Nabi Idris bersama Malaikat Izroil

286 12 0
                                    

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh Nabi Idris dan malaikat adalah menjalankan ibadah bersama.
Suatu hari Ia meminta Malaikat Izroil untuk membawanya melihat surga dan neraka.Permintaan tersebut dianggap aneh oleh malaikat Izroil.

Akhirnya atas seizin Allah SWT malaikat Izroil mengantar Nabi Idris untuk melihat baik surga maupun neraka. Di sepanjang perjalanan malaikat Izroil bertanya alasan mengapa Nabi Idris ingin sekali melihat neraka yang ditakuti oleh makhluk ciptaan Allah termasuk salah satunya adalah malaikat.

Mendengar pertanyaan dari malaikat maka Nabi Idris berkata bahwa sebenarnya beliaupun juga takut dengan azab Allah.Beliau berharap dengan melihat neraka dapat meningkatkan keimanan beliau kepada Allah SWT.

Saat Nabi Idris dan malaikat Izroil berada di dekat pintu neraka maka Beliau tak sadarkan diri.Hal ini dikarenakan sosok malaikat yang menjaga neraka menakutkan. Hal ini dikarenakan malaikat penjaga neraka bertugas untuk menyiksa hamba Allah SWT yang semasa hidupnya durhaka kepada Allah.

Pemandangan di neraka sungguh sangat mengerikan,Nabi Idris tidak kuat melihat berbagai siksaan,api yang menyala dengan dahsyatnya,terdengar pula suara yang gemuruh dan masih banyak lagi.Lalu Nabi Idris dan malaikat Izroil pergi ke surga.Yang pertama kali dijumpai adalah malaikat Ridwan yang bertugas menjaga surga.

Nabi Idris pun pingsan kembali setelah melihat surga yang indah dan mempesona.Beliau disambut oleh ketampanan malaikat Ridwan dengan wajah berseri-seri dan memberikan senyuman yang nampak enak dipandang mata.Selain itu,Beliau pun disambut dengan sopan,ramah dan lemah lembut.

Saking kagumnya dengan isi surga maka beliau tak henti-hentinya mengucapkan kata subhanallah untuk memuji kebesaran Allah SWT sembari melihat keindahan sungai-sungai yang mengalir, listana,pepohonan,berbagai macam buah-buahan dan lain-lain.

Beliau didampingi para pelayan surga mengelilingi isi surga yang membuat siapa pun yang melihatnya akan terpana dan terpesona.Saat itu Nabi Idris ingin meminum air sungai dan meminta izin.Akhirnya malaikat Izroil pun mengizinkannya.

Pelayan surga lalu datang dan memberikan segelas air minum.Lalu tak henti-hentinya Beliau mengucap kata Alhamdulillah saking senangnya bisa menikmati air minum yang menyegarkan dan sangat enak.

Setelah selesai melihat-lihat surga Beliau diminta untuk meninggalkan surga dan kembali ke bumi.Namun,beliau tidak ingin kembali ke bumi karena ingin beribadah kepada Allah di surga.
Lalu,Malaikat Izroil berkata bahwa beliau boleh menempati surga bersama para nabi lainnya setelah kiamat dan semua amal telah dihisab.

Adanya kejadian tersebut Allah SWT memberikan tempat yang mulia di langit.Peristiwa tersebut terjadi pada Nabi Idris saat usianya 82 tahun.

Kisah Nabi Idris ASTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang