apakah tanpa sadar kita berbuat kek gitu bakalan ngelukai hati orang tertentu? atau buat orang lain malu?
dan untuk kamu yang ngerasaan hal itu coba deh kamu mikir, gimana kalau aku di posisinya dia? aku bakalan gimana? perasaan aku gimana kalau di klakson bertubi-tubi gitu padahal ya lagi berusaha, lagi kesusahan.
aku mikir mirisnya itu ya disini, takutnya tuh ya bakalan kesini,
saat manusia seiring berjalannya waktu maka rasa empati nya itu akan makin berkurang, sikap apatis nya itu lama-lama bakal kebentuk dan aku ga bisa bayangin kalau itu bener-bener kejadian di indonesia, semoga ga bakalan kejadian ya.
supaya ga kejadian ya perlu usaha dari diri kita sendiri, coba deh tanam kan sifat empati, menolong sesama tanpa pamrih. pikirin bahwa ini kita hidup berdampingan, kita ini saudara, saling membantu satu sama lain, menjunjung bhinneka tunggal ika.
taukan semboyan kita bhinneka tunggal ika? nah apa sih arti bhinneka tunggal ika itu? ga nyangka kan pembahasannya sampai beleber ke sini :v
Bhinneka Tunggal Ika adalah atau semboyan bangsa yang tertulis pada lambang negara Indonesia, . Frasa ini berasal dari yang artinya adalah "Berbeda-beda tetapi tetap satu".
Diterjemahkan per kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam". Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun beranekaragam tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.
Kalimat ini merupakan kutipan dari sebuah Jawa Kuno yaitu , karangan semasa kerajaan sekitar,Kakawin ini istimewa karena mengajarkan antara umat dengan umat .
udah pada ingat pelajaran pkn nya? nah "berbeda beda tetapi tetap satu". gimana kalau sekarang kita repair diri kita, yang tadinya ga peduli orang di sekitar jadi peduli, ada yang memerlukan bantuan ya tolong semampu kita, karna yang di gadang-gadang masa mendatang tu ga menutup kemungkinan kita jadi manusia yang apatis jikalau kita terus abai sama sesama, biar bagaimana pun, manusia ga bakalan bisa hidup sendiri, manusia pasti membutuhkan yang namanya manusia lainnya.
coba deh bayangin betapa indahnya kita saling peduli , saling bantu satu sama lain, saling bahu membahu, hari-hari kita bakalan lebih indah lagi.. bakalan terasa lebih ringan.
aku juga penasaran sama pengalaman kalian ada yang mau cerita? silahkan komen :v
coba deh repair itu.. and don't forget to smile today!!!
klik bintangnya yaa :v
YOU ARE READING
Coretan Kecil mendalam
RandomCoretan ini adalah sebuah pemikiran yang ingin aku kembangkan dari berbagai macam sisi. sudahkah kita menyadari di sekeliling kita? sudahkah itu menjadi pilihan yang paling tepat untuk kita? untuk orang lain? karna aku yakin, banyak dari kalian yang...