SuperM ( Hangul : 슈퍼 엠) adalah supergrup pop Korea yang dibentuk pada 2019 oleh SM Entertainment dan Capitol Music Group. Grup ini diatur untuk memasukkan tujuh anggota dari tiga grup boy SM: Taemin dari Shinee, Baekhyun dan Kai dari Exo, Taeyong, Ten, Lucas, dan Mark dari NCT.
Semua anggota diambil dari grup boy yang ada di bawah SM Entertainment. Taemin pertama kali debut sebagai anggota Shinee pada Mei 2008. Baekhyun dan Kai debut sebagai anggota Exo pada April 2012. Taeyong, Ten, dan Mark memulai debutnya sebagai anggota NCT pada April 2016. Lucas memulai debutnya pada Februari 2018 sebagai anggota baru NCT.Pada 2019, sebelum pengumuman resmi debut SuperM, ada desas-desus bahwa SM Entertainment berencana untuk debut " K-pop Super Boy Band". Pada tanggal 7 Agustus 2019, ketua Capitol Music Group Steve Barnett meminta Lee Soo-man untuk memproduksi grup. Barnett dan pendiri SM Lee Soo-man secara resmi mengumumkan grup sebagai SuperM di Capitol Congress 2019. "M" dalam SuperM singkatan dari Matrix dan Master, dengan masing-masing anggota sudah menjadi bintang mapan di band mereka sendiri.
SuperM akan merilis album debut mereka di Amerika Serikat pada bulan Oktober dan berencana untuk mempromosikan album nanti baik di sana maupun di Korea Selatan. [16] Beberapa teaser untuk grup tersebut dipasang di berbagai saluran media sosial SuperM. [15] [17] Grup ini merekam video musik debut mereka di Dubai pada Agustus 2019. [17] EP self-titled grup ini akan dirilis pada 4 Oktober, dengan instrumental dari salah satu lagu album, "I Can ' t Stand the Rain ", dirilis pada 28 Agustus. Single utama SuperM," Jopping ", dirilis bersamaan dengan video musiknya pada hari yang sama dengan EP. [19]
KAMU SEDANG MEMBACA
SUPERM
ChickLitSuperM Biodata Baekhyun EXO Taemin Shinee Kai EXO Taeyong NCT Ten NCT Lucas WayV Mark NCT