_____________________________________
┊ ┊ ┊ ┊ ┊ ┊ ┊.⋆˚
┊ ┊ ┊ ┊ ┊ ┊ ˚✧
┊ ┊ ┊ ┊ ˚➶ 。˚ ☁︎
┊ ┊ ┊ ☁︎
┊ ┊ ☪︎.
┊ ✱
✧ ⋆ . ┊ . ✱˚ .
˚ ✩.└─────── COVER ──➤
🐤 Pengertian
Cover buku atau sampul buku adalah salah satu kulit buku bagian luar yang terdiri dari: judul buku; nama pengarang; nama penerbit; dan gambar yang mewakili isi.
Alasan cover buku dibuat adalah untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik, sehingga buku tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.
🐤Unsur -unsur🐤
Unsur-unsur pada Cover buku (sampul buku) :
1. Judul Buku
2. Nama Pengarang atau Penulis
3. Penerbit
4. Deskripsi Singkat
5. Desain atau IlustJudul Buku
Pada saat mendesain cover, judul buku harus terlihat dominan, sehingga pembeli mengetahui judul buku tanpa harus menerka-nerka, bahkan sampai tidak tahu judulnya yang mana.
Nama Pengarang atau Penulis
Nama lengkap dan gelar penulis harus diperhatikan, jangan sampai salah ketik atau bahkan tidak nampak, sehingga pembaca setia dari karya seseorang mengetahui, bahwa buku itu adalah buku karangan idolanya.
Penerbit
Penerbit buku adalah perusahaan yang menerbitkan buku. Biasanya ditampilkan pada cover buku bagian belakang, walau ada beberapa desain yang menampilkannya di bagian depan, tetapi tidak dominan bahkan sampai menutupi cover.
Deskripsi Singkat
Deskripsi cover di bagian depan, biasanya hanya 2 atau 3 baris saja, yang dapat mewakili isi buku, atau hanya berupa caption untuk menarik pembaca.
Sedangkan Deskripsi cover bagian belakang atau sinopsis buku, biasanya lebih panjang dari 5 baris, sehingga dapat memberikan penjelasan lebih rinci dari isi buku, namun tetap menggantungkan ceritanya, sehingga pembaca penasaran membeli buku atau novel tersebut.
Desain atau Ilustrasi
Mengapa cover buku harus mewakili isi buku? Desain cover buku anak lebih banyak menggunakan ilustrasi yang penuh dengan warna dan gambar, tentunya disesuaikan dengan isinya, sehingga tanpa membaca deskripsi/ sinopsis, pembaca sudah tahu buku itu tentang apa.
Desain cover novel remaja atau dewasa, biasanya simple atau bahkan sederhana, namun tidak menutup kemungkinan juga full dengan ilustrasi, jadi kembali lagi pada isi dari buku atau novelnya.
Misalnya saja desainer akan membuat buku non fiksi yang berhubungan dengan cara kerja otot manusia, tentunya gambar cover buku otot manusia adalah yang harus paling dominan, sehingga memvisualisasikan isi buku.
🐤Fungsi cover buku
adalah:1. Menyajikan informasi tentang buku seperti judul, penulis buku, identitas penerbit, dan lain sebagainya
2. Menyajikan ilustrasi tentang isi buku
3. Meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap isi buku
4. Meningkatkan keindahan buku🐤Point penting cover🐤
1. Menentukan Nuansa
Sebagai gambaran, nuansa warna-warni yang ceria bisa menggambarkan ide yang kaya. Nuansa biru yang beku bisa menggambarkan kesedihan. Sebaiknya nuansa desain ini tidak berlawanan dengan isi buku sehingga pembaca tidak kecewa.
KAMU SEDANG MEMBACA
Graphic Class
RandomKumpulan materi yang pernah dibahas dalam Autoren Gruppe. Mari simak dan pelajari lagi agar kamu benar-benar mampu menguasai seluruh materi yang telah di berikan. Mari mulai membaca! From adm Autoren Gruppe To all