Hari pertama gue ospek di PTN pertama gue di tahun 2016, waktu itu sih gue excited abis. Temen baru, suasana baru, gak pake seragam lagi, berasa bebas deh. Apa lagi gue keterima di salah satu jurusan yang lumayan rame peminat di PTN gue saat itu. Gak kepikiran kalo bakal ngalamin salah jurusan, gagal beradaptasi dan stress karena kuliah gak sesuai passion. Awal semester? Masih aman. Catetan lengkap, tugas ga pernah ngedeadline, outfit rapi, romansa-romansa jaman maba, dan ngobrol sana-sini. Pertengahan? Mulai petaka bermunculan. Dari temen yang satu persatu keliatan aslinya, yang tadinya ramah dan asik mulai ketauan kalo suka manfaatin dan ngomongin di belakang, ketauan ada yang suka nyonteknya maksa, dan sebaginya. Disitu gue masih santai aja, namanya juga orang. Eh, lama-lama matkulnya mulai ngejelimet dan gue mulai gak bisa ngikutin. Ya... dengerin sih kalo lagi diterangin, tapi kalo udah sampe rumah yaudah lupa lagi. Masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Belajar buat ujian mulai jadi momok buat gue, rasanya mau ngerjain tugas atau belajar tuh maleees banget..
Tapi karena gue tipe orang yang gak suka kena omelan atau dianggap bego, akhirnya selesai juga tuh semester pertama walau ip gue pas-pasan : 3,46. Gak akan lupa sama angka itu. Perjuangan abis sampe pas UAS lisan di salah satu matkul gue kena omelan dosennya.. Ya gue udah belajar, tapi gatau kenapa pas liat muka dosennya jadi ngeblank gitu. Sampe gue dibilang asik sendiri kalo di kelas, gak merhatiin dan segala macamnya. Ya tuhaaan itu rasanya pengen nangis tapi gengsi karena ujian lisannya di ruang dosen. Belom lagi di jurusan gue ada beberapa dosen yang masuknya suka-suka, 30 menit sebelom kelas selesai doi baru nongol. Bisa dibilang gue culture shock pada saat itu, dan emang gue belum cukup matang. Jadi yang biasa di SMA ngedengerin guru ngejelasin, ini gue harus belajar sendiri, nyari sendiri materinya, dosen cuma kasih temanya aja, sisanya terserah deh mau sampe jungkir balik juga. Belum lagi gak jarang buku referensi itu susah dicari, sampe ke ujung Kwitang pun gak ketemu. Oke kuliah di dunia nyata gak seindah di cerita fiksi.
Akhirnya di akhir semester gue memutuskan buat ikut SBMPTN lagi tahun 2017. Libur tahun baru gue pake buat belajar mandiri, gue beli dua buku yaitu buku soal SBMPTN dan buku soal SIMAK UI. Yassss dari kelas 1 SMA itu cita-cita gue kuliah di UI, gak tau diri emang. Otak pas-pasan pengen kuliah di UI, sampe sana jadi remahan roma sari gandum kayaknya. Tapi yaudah emang dasarnya batu, gue kejar juga deh tuh UI. Selama liburan gue belajar mandiri dulu, baca materi, ngerangkum, dan ngerjain soal. Di situ gue mulai sadar ketertarikan gue di sejarah klasik. Gak tau sih, seru aja gitu dan bagi gue nama orang pada zaman itu keren.
Tapi perjalanan gue gak semulus itu, orang tua gue dengan segala kekhawatiran mereka gak mengizinkan gue buat ngelepas PTN yang ini. Mau gak mau gue belajar sambil tetep kuliah. Gak gampang bagi gue, apa lagi dengan lingkungan yang gak mendukung keinginan gue buat ikut ujian lagi. Bukannya gue negative thinking sama orang, tapi entah kenapa gue ngerasa setiap ada tugas kelompok beban beratnya selalu dilimpahin ke gue. Mulai dari ngedit presentasi, ngedit makalah, bahan materi paling banyak, dan sebagianya. Ya mungkin ini perasaan gue yang lagi stress dan jadi sensian aja. Habis anak kelas 12 selesai UN, mulai lah gue ikut kelas intensif SBMPTN di bimbel yang sama lagi dengan pas kelas 12 karena emang lokasinya lumayan deket dengan kampus. Seenggaknya bagi gue,gue bisa nyeberang jembatan penyeberangan terus jalan kaki. Ya capek dan panas sih... Tapi ya dijalanin aja namanya udah gak betah. Tiap kelar kelas gue langsung ke tempat bimbel buat belajar sendiri dulu di ruang diskusi, entah baca materi atau ngerjain soal. Pokoknya waktu yang gak banyak itu bener-bener dimanfaatin, deh.
Tapi ya ada titik dimana gue capek dan udah enek banget. Jadi ada satu temen gue yang emang ngeselin banget, sebut aja dia Bambang. Si Bambang ini anaknya bawel banget sok kepinteran, pokoknya ninggi dah kalo ngomong, lupa dia kalo di atas langit masih ada Hotman Paris. Apesnya gue absen gue deketan sama dia, jadi di satu matkul gue terpaksa sekelompok sama dia selama satu semester, ini anak udah kalo ngomong ngejatohin orang, bossy, tapi kalo tugas kelompok gabutnya gak nanggung-nanggung. Dua minggu sebelom SBMPTN puncaknya gue udah beneran enek, presentasi sekelompok planga-plongo gak paham materinya, dan pas jawab pertanyaan jawaban gue dicolong sama si Bambang manusia paling menyebalkan seantero jagad prodi gue. Akhirnya saking eneknya mood gue ancur dan gue memutuskan buat pulang padahal masih ada kelas lagi 3 jam kemudian. Gue memutuskan buat pulang dan gak balik lagi... Sampai detik ini.
Dua minggu terakhir gue fokus ke SBMPTN dan SIMAK UI, bye pelajaran kuliah. Semua buku-buku dan tugas kuliah gue singkirin dari meja belajar. Akhirnya gue beraniin buat ambil satu jurusan yang ramai peminat di UI, Ilmu Sejarah UI, dan satu lagi Antropologi Sosial di PTN lain di luar Jabodetabek, agak nekat memang. Selama dua minggu itu kerjaan gue cuma nongkrong di bimbel sampe malem, ngerjain soal, baca materi yang sekiranya gampang buat dikejar. Sampe h-1 pun gue masih belajar sana-sini. Privat matematika dan tambahan TPA ke rumah temen pun gue jabanin.
Waktu hari pengumuman ternyata gue keterimanya di pilihan ketiga dan di SIMAK gue kembali gak lulus, yah yaudah deh tadinya gue udah pasrah dan mau daftar ulang di PTN yang jauh ini. Tapii.. Tiba-tiba bokap gak ngizinin dan malah nyuruh gue buat gak berangkat. Sempet nangis-nangis dan ngambek ditambah isu kalo sekolah bisa diblacklist kalo kita gak ambil walaupun itu jalur tulis..Panik sampe nekatin buat datengin BK di sekolah karena takut junior gue yang kena imbasnya..Tapi untungnya guru BK gue baik banget dan nenangin gue. Sekarang pilihan gue cuma dua, mau gap year atau ambil PTS di Jakarta. Akhirnya gue memilih buat gap year karena rugi banget perjuangan gue kalo berakhir di PTS dan lagi jurusan yang gue mau gak ada di PTS.
YOU ARE READING
GAP YEAR SURVIVAL GUIDE
Non-FictionHAIII!! Sebut aja gue Chacha (bukan nama sebenarnya) dan gue berpengalaman ikut SBMPTN 3 kali. Yapp kalian gak salah baca, TIGA KALI! Tulisan-tulisan ini bakal ngebahas tentang pengalaman gue salah jurusan dan kuliah sambil belajar buat SBMPTN 2017...