Awal mula masuk bimbel buat kelas alumni, gue mulai atur strategi belajar. Pokoknya perhari harus ada yang nambah deh, entah itu gue baca materi, ngerjain soal atau nonton video materi-materi. Gue bimbel itu seminggu tiga kali, try out dr bimbel cuma beberapa kali aja dalam satu semester, tapi gue ikut try out di luar gitu. Ya emang berbayar sih, tapi kalo mau cari, banyak kok try out yang gratis atau kalian bisa cari try out yang diadain secara online.
Gue bikin komitmen selama gue gak sakit dalam satu hari harus bisa nyelesain satu set soal. Untuk pelajaran tertentu gue juga bikin rangkuman. Nah, disini kalian harus cari tau gaya belajar apa yang cocok untuk kalian di masing-masing pelajaran. Misalnya gue suka banget sama sejarah tapi susah buat inget tanggal atau nama tempat, berarti gue harus bikin catatan yang menarik terus untuk tanggal dan nama tempat atau orang penting gue highlight atau tulis dengan warna yang berbeda.
Supaya catatannya rapih gue saranin kalian pake binder sih, tapi bebas kalian nyamannya gimana. Jadi di binder itu isinya rangkuman materi sama hasil pembahasan materi yang salah. Biasanya untuk catatan dikelas gue sisain space untuk gue lengkapin lagi dari sumberlain yang gue baca.
Buat bikin catetan yang menarik kalian bisa banget liat contoh di instagram, pinterest, ataupun youtube. Kadang gue juga suka belajar sambil nonton youtube "Study with me" biar berasa ga belajar sendiri. Kalo gue sih berasa ada yang nemenin belajar dan jadi termotivasi, atau kalian juga bisa belajar sambil dengerin musik yang kalian suka.
Untuk pelajaran sosiologi, karena tahun pertama gue sempet kuliah di jurusan sosiologi jadi mata pelajaran ini udah gak terlalu berat lagi. Gue cukup baca ulang materi dan beberapa teori tokoh, ya hafalin yang lupa-lupa aja terus banyakin latihan soal. Setelah dikerjain jangan lupa dikoreksi, nah kalo ada yang salah baru deh dilihat salahnya di mana dan dibikin pembahasannya.
Untuk bahasa, memang kalian harus banget latihan soal dan banyak baca buku, koran, atau jurnal supaya terbiasa. Percaya deh, nanti di kuliah kalian bakal ngerasain dikasih tugas review yang banyak dan gak selalu referensinya pakai bahasa Indonesia, bisa aja pake Bahasa Inggris. atau mungkin juga pakai bahasa Indonesia tapi referensinya skripsi dari tahun 80-an, percayalah banyak kemungkinan yang bisa terjadi selama kalian kuliah.
Untuk matematika, jujur ini mata pelajaran kelemahan gue. Gak peduli seberapa berusahanya gue belajar, tetep aja cuma matriks yang bener-bener bisa gue kerjain. Ya mungkin kalo gue usahain bisa, tapi butuh waktu yang lama dan sayang banget lebih baik gue pakai waktu tersebut buat ngerjain soal lain. Selain itu, selama gue ujian matriks itu pasti selalu ada, jadi seenggaknya gak kosong.
Untuk TPA, gue suka ngerjain soal-soal TPA, dan untuk soal-soal yang gak gue pahami biasanya gue bahas sama temen atau nanya sama guru. Inget ya TPA ini penting banget karena secara gak langsung nunjukin kemampuan dasar kalian. Dan bobotnya sebenernya juga besar, jadi jangan disia-siakan. TPA ini gue sampe beli dua buku khusus untuk belajar, satu buku soal dan satu lagi buku panduannya.
Ekonomi dan geografi merupakan mata pelajaran yang sedikit gue kesampingkan, karena emang gak sesuai sama minat gue jadi gue belajar seadanya aja. Terbukti pas SBMPTN 2018 gue cuma ngerjain 8 soal ekonomi dan 7 soal geografi. Ya memang sih di tahun 2018 udah gak ada lagi tuh yang namanya sistem plus minus (benar +4 poin, salah -1, kosong 0) tapi karena udah terbiasa jadi gue kerjainnya yang sudah pasti gue tau aja, dan dari pada waktunya gue pake buat ngebulatin LJK yang jawabannya asal, mending gue pake buat mastiin jawaban dari soal yang gue ngerti.
Perlu kalian inget, soal ujian seleksi masuk perguruan tinggi itu yang buat soalnya dosen-dosen dari perguruan tinggi, jadi soalnya pasti ga mudah. Ini seleksi guys, bukan ujian evaluasi belajar, masing-masing universitas pasti ingin menyeleksi calon mahasiswa yang punya kualifikasi sesuai sama jurusan yang dituju. Berdasarkan saran dari beberapa orang, gue coba untuk mahamin materi yang gue ga begitu paham dengan baca buku yang dibuat untuk mahasiswa, waktu itu sih gue belajar dengan buku pengantar sosiologi bekas gue kuliah dulu dan buku ekonomi makro punya bokap gue. Kalo untuk sejarah gue baca beberapa buku sejarah yang bisa dibeli di gramedia. Tapi kalo boleh gue saranin, kalian bisa baca buku Sejarah Nasional Indonesia untuk memahami sejarah Indonesia.
Tapi kalian perlu inget ya, ini cara belajar gue. Kalian harus temuan cara terbaik kalian sendiri, karena kalian yang paling ngerti. Ketika kalian udah mulai jenuh, gak salah kok untuk ambil satu hari day off dan santai-santai. Percuma kalian maksain belajar ketika mood kalian lagi kurang bagus. Mendingan kalian ambil libur satu hari dan ngelakuin hal yang bikin kalian happy dan jadi semangat lagi.
YOU ARE READING
GAP YEAR SURVIVAL GUIDE
Non-FictionHAIII!! Sebut aja gue Chacha (bukan nama sebenarnya) dan gue berpengalaman ikut SBMPTN 3 kali. Yapp kalian gak salah baca, TIGA KALI! Tulisan-tulisan ini bakal ngebahas tentang pengalaman gue salah jurusan dan kuliah sambil belajar buat SBMPTN 2017...