Heibai Wuchang (Pencabut Nyawa)

479 23 0
                                    

Dalam kepercayaan Taoism, kedua pengawal ini disebut juga sebagai roh penjemput (grim reaper) atau Wuchang (无常), yaitu pengawal utusan dari neraka untuk mengantar arwah orang yang baru saja meninggal dari dunia manusia, untuk menuju ke alam bawah, maupun sebaliknya.

Heibai Wuchang ini sendiri mempunyai dua sosok pengawal yaitu Hei Wuchang (Pengawal Hitam) dan Bai Wuchang (Pengawal Putih).

Heibai Wuchang ini sendiri mempunyai dua sosok pengawal yaitu Hei Wuchang (Pengawal Hitam) dan Bai Wuchang (Pengawal Putih)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Bai Wuchang,

Sebutan Lain :
- Penjaga Kefanaan Putih
- Jendral Xie

Ia digambarkan memiliki tubuh jangkung dan kurus, serta mengenakan pakaian putih. Sering kali juga ia divisualisasikan dengan mata melotot, senyum lebar dan lidah panjang yang terjulur. Sosok ini memiliki aura sangat ramah dan bersahabat di sekitarnya. Di topinya terdapat sebuah tulisan "Keberuntungan dan kekayaan akan menghampiri siapapun yang menemuiku" (一見生財/一見大吉; Yījiàn shēngcái/yījiàn dàjí), dan "Kamu juga sudah datang" (你也來了; Nǐ yě láile).

Di tangannya ia membawa kipas, borgol berbentuk ikan dan lempengan kayu dengan tulisan. Biasanya ia membimbing roh orang baik ke alam bawah dan memberi mereka hadiah berupa uang dan koin emas karena sikap baik mereka. Karena kesan menyenangkan yang diberikannya, seringkali ia juga dikaitkan dengan Dewa Keberuntungan.

Hei Wuchang,

Sebutan Lain :
- Penjaga Kefanaan Hitam
- Jendral Fan

Ia digambarkan memiliki tubuh yang pendek dan gemuk, serta mengenakan pakaian hitam. Sosok ini memiliki wajah yang hitam dan galak, memiliki aura yang menakutkan, dan bersikap sangat galak pada roh orang jahat. Di topinya terdapat tulisan, "Kematian akan menghampiri siapapun yang menemuiku" (天下太平; Tiānxià tàipíng), dan "Akan menangkapmu sekarang" (正在捉你; Zhèngzài zhuō nǐ).

Ia juga membawa kipas dan lempengan kayu yang bertuliskan "Membuat perbedaan jelas antara yang baik dan yang jahat" (善惡分明; Shàn è fēnmíng), serta "Mengganjar perbuatan baik dan menghukum perbuatan jahat" (獎善罰惡; Jiǎng shàn fá è)'. Ia juga membawa rantai besi di salah satu lengannya. Karena kegarangannya, ia sering diberi tugas untuk menangkap roh jahat.

Menurut cerita legenda Tiongkok kuno, semasa hidupnya kedua sosok ini adalah jenderal penjaga. Ceritanya, pada suatu hari saat proses pemindahan semua tawanan, mereka kehilangan satu tawanan sehingga mereka memutuskan untuk berpencar mencari tawanan yang hilang tersebut, dan berjanji akan bertemu lagi di bawah sebuah jembatan.

Namun, hujan turun besar sekali hingga menaikkan ketinggian permukaan air sungai. Saat itu, Jenderal Fan (Hei Wuchang) sedang menunggu sahabatnya di bawah jembatan cukup lama dan bersikeras untuk tidak pergi. Dan akhirnya Jenderal Fan tenggelam saat air sungai semakin tinggi dan mencapai daratan.

Saat Jenderal Xie (Bai Wuchang) tiba di jembatan dan melihat sahabatnya sudah meninggal, ia sangat terpukul dan memutuskan untuk gantung diri. Kaisar langit sangat tersentuh oleh sikap patriotik, bertanggung jawab dan kesetiakawanan kedua sahabat ini, sehingga menunjuk mereka sebagai penjaga kefanaan hitam (Yin) dan penjaga kefanaan putih (Yang) yang bertugas untuk mengawal roh orang mati.

[COMPLETED] Chinese Supranatural Tales (2020)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang