Lagi asik main sama temen-temen w tiba tiba
"Moon, cuci mukanya ya, kita daftar sekolah" Ayah memanggilku
Agak aneh karena mendadak begini kan ya. Gatau mau senang apa gimana. Tapi ya karena aku juga orangnya pendiem dan penurut jadi tanpa basa basi langsung cuci muka. Btw, dari kecil seorang moon jye sudah terkenal sekompleks anak yang pendiem sholeh dan rajin menabung. Nggak tahu ya, ngomong sama orang itu rasanya malaaaaaaass aja gitu, kek literally ngabisin energi banget guys. Meskipun sama keluarga, selain karena anak bungsu juga sih, jadi apa apa kalo dibully sama abang/kakak ya diem diem aja bae. Mau ngelawan takut diancam. Heh. Serba salah emang.
Ingat banget pertama kali daftar sekolah dasar,pake baju kuning dengan celana selutut. Sekolah ku lima langkah dari rumah (read: bukan pacarku). Ada tuh kan lagu lagu di kibotan nikahan biduannya nyanyi lagu "pacarku lima langkah dari rumah", ya Allah itu jantung w mau copoot denger dentuman speaker nya wakk.
Hari pertama sekolah semangat banget dongg.
"Makan dulu nakk, nanti pingsan susaah ummi" Ummi memelas. Aku males banget makan. pengennya nonton spongebob meskipun episode yang sama. Pernah sampe berantam sama abang gara-gara w maksa nonton spongebob wkwk. Tapi ya w yang ngalah juga padahala w adeknyeeeee.
Dari dulu emang aku penakut, jadi ga heran kenapa aku sangat terlihat gelisah saat harus bertemu orang banyak atau orang baru. Ummi sampe ngawani masuk ke dalam kelas. Aku merengek minta Ummi tetap stay di kursi sebelah ku. SEPENAKUT ITU. Begitulah hingga beberapa hari kemudian. Pernah suatu kejadian ketakutanku muncul. Ku mengintip dari jendela yang tingginya lumayan. Aku diam diam memanjat ke atas meja untuk melihat Ummi di luar kelas. Ada halaman disana. Biasa tempat yang jadi saksi bisu emak emak menggosip.
Ternyata Ummi tidak ada disana. Aku panik. Otakku bekerja sangat keras untuk mencari solusi agar Ummi menemaniku lagi.
"Bu, Moon jye izin ke WC, mau boker."
"iya," guruku mengizinkan
Aku mulai membuka pintu dan berlari ke arah gerbang sekolah.
"Ehh, Moon jye WC nya disanaaa.." teriak guruku sambil menunjuk ke arah WC yang ada di sebelah kanan dari pintu.
"Engga buu, awak (aku) mau boker ke rumah aja." jawabku. Karena rumahku yang lima langkah saja. Satpam yang juga dikenal oleh abangku mengizinkanku karena juga tahu rumahku dimana.
Sampai di rumah kulihat Ummi sedang memasak nasi. Aku kesel.
"Ummi kenapa ga nunggui Moon Jye disekolaaaahh?" rengekku
"Iya nak, ini lagi masak nasi dulu" Ummii jawab
Ayah ku yang tahu ku balik ke rumah hanya tertawa sambil berdecak. Manjanya, pikirnya mungkin
"Nanti ke sekolahh ya Ummi, tapi awak mau boker dulu." Tambahku
SEPENAKUT ITU. :')
Senin sampe Sabtu ku jalani. Minggu pun tiba. Aku sudah siap-siap ke sekolah buat besok. Ummi malah jawab
"besok libur"
aku antara percaya atau engga, jadi ku pastikan dengan bertanya ke abangku yang saat itu juga lagi SMA
"iya besok libur" katanya
aku sebenernya tidak percaya begitu saja, karena dia sering menipuku :'
ya akhirnya memang bener sih hari Minggu itu libur. wkwk. aku seneng banget tapi sedih juga sih. gatau sedih kenapa. Mungkin merasa kesepian. ekek.
Setiap pulang sekolah ngerjai PR dulu baru main. Dibantui sama abang. Jadi abangku ada 3 dirumah. Kadang kalo abang yang satu lagi gada, atau seenggaknya uda kena marah gara gara aku bego, bisa lari ke abang yang lain. wkwkw.
"Kalo jawabannya ada disini kek mana? abang tokok palanya yaa" jengkel abangku, dia kesel aku sering nanya, gamau usaha lihat dibalik lembaran LKS. Padahal kan kadang juga gada jawabannya. Pernah soal PPKN susaaah bangeetts. Sampe abangku bilang
"Ini kok berat kali soalnyaa. Dulu abang ga sesusah ini" sambil dia bilang ke temannya yang juga lagi ngumpul
Itu rumah sebenernya rame karena kawan abang w. abang w kan dirumah ada 3. ya rame. Tiap kali temen w aja ke rumah, kawan w malah diusir
"Baangg, Moon jye nya Adaaa nggaaak?"
aku yang mendengar langsung keluarr
"Maen diluaarr aja yaaa"
Aku kesel. Ya sebenernya karena juga takut kawanku dan aku ngotori rumah. wkkw. biasa anak anak kan.
Selama di SD ini, sejak kelas satu sampe kelas dua, aku tidak begitu menonjol. Anak pendiem. Semenjak kelas 3, wali kelasku yang mungkin tahu ada bakat terpendam dalam jiwaku, mulai memberi perhatian. Aku diperhatiin guys, dah lama ga diperhatiin. :v
Semenjak kelas 3 aku mulai disegani karena alhamdulillah dapat juara satu, setidaknya kalo ditanya sodara sodaraku ada yang dibanggakan wkwk. Pernah juga ikut olimpiade.
"Kamu ikut olim matematika ya" Guru kelas 5 ku menawar
aku mengangguk saja.
Kuceritakan ke abangku, dia membeli sebuah buku olimpiade matematika INTERNASIONAL. Ya Allah itu soalnyaaaaa menangiisss aku menangiiisss...
beneran nangis donggg! sampe abang aku ketawa. Ini anak kenapa nangisss.. Aku ingat banget, saat itu yang aku pikirin gimaana mau menang kalo ga bisa jawab, kan malu sama guru yang udah percayain ke aku gitu kan. ansietas sudah terdiagnosa sejak dini,wkwk, . sampe akhirnya guruku bilang
"Moon Jye jadinya ikut olim IPA"
ASTAGHFIRULLAH , uda nangis dua harian karena ga bisa jawab se soal pun tu buku olim matematikaaaa.
Ya Alhamdulillah ya , jadinya ke IPA. heheh. Perjuangku berakhir di tingkat kabupaten. ya lumayan ada pengalaman. Dan disitu lah aku mendapat kenalan non islam. Jangan menjudge dari penampilan. Ya itu yang kupelajari. namanya anak kecil juga kadang gampang dibodohi kan, banyak juga yg antinonislam, jadi semenjak itu ya aku berpikir tidak ada yang salah dengan mereka selama engga ganggu kita. Dia baik kok, kesan ku padanya, untuk pertama dan terakhir ku jumpa dengannya. :) btw dia cewe okeyy.
YOU ARE READING
Moon Jye 1999
WerewolfDear, para pembaca yang saya hormati, ini cerita yang aku buat untuk melampiaskan ke-introvert-an yang kupunya. Bagiku, susah sekali untuk bercerita lewat suara. Ini cerita harianku. Salam hangat, dari Aku, Sang Pemalu(katanya). Ya intinya ini cerit...