2]Kisah Wang Zhaojun (王昭君) dalam Dinasti Han

79 4 0
                                    

Wang Zhaojun (nama lain Wang Qiang) hidup pada abad ke 1 Masehi, pada masa dinasti Han berkuasa.

Ia adalah satu dari empat wanita cantik Tiongkok. Kecantikannya dapat dilepaskan burung-burung yang sedang terbang. Ia merundingkan dalam keluarga yang berada di daerah yang sekarang terletak di kabupaten Xingshan, provinsi Hubei di wilayah selatan kerajaan Han barat.

Dalam perjalanannya ke Xiongnu ia pun terkenal memakai jaket bulu sambil memetik alat musik pipa dan menunggang keledai. Gambaran inilah yang identik dengan Wang Zhaojun.

Pada tahun 38 M, Kaisar Yuan mengeluarkan maklumat untuk meminta gadis-gadis cantik dari seluruh negeri ke istana. Dua tahun kemudian, sekitar tahun 40 Masehi, Wang Zhaojun mengundang masuk istana untuk melayani kaisar Yuan (Liu Shi) sebagai selir.

Selama di istana, Wang Zhaojun tidak pernah mengunjungi (dalam arti melayani / berhubungan seksi) oleh kaisar.

Hal ini diceritakan karena kaisar memiliki selir baru yang akan melayaninya dengan cara melihat melalui lukisan wajah yang dibuat oleh seniman Mao Yanshuo.

Wang Zhaojun konon tidak siap menyuap pelukis istana untuk melukisnya cantik, jadi si pelukis lalu melukisnya dengan jelek. Meminta kaisar Wang Zhaojun menjadi wanita jelek dan tidak memilihnya.

Pada saat itu terjadi konflik berkepanjangan antara kerajaan Han barat dengan suku Xiongnu (terutama Xiongnu barat).

Suatu tempat pemimpin Xiongnu timur yang bersekutu dengan Han, Huhanye, datang tiga perubahan Chang'an dalam rangka kunjungan penghormatan. Huhanye lalu meminta agar dia bisa menjadi menantu kumpul. Permintaannya tidak diluluskan, akan tetapi Huhanye diberikan kompensasi berupa selir-selir kaisar. Wang Zhaojun adalah salah satu di antara mereka yang diberikan kepada Huhanye.

Dituliskan dalam Hou Han Shu, Wang Zhaojun sendiri diminta untuk dikirim ke Xiongnu karena dia kecewa menunggu. Lalu, kaisar Yuan yang baru pertama kali bertemu dengan Wang Zhaojun tertegun akan kecantikannya dan sangat menyesal bahkan sudah kembali mempertimbangkan untuk memberikan Wang Zhaojun kepada Huhanye.

Namun akhirnya kaisar Yuan merelakan Wang Zhaojun demi persekutuan Han dan Xiongnu.

Wang Zhaojun kemudian menjadi selir kesayangan Huhanye dan melahirkan dua pangeran dan satu putri.

Setelah Huhanye meninggal, Wang Zhaojun memohon agar bisa kembali ke China daratan, namun menyetujuinya ditolak kaisar Cheng (Liu Ao). Kaisar Cheng malah mengundang agar dia mengikuti tradisi Xiongnu untuk menikah dengan pemimpin Xiongnu berikutnya, putra memenangkan Huhanye. Dalam pernikahannya yang kedua, dia melahirkan 2 putri. Wang Zhaojun pun membantu Huhanye dalam mengembangkan kerajaan Xiongnu, maka itu orang Xiongnu sangat menghargai Wang Zhaojun.

Dalam legenda lain, diceritakan setelah diajukannya untuk dikembalikan ke daratan ditolak kaisar Cheng, Wang Zhaojun menolak diri sendiri sebagai upaya untuk mendukung kembali lagi dengan kulitnya sendiri. Karena Wang Zhaojun, selama sekitar 60 tahun terbentuk perdamaian antara Han dan Xiongnu. Pemerintah Tiongkok sekarang mempergunakan Wang Zhaojun sebagai simbol persatuan antara etnis Han dengan etnis minoritas lainnya.

Kumpulan Cerita Urban Legenda Di Dunia  Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang