Mengapa takut berkarya?

21 7 0
                                    

"Kenapa aku harus mencoba berkarya padahal ada banyak karya yang dapat aku nikmati?"


Halo para pecinta dunia orange! Jadi, sebagai materi pertama—oke mungkin ini lebih masuk ke wacana bukan materi—tetapi semoga dari kalian yang hanya penikmat karya mampu menjadi seorang penghasil karya.

Oke, to the point.

Mungkin banyak dari kalian berpikir bahwa; ada jutaan cerita di wattpad dengan jenis dan genre yang berbeda, orang-orang dengan kemampuan menulis sudah menyediakan sarana bacaan untuk kita,jadi kita gak harus berkecimpung dalam dunia mereka. Cukup menjadi penikmat dengan membaca dan berimajinasi dengan media yang sudah ada.

Oke, mungkin aku bakal membuka sebuah portal dimana kemungkinan kalian akan mulai menyoba berkarya.

Sebelumnya, apasih karya itu?

Menurut kamus KBBI V,

🗝 Karya adalah pekerjaan, hasil perbuatan;ciptaan;buatan.

🗝 Berkarya adalah mencipta.

Karya adalah sebuah pekerjaan mencipta sesuatu yang hasilnya dapat dinikmati banyak orang. Dengan berkarya, akan membuat kamu merasa puas dan tidak menutup kemungkinan orang lain mengenalmu karena karyamu.

Berkarya tidaklah membutuhkan keahlian khusus. Semua orang dapat berkarya,meskipun berbeda minat juga berbeda bidang. Semua orang mencoba berkarya, dengan berkarya mereka mengetahui kemampuan apa yang tumbuh dalam dirinya. Kemudian dengan berkarya mereka juga mengasah suatu kemampuan yang sudah ada untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa dalam hidupnya.

🗣️ : "Tapi,Kak. Kalau aku berkarya, aku takut enggak ada yang suka karyaku."

It's not problem.

Berkaryalah karena kamu suka, bukan mereka suka. Ubah mindset kalian yang selalu menjunjung pujian serta standar orang mengenai karyamu. Tidak ada orang yang tidak mengalami tahapan. Semua berawal dari kamu membangun hingga kamu bisa terbangun.

🗣️ : "Enggak,ah,Kak. Aku belum cukup ilmu buat berkarya,nanti jelek."

Tujuan seseorang belajar adalah mendapat ilmu. Tujuan orang berkarya adalah mengasah ilmu. Tidak perlu jadi sempurna dalam berkarya, cukup hargai apa yang telah kamu buat.

"Sebuah coretan adalah karya."

Tidak ada yang jauh lebih mengapresiasi karyamu selain dirimu sendiri. Jangan pernah menganggap apa yang kamu buat adalah kejelekan dan ketidakmampuan diri. Terus tulis dan berkarya, bagus atau tidaknya adalah urusan belakangan. Bebaskan hasratmu pada suatu bidang kemudian tekuni.

🗣️ : "Kak,genre yang lagi ramai itu Romance, sedangkan keahlianku di genre Religi."

Tadi sudah dikutip, berkaryalah sesuai yang kamu suka bukan mereka suka. Tidak semua memiliki kemampuan di bidang A, kamu tidak perlu dihargai dengan memaksa sesuatu yang tidak kamu bisa. Perkenalkan karyamu sesuai bakatmu. Semuanya masih dapat dipelajari, hal yang terpenting adalah bagaimana kamu berkarya dengan hati.

Kamu kaya bukan karena medali, kamu kaya sebab kamu berkarya.

******

Oke mungkin ini part satunya wkwk, nanti next bakal aku buat part keduanya. Jangan lupa baca + pahami ^^

Sesi bertanya silahkan melalui grup whatsapp atau melalui kolom komentar.

Best regard
-Admin 🍑

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: May 03, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

FOW MATERI 👑 Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang