Glossarium
Anamnesis : menanyakan hal-hal terkait dengan kondisi pasien
DJJ : denyut jantung janin
Inform consent : lembar persetujuan tindakan yang nantinya ditandatangani
Primigravida : kehamilan pertama
Partus : kelahiran
Pemeriksaan dalam : untuk mengecek pembukaan pada proses persalinan
Konsulen : dokter spesialis yang sudah menguasai sub spesialis
Residen : dokter yang sedang belajar untuk mendapat gelar spesialis
Fetal dopler : alat untuk mengecek DJJ
Oksitosin : obat untuk memacu kontraksi rahim
.
.
Kriiiing… kriiiing…
Sekali, dua kali telepon tak berdosa yang teronggok manis di meja itu berbunyi. Ruangan seketika membisu begitu Tayuya-san, kepala shift siang ini mengangkat alat komunikasi itu. Ia tidak banyak mengatakan apapun, hanya diakhir sambungan telepon itu ia bicara agak panjang, "Bawa saja langsung ke sini." Dan gagang telepon itu kembali ke singgasananya semula.
"Pasien dari IGD, hamil 37 minggu, sudah pembukaan dua," ujarnya tanpa benar-benar menoleh ke arah kami semua. "Kita tunggu saja."
Kami mengangguk kemudian mulai bersiap-siap untuk bertugas lagi. Terang saja, sudah sekitar dua jam semenjak pasien terakhir dipindahkan ke bangsal, dan tidak ada satu pun pasien baru yang datang. Dengan kata lain, selama dua jam yang menyenangkan itu kami hanya sibuk mengunyah makanan, mengobrol, atau sekedar memainkan gadget—sangat jauh dari tugas kebidanan. Dengan datangnya pasien baru itu, otomatis kami harus merapikan kekacauan yang tanpa sengaja kami ciptakan di sini, dan bersiap untuk menjalankan tugas.
.
Verlos Kamer
Naruto © Kishimoto Masashi
Warning! AU OOC Typo Abal Geje Lebay
Don't Like Don't Read
ENJOY!
.
Aku baru saja selesai melakukan anamnesis pasien di bed tiga yang baru masuk. Ia seorang wanita muda yang cantik dengan rambut merah muda yang menawan. Wajahnya tampak sedikit pucat tanpa sedikitpun sisa-sisa make up di wajahnya—sepertinya ia menahan sakit. Kontraksinya sudah ada, wajar saja ia merasa kesakitan. Dan ini adalah kehamilan pertamanya. Semoga saja ia tidak menimbulkan kehebohan seperti pasien tiga hari yang lalu—pasien primigravida yang rewel minta ampun sampai membuat Karui yang berjaga pada hari itu berang bukan main. Bukannya berprasangka, sering kali pasien-pasien primigravida—terlebih yang berusia muda—suka berlebihan. Sudah mengejannya tidak pintar, tidak mau menurut pula. Itu yang membuatku terkadang malas memimpin partus mereka—lama.
KAMU SEDANG MEMBACA
Verlos Kamer
General FictionAda banyak hal yang bisa kau lihat saat menjaga kamar bersalin. a SasuSaku fic. AU. DLDR. Reposted. Published on my ffn account in 2015. Naruto (c) Masashi Kishimoto