Setelah membahas mengenai idola yang menjadi sumber inspirasi, lalu penggambaran emosi agar tokoh terasa “lebih hidup." Selanjutnya saya akan membahas mengenai profesi atau pekerjaan untuk tokoh fiksi. Banyak profesi dapat dipilih, banyak sekali profesi atau pekerjaan di dunia nyata, kita tinggal mencari yang sesuai dengan cerita yang akan ditulis.
Profesi merupakan pekerjaan yang membutuhkan ilmu pengetahuan atau keterampilan khusus, orang yang memiliki pekerjaan tersebut harus mengikuti pelatihan tertentu agar dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Mereka yang berprofesi dibidang tertentu biasanya disebut profesional. Contoh profesi yang berada di dunia nyata, seperti: arsitek, guru, dokter, pengacara dan lain sebagainya.
Begitu banyak profesi di dunia nyata, mulai dari yang terdengar tidak asing di telinga sampai yang asing di telinga. Dari mulai profesi yang umum sampai profesi yang istimewa. Kali ini, saya akan membahas profesi istimewa yang sudah sangat tidak asing lagi di telinga.
“Apa ya?”
Kalian bisa tebak kok? Saya kasih clue ya ... menggunakan jas putih, ramah, hangat pembawaannya, suka menolong orang sakit dan biasanya berada di rumah sakit. Pasti sudah bisa menebaknya.
Ya, benar. Profesi yang akan dibahas adalah dokter.
“Dokter merupakan perantara Tuhan, menyembuhkan dan memberikan harapan indah untuk para pasiennya. Agar mereka selalu bersemangat untuk menjalani hidup di tengah ujian yang menghampiri.”
Kali ini saya memilih untuk membahas tentang dokter umum.
[Sumber : ilustrasi dokter.sumber:Getty
Images/iStockphoto/miror.co.uk]Dokter umum merupakan dokter yang berfokus pada pengobatan masalah kesehatan dan gejala umum pada pasien. Seorang dokter umum dikenal sebagai dokter layanan tingkat pertama yang berperan dalam memberikan pencegahan, diagnosis dan penanganan awal, serta memberikan rujukan kepada dokter spesialis jika diperlukan. Dokter umum memegang peranan penting dalam memberikan perawatan medis awal dan berkelanjutan kepada pasien dari segala kelompok usia.
Biasanya seorang dokter umum dapat bekerja di puskesmas, rumah sakit atau klinik pribadi miliknya, dan tak jarang juga dilibatkan dalam berbagai disiplin ilmu medis lain untuk mendukung penyembuhan pasien.
Di sini saya akan menjelaskan mengenai apa saja yang dapat dilakukan oleh seorang dokter umum:
1) Memiliki keahlian anamnesis atau wawancara medis kepada pasien. Bertujuan untuk mencari tahu keluhan penyakit pasien yang dialami.
2) Memiliki keahlian dalam pemeriksaan fisik umum, guna mendiagnosis dan menentukan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.
3) Dapat meresepkan obat-obatan berdasarkan penyakit yang diderita pasien.
4) Mampu memberikan edukasi atau konseling mengenai pemeliharaan kesehatan yang baik.
5) Mampu melakukan rehabilitasi medis dasar pada pasien dan masyarakat, yang berguna untuk mencegah komplikasi penyakit lebih lanjut.
6) Mampu melakukan pemeriksaan penunjang sederhana, contohnya tes darah dan urine. Lalu bisa mengintrepretasikannya.
7) Mampu mengusulkan tes penunjang lainnya, misalnya pemeriksaan rontgen berdasarkan gejala yang dialami pasien.
8) Dapat melakukan tindakan pencegahan dan membantu mengarahkan pasien agar mau menjalani pola hidup sehat.
9) Bertanggung jawab untuk merujuk pasiennya ke dokter spesialis yang sesuai.
Tak hanya sembilan point di atas, dokter umum juga ternyata dituntut untuk mampu melakukan manajemen sumber daya dan fasilitas di tempat kerjanya, memberikan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat dan melakukan pembedahan kecil atau dikenal dengan istilah medisnya minor surgery.
Kemudian penyakit apa saja yang dapat ditangani oleh dokter umum:
1] Infeksi saluran pernapasan. Seperti: flu, radang tenggorokan, dan lain sebagainya.
2] Penyakit pada paru-paru. Seperti: asma, bronkitis dan lain sebagainya.
3] Kejang demam.
4] Hipertensi.
5] Sakit kepala, migrain dan vertigo.
6] Nyeri sendi dan otot.
7] Penyakit pada mata yang masih bersifat ringan, seperti mata kering.
8] Infeksi jamur, bakteri dan parasit.
9] Masalah pencernaan.
10] Alergi makanan.
11] Masalah kulit. Seperti: kudis, kurap, jamur pada kulit dan lain sebagainya.
Dokter umum akan memberikan penangan sampai sembuh. Terkecuali penyakit tersebut berubah semakin parah, maka dokter umum bisa memberikan rujukan agar pasien ditangani oleh dokter spesialis. Seperti beberapa penyakit yang tidak bisa ditangani secara menyeluruh oleh dokter umum, contohnya: meningitis, epilepsi dan gagal jantung. Pada kasus tersebut dokter umum bertanggung jawab untuk memberikan perawatan awal dan memastikan kondisi pasien stabil serta mencegah komplikasi berlanjut. Nantinya dalam praktis sehari-hari, pasien akan dirujuk ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
“Kenapa memilih profesi tersebut, padahal sudah banyak yang menggunakan profesi tersebut dalam cerita fiksi?”
Alasannya simple, karena profesi tersebut menurutku sangat istimewa. Saya sering mengatakan bahwa dokter itu merupakan perantara Tuhan untuk para pasiennya. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk saya dalam memasukkan profesi dokter umum kepada salah satu tokoh. Rencananya, saya akan menggunakan profesi tersebut untuk salah satu tokoh dalam cerita fiksi yang akan ditulis. Sudah bisa tebak saya mau menulis cerita apa?
Kalau dokternya seperti ini, gimana? Penasaran nggak sama cerita yang nanti saya tulis?
[Sumber : Pinterest]
Catatan kecil ini ditulis untuk riset topik profesi atau pekerjaan, dalam rangka #RAWSAuthorship. Topik selanjutnya akan dipilih secara acak yang akan dituliskan di work selanjutnya. Setelah itu, baru nantinya akan dilanjutkan dengan menulis cerita fiksi.
Sumber:
1) http://www.gurupendidkan.co.id/pengertian-profesional/&hl=id-ID.
2) http://www.alodokter.com/memahami-lebih-jauh-fungsi-dan-tugas-dokter-umum&hl=id-ID.
3) Gambar dari Sumber : ilustrasi dokter.sumber:Getty. Images/iStockphoto/miror.co.uk.
4) Foto dari pinterest.
Salam Hangat,
Gladistia Cuan
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Kecil [Complete]
SachbücherCatatan kecil ini dibuat untuk perencanaan sebelum saya menulis cerita fiksi, saya melakukan riset dari berbagai sumber yang nantinya akan dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk cerita fiksi yang akan saya tulis. Karena bagi saya cerita fiksi juga...