Dalam menulis cerita fiksi, salah satu unsur penting yaitu menentukan tokoh yang nantinya akan dimasukkan ke dalam cerita. Tokoh dianggap sebagai elemen penting dalam sebuah karya fiksi, sebab tokoh dapat membuat alur cerita menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
Tokoh juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menimbulkan konflik dalam sebuah cerita fiksi. Sehingga dapat dipastikan penulis haruslah memilih tokoh yang tepat, agar cerita yang dituliskan dapat mencuri perhatian para pembaca.
Dalam menciptakan tokoh, saya biasanya mencari inspirasi dari tokoh-tokoh yang berada di dunia nyata. Bisa orang terdekat, tersayang atau orang disekitar.
"Kalau mantan bagaimana?"
Boleh, siapa pun. Kalau hal tersebut bisa mendukung, kenapa tidak? Asal setelah menulis jangan baper ya.
Sumber inspirasi memang lebih mudah dari orang sekitar, tetapi seiring perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi. Sumber inspirasi bisa berasal dari orang-orang yang sering muncul di televisi atau sosial media. Ya, seperti sosok yang diidolakan. Bisa seorang aktor atau aktris, dan penyanyi. Semakin lama semakin bergeser, yang dikenal sebagai fenomena idola para remaja. Melihat hal tersebut, para penulis secara tidak langsung terbawa pengaruh dari fenomena tersebut. Sumber inspirasi tokoh yang diciptakan tidak hanya orang sekitar atau idola dalam negeri saja, kini berasal dari idola dari berbagai negara dengan berbagai profesi.
Contohnya seperti ini:
[Sumber : Pinterest]
Saya ambil contoh trend para penulis wattpad saat ini, sudah banyak sekali para idola dari mancan negara dengan berbagai profesi dijadikan inspirasi (cast) untuk cerita fiksi mereka. Sebagai bahan referensi yang digunakan untuk penggambaran tokoh dalam cerita fiksi yang mereka tulis. Tidak hanya untuk membuat cerita menarik, tetapi juga memperkuat keberadaan tokoh yang diciptakan. Menjadikan cerita fiksi tidak hanya dua dimensi tetapi menjadi tiga atau empat dimensi.
Satu catatan kecil yang perlu diingat, walau idola bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk tokoh dalam cerita fiksi. Kita pun harus bisa mencari sosok yang sesuai dan jangan dipaksakan, agar terasa cocok nantinya.
"Sumber inspirasi apa sih yang kita bisa gali dari sosok idola di dunia nyata?"
Banyak, seperti :
1) Kita bisa mendapatkan inspirasi dari sisi visual atau fisik sang idola. Saat kita menggambarkan sosok tokoh fiksi yang diciptakan, bentuk visual atau fisik sang idola bisa kita jadikan inspirasi. Misalnya dalam menggambarkan tinggi tubuh, bentuk wajah, model rambut, warna kulitnya atau apa pun yang ada pada fisik sang idola.
2) Kita bisa mendapatkan inspirasi dari karakternya. Saat kita menciptakan tokoh, pastilah tidak hanya bentuk fisik tetapi karakter yang membuat tokoh terasa "hidup" dalam cerita. Misalnya menggambarkan bahwa dia memiliki karakter yang baik, kasar, atau apa pun.
3) Kita bisa mendapatkan inspirasi dari sisi prestasi sang idola. Banyak sosok idola yang menorehkan banyak prestasi di bidangnya, sehingga bisa dijadikan sumber inspirasi untuk tokoh fiksi kita. Misalnya, tokoh fiksi yang akan kita buat seorang aktor. Di dalam cerita tokoh tersebut juga memiliki prestasi serupa dengan sosok idola kita. Mendapatkan beberapa penghargaan di bidang perfilman, mendapatkan apresiasi atas sesuatu hal. Bisa dijadikan sumber inspirasi.
4) Kita juga bisa mendapatkan inspirasi dari nama sang idola. Nama para idola bisa kita sematkan di depan, tengah atau belakang nama tokoh fiksi kita. Hal tersebut digunakan untuk identitas tokoh fiksi kita nantinya.
Kita terapkan point di atas ke dalam sebuah contoh.
Profil singkat idola di dunia nyata yang menjadi inspirasi untuk tokoh cerita fiksi:
[Sumber: m.liputan6.com/ instagram Maxime Bouttier]
Ya, Maxime Bouttier. Cowok blasteran Prancis-Bali itu menjadi idola para remaja. Maxime memulai karir sebagai model. Setelah itu dia bermain film, sinetron dan FTV. Sudah banyak judul film, sinetron dan FTV yang dihiasi oleh wajah tampannya. Terakhir yang saya tonton, ketika dia bermain film Matt & Mou. Aktor Indonesia ini namanya sudah sangat dikenal. Selain menjadi model dan aktor, terdengar pula bahwa dia terjun ke dunia tarik suara. Wajahnya selalu wara-wari di televisi, menginspirasi saya untuk menjadikannya sumber inspirasi untuk salah satu tokoh cerita fiksi saya nantinya. Pertimbangannya karena cocok dengan karakter tokohnya.
Tokoh dunia nyata yang diidolakan memang memiliki kontribusi besar, hal itu yang saya rasakan saat akan menuliskan cerita fiksi. Membantu menjadi sumber inspirasi pada saat menciptakan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi yang ditulis. Sehingga cerita tersebut terasa lebih menarik. Tulisan tidak hanya menjadi bacaan 2D, tetapi terasa seperti 3D atau 4D. Lebih menyenangkan.
"Jadikan sosok idolamu menjadi sumber inspirasi untuk tulisanmu, sehingga memotivasimu untuk melahirkan karya terbaik versimu."
Catatan kecil ini ditulis untuk riset topik tokoh dunia nyata yang diidolakan, dalam rangka #RAWSAuthorship. Topik selanjutnya akan dipilih secara acak yang akan dituliskan di work selanjutnya. Setelah itu, baru nantinya akan dilanjutkan dengan cerita fiksi.
Sumber:
1) https://www.rifanfajrin.com/2016/03/pengertian-tokoh-dan-jenis-jenis-tokoh.html?m=1.
2) https://tekooneko.com/pengertian-tokoh/&hl=id-ID.
https://www.dailysia.com/biodata-profil-dan-fakta-maxime-bouttier/&hl=id-ID.3) https://id.m.wikipedia.org/wiki/Maxime_Bouttier&hl=id-ID.
4) Koleksi foto dari Pinterest dan m.liputan6.com/instagram Maxime Bouttier.
Salam Hangat,
Gladistia Cuan
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Kecil [Complete]
NonfiksiCatatan kecil ini dibuat untuk perencanaan sebelum saya menulis cerita fiksi, saya melakukan riset dari berbagai sumber yang nantinya akan dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk cerita fiksi yang akan saya tulis. Karena bagi saya cerita fiksi juga...