Part 3: Kerusuhan Mei 1998 dan Emigrasi Batagor

24 0 0
                                    

Hari demi hari,Bahkan Tahun berganti Tahun.Batagor Ko Chang pun selalu ramai akan pembeli,dan tidak pernah sepi sampai saat akan tutup sekaligus,Koh Chang dan Yuvia pun bahagia.Selain itu mereka telah dikaruniai seorang anak perempuan yang sangat jelita bernama Chyntia.

Hingga suatu ketika,Pada Hari yang tenang,bahkan jemuran sudah diangkat timbullah Kerusuhan Mei 1998 yang brutal dan mematikan.Banyak orang Tionghoa menjadi korban,baik korban perkosaan maupun pembunuhan,Koh Chang dan Yuvia yang sama-sama keturunan Tionghoa pun ketakutan dan segera menutup kios batagornya dan bersembunyi bersama keluarga kecilnya.

Karena situasi negara tidak kondusif dan berbahaya,serta ekonomi negara terpengaruh krisis ini.Maka terpaksa mau tidak mau Koh Chang pun menutup Kios Batagornya di Desa Sukamager dan terutama di Jakarta,dengan sedih Koh Chang berkata kepada istri setianya Yuvia,dan anak semata wayangnya Chyntia."Situasi politik dan ekonomi negara kita sedang tidak stabil,kerusuhan terjadi dimana-mana,bahkan kelompok etnis kita menjadi sasaran kerusuhan ini.Kita semua harus segera berkemas dan pindah"kata Koh Chang kepada keluarga kecilnya tersebut

Keesokan paginya,Mereka telah berhasil mengemasi barang-barang yang akan dibutuhkan untuk merantau lagi untuk mencari kehidupan yang lebih baik dan stabil,Maka berangkatlah keluarga kecil itu ke Bandara dan mereka berhasil kabur dengan selamat ke Tokyo,Jepang.

Di Jepang,Koh Chang pun sempat mengalami kebingungan,sedih dan depresi karena Kios Batagornya yang sukses di Jakarta juga sempat dihancurkan Massa akibat kejadian Mei 1998.Kini ia memikirkan ulang untuk membangun Kios Batagor khas Jepang di Tokyo

"Masalahnya,apakah selera orang Jepang cocok dengan Batagor resepku?Bagaimana jika ternyata Orang Jepang sini tidak menyukai rasa gurih manis Batagor resepku?"tanya Chang dalam hati,ia sangat cemas.

Setelah riset dan survei tempat beberapa waktu,Ia pun nekat membuka Kios Batagornya lagi di Jepang,dekat KBRI Tokyo karena disana banyak sekali Orang Indonesia yang tinggal juga saat itu.Pasar Koh Chang awalnya hanyalah untuk Pendatang ataupun Turis Indonesia yang rindu akan Batagor khas tanah airnya,Namun keajaiban terjadi.Ternyata berkat lagi-lagi inovasi saus batagor khas Jepang ala Koh Chang dan Yuvia menemukan ide baru Batagor Tempura,kedai kecil Batagor Chang-kun pun ramai akan konsumen Orang Jepang pula.Karena keheranan akan kedai Batagor yang luar biasa fantastis ini,bahkan seorang tokoh kuliner dari negeri ginseng sebelah bernama Park Noldy pun sempat jauh-jauh ke Tokyo demi mencicipi sepiring Batagor Tempura penemuan baru Yuvia tersebut.

"mas-issseubnida. hangug-e jisaleul-yeosibsio"Ujar Noldy kepada Chang dalam Bahasa Korea

Noldy pun meminta agar Batagor Koh Chang segera membuka cabang di Korea,karena itu merupakan peluang bisnis baginya.Chang mengajak Noldy bekerjasama untuk segera mewujudkan proyek impian,yaitu mengembangkan Bisnisnya hingga ke Korea Selatan.

Dalam proses pendirian Batagor Chang&Noldy-Oppa di Gangnam-gu,Seoul.Yuvia pun meracik Batagor Tteokbokki yaitu adonan baso tahu goreng disiram dengan kuah tteokpokki ditemani oleh kenyalnya tteok rebus,ia berharap menu improvisasi baru ini dapat menyasar Pasar Korea dengan baik

Akhirnya Kedai Batagor Koh Chang dan Koh Noldy yang dibuka di Korea ini pun dalam perjalanannya banyak didatangi Artis Korea terkenal seperti idola Park Noldy yaitu BTS,yang sempat berfoto dengan Park Noldy.Lalu ada Lee Min-ho yang konon mirip dengan author cerita ini (eaaa hehehehe....) bahkan Member boyband SuJu,BigBang dan para member girlband TWICE,SNSD pun kerap diberitakan makan di kedai Noldy-oppa ini.

Sementara di Jepang,Kedai Batagor Jepang Chang-kun ini didatangi juga oleh LiSa,One Ok Rock,Artis Dewasa lokal tersohor hingga Ayumi Hamasaki,AKB48 bahkan pernah membuat show khusus kunjungan ke Batagor Chang-kun di TV

Berkat kerjasamanya itu,Chang dan Noldy mendapatkan keuntungan yang besar dan mereka pun sama-sama sukses.Noldy selain menjadi tokoh juga menjadi pengusaha kuliner,Bahkan Chang pun sempat masuk acara Hitam Putih yang viral di Indonesia.

Kedai Batagor Noldy-oppa dan Koh Chang pun sama-sama ramai akan penghargaan restoran dan sering masuk TV lokal acara kuliner.Reputasi kedai mereka pun meningkat drastis

Koh Chang lagi-lagi beruntung hingga terjadi sesuatu di Jepang.Gerangan apa yang akan menguji kekuatan Koh Chang?simak saja Part ke-4

Kisah Pengusaha Batagor Go International!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang