Chapter 1

22 0 0
                                    

Pertemuan kelompok dukungan kanker bukanlah hal yang Zack harapkan. Yang ia maksud adalah, siapa sangka ruangan yang penuh dengan orang-orang yang berjuang melawan kanker bisa menjadi... lucu? Di situlah Zack Bryant. Berusia 18 tahun, duduk dalam lingkaran dengan orang-orang dari segala usia dan latar belakang, masing-masing dengan cerita uniknya dan, rambut yang lebih sedikit dari biasanya.


Kursi-kursi tersebut terlalu nyaman untuk kelompok pendukung kanker. Ketika memasuki ruangan itu, pandangan Zack tidak pernah terlepas dari kursi-kursi yang seperti jenis yang akan menelannya seperti marshmallow.


Oh, bukan. Bukan Zack yang inisiatif menemukan tempat tersebut. Liam, sahabatnya yang dengan antusias mencarikannya komunitas pendukung kanker, lima belas menit setelah ia divonis leukimia. Ia tidak tahu lagi harus diapakan sahabat anehnya itu.


Di situlah Zack duduk, di kursi paling ujung, menolak perhatian yang berlebih kepadanya. Meskipun mau tidak mau ia harus menjadi pusat perhatian karena ia satu-satunya pendatang baru di komunitas itu. Oh, yang benar saja.


Di meja sebelah kursi yang melingkar, ada makanan ringan – bermacam-macam kue, buah-buahan, dan brownies paling mencurigakan yang pernah ada. Serius, Zack berani bertaruh brownies itu tidak enak seperti bagaimana kelihatannya. Warnanya pucat, dan sepertinya mereka tidak memberinya gula.


Saat Zack duduk di kursi itu, ia hanya bisa tersenyum. Orang-orang itu adalah sesuatu yang lain. Di hadapannya terduduk Nyonya Henderson, wanita sigap berusia 70-an yang menjuluki dirinya sendiri "Ratu Kemo". Oh, yang benar saja. Zack kini bisa membayangkan ia mengenakan tiara dan tongkat kerajaan bersandar di kursi-nya. Oh, tidak. Wanita tua itu tidak mengenakan semua itu. Namun, penampilannya hanya sedikit.. unik. Topi beret yang menutupi rambut tipis yang hampir habis itu, atasan ketat bernuansa penyanyi rok, dan tentu, celana jeans dan sepatu but ala tahun 90-an.


Ketika wanita tua itu berdiri dan memperkenalkan diri, Ia menyebutkan kata-kata seperti, "Jika aku harus melawan kanker ini, sebaiknya aku melakukannya dengan gaya."


Lalu ada Tom, seorang pekerja konstruksi kekar yang kelihatannya bisa bergulat dengan beruang untuk bersenang-senang. Dia mengeluarkan ayam karet dari tas-nya dan memulai aksi juggling ayam. "Harus menjaga semuanya tetap terkendali, kan?" katanya sambil mengedipkan mata.


Dan jangan lupakan Sarah, seorang remaja dengan coretan warna merah jambu di rambutnya dan semangat memberontak yang bisa membuat James Dean kehabisan uang. Gadis kecil itu menyerbu ke dalam ruangan dengan skateboard, membuat kue-kue beterbangan. "Berseluncur atau mati, teman-teman!" teriaknya sambil membersihkan remah-remah kue dari jaket-nya.


Tiba saatnya giliran Zack untuk memperkenalkan dirinya. Dengan ragu ia berdiri, lalu berdehem dengan gugup, merasa seperti pendatang baru di pesta paling unik di dunia. "Um, hai," ia tergagap, menarik perhatian kelompok itu saat semua mata tertuju padanya. "Aku Zack, dan, eh, aku menderita leukemia."


Untuk sesaat, terjadi keheningan yang canggung. Zack kembali menggeser kursi-nya yang nyaman, mencoba melawan keinginan untuk menghilang ke kedalaman marshmallow.


Tapi kemudian, seolah diberi isyarat, tawa terdengar di ruangan itu. Nyonya Henderson, yang menyebut dirinya sebagai "Ratu Kemo", bertepuk tangan dengan gembira. "Yah, Zack, kamu pasti tahu cara masuk ke tempat ini!"


Tom, pekerja konstruksi kekar, menimpali sambil tertawa kecil. "Leukemia, ya? Itu hanyalah cara lain untuk mengatakan bahwa kamu punya tiket ke kelompok pendukung paling unik di kota."


Lalu ada Sarah, si pemberontak skateboard, yang mengacungkan jempol kepadanya. "Leukemia atau bukan, Zack, kamu sudah resmi menjadi bagian dari klub cool kids sekarang."


Brenda, ketua kelompok, tersenyum hangat padanya. "Selamat datang, Zack. Kita semua menghadapi masalah ini bersama-sama, dan humor adalah cara kita menghadapinya."


Zack menjadi sedikit lebih rileks saat tawa mereka menyapu dirinya. Seolah-olah ia tersandung ke dalam ruangan yang dipenuhi teman-teman lama yang kebetulan mendapat infus dan suka melontarkan lelucon tentang kondisi mereka.


Saat pertemuan dimulai, ketua kelompok, Brenda, mulai berbicara tentang strategi penanggulangan dan berpikir positif. Semua orang mengangguk, tapi jelas bahwa humor adalah senjata rahasia mereka. Ada sesuatu tentang tertawa saat menghadapi kesulitan yang membuatnya tidak terlalu menakutkan.


Mau tak mau Zack ikut bergabung. Lagi pula, ia menyadari bahwa ia ada di situ untuk alasan yang sama – menghadapi leukemia secara langsung dan memanfaatkan sisa hari-harinya sebaik-baiknya. Jenis humor-nya sendiri selalu berupa campuran sarkasme dan kalimat murahan, dan orang-orang ini sepertinya menghargainya. Zack hanya terus tertawa dan membuat lelucon. Sesuatu yang benar-benar seperti dirinya.


Seperti ini; Zack dengan acak mengangkat tangannya. "Hei, Brenda, menurutmu apa permainan favorit sel kanker?"


Brenda tampak tertarik. "Entahlah, Zack. Apa?"


Zack menyeringai. "Tumor-tenis!"


Seisi ruangan tertawa terbahak-bahak, dan untuk sesaat, semua kekhawatiran, semua ketakutan, sepertinya lenyap begitu saja. Mereka adalah pejuang dalam pasukan paling aneh dan terlucu yang pernah ada, dan Zack merasa bahwa dengan orang-orang ini di sisinya, ia yakin bahwa perjalanannya di Nevada akan menjadi petualangan yang luar biasa.


Saat pertemuan berakhir dan ia meninggalkan ruangan, mau tak mau ia merasakan gelombang optimisme. Besok, ia akan naik pesawat ke Nevada, siap memulai babak baru dalam hidupnya. Leukemia mungkin merupakan lawan yang tangguh, namun dengan humor, dukungan, dan sedikit sarkasme, ia siap menghadapinya.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 16, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Falling Like The StarsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang