ROCKABYE

8 2 0
                                    

Mom what you doing out there?

Sebenarnya apa yang ibu lakukan diluar sana?

Facing the hard life without no fear.

Menghadapi hidup yang keras tanpa rasa takut. Tolong beritahu padaku apa rahasianya?

Just see and know that you really care.

Yang kau tahu bahwa kau sangat peduli pada anakmu. Dan aku mulai membencimu.

'Cause any obstacle come you well prepared.

Karena setiap masalah yang akan datang kau selalu siap. Aku membenci itu. Aku membenci sosokmu yang kuat. Ah tidak! Lebih tepatnya aku membenci diriku sendiri. Egois. Aku selalu diam jika masalah itu datang menyerangmu. Aku benci!

And no mamma you never shed tear.

Dan kau tidak pernah menitikan air mata. Itulah hal yang paling kubenci. Oh ayolah kau manusia biasa, jadi menangislah kumohon, agar anakmu yang egois ini punya alasan untuk merengkuhmu, Ibu.

'Cause you have to shed things year after year

Kau menyimpan semuanya sendirian agar tidak ada yang tau bukan begitu, Bu? Kau salah! Anakmu yang bodoh ini sudah tau. Tapi sayangnya dia memilih bungkam tak melakukan apapun. Bodoh memang!

And you give the youth love beyond compare.

Dan kau memberikan cinta yang luar biasa pada anak yang tak berguna ini. Sekarang katakan padaku terbuat dari apa hati mu, Bu? Cinta yang kau berikan sangat besar. Sangat. Aku tenggelam didalamnya.

You find the school fee and the bus fare.

Membayar biaya sekolahku. Memberikanku uang jajan. Tempat tinggal. Selimut yang hangat. Tanpa sedikitpun aku bertanya bagaimana kau mendapatkannya.

Steadily you work flow, heavily you know so you nah stop.

Dengan mantap kau terus bekerja, dengan keras tanpa henti.

Now she gotta a six year old.

Aku ingat, Bu. Saat aku berada disekolah dasar. Aku tau rahasia yang kau sembunyikan. Aku tau usaha ayah hancur. Benar bukan? Hancur hingga tidak ada yang tersisa untuk sekedar mengisi perut. Aku tahu, kau menahan lapar saat waktu makan tiba.

Trying to keep him warm.

Memberikan ku selimut. Agar tubuhku tetap hangat.

Trying to keep all the cold.

Menahan dingin ketika hujan datang.

When he looks her in the eyes. He don't know he's safe when she says.

Aku tidak peduli saat itu Bu, yang aku tahu aku sangat senang. Aku tak tahu luka yang kau tahan, berapa banyak rasa malu yang ditanggung. Kau selalu tersenyum. Dan hari ini saat mengetik tulisan ini. Aku menangis Bu. Merutuki betapa bodohnya aku. Dan kau selalu berkata.

She tells him "ooh love"

Anakku...

No one's ever gonna hurt you, love.

Tidak akan ada yang menyakitimu, Nak.

I'm gonna give you all of my love.

Ibu akan mencurahkan seluruh kasih sayangku.

Nobody matters like you.

Tidak ada yang lebih penting daripadamu.

She tells him "your life ain't gonna be nothing like my life

Ibu berkata. Hidupmu tidak akan sia- sia seperti hidupku.

You're gonna grow and have a good life.

Kamu akan tumbuh dan mendapatkan hidup yang layak.

I'm gonna do what I've got to do

Ibu akan melakukan apa yang harus Ibu lakukan. Kumohon berhenti, Bu. Biar aku yang menggantikanmu. Biarkan aku merawatmu, biarkan. Biarkan anak bodoh ini melindungimu. Dan kau tersenyum.

So, rockabye baby, rockabye.

Jadi tidurlah sayang. Tidurlah. Katamu.

I'm gonna rock you.

Aku akan menimangmu. Lanjutmu. Lalu  setelah aku tertidur. Aku tahu kau mulai menahan rasa sakit itu lagi. Benar bukan?

Rockabye baby, don't you cry.

Tidurlah sayang... jangan menangis,

Somebody's got you.

Aku menemanimu. Bohong! Setelah ini kau akan pergi. Lalu menangis dalam diam. Biar anakmu tidak melihatnya. Katakan padaku Bu. Apa yang harus kulakukan untuk menebus semua kasih sayangmu?

Aku menyayangimu Bu. Jadi berbagilah padaku apa yang kau rasakan. Aku tidak bisa membantu, tapi setidaknya biarkan aku tau.

@minju
Jakarta, 27 Desember 2019

ISI KEPALAKUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang