1

7 1 0
                                    

kalian pernah gak si mikir gini

'eh gua kalo kayak gini,nyakitin hati orang gak yah?'
'eh gua kalo ngomong gini,orang kesinggung gak yah?'
'eh gua kalo ngelakuin ini,orang seneng gak yah?'
'eh gua kalo cara gua yang ini,kira kira orang nerima atau malah sakit hati gak yah?'

yaa yang intinya kalian mikirin orang dulu sebelum mikirin diri sendiri,pernah? seharusnya si wajib..dizaman dan keadaan yang kayak gini orang bakal ngedahuluin kebahagian masing"..imajinatif banget fikirannya gitu

'nannti gua kalo udah gede punya banyak uang bisa beli apa aja deh,bisa ke mekkah buat ngelunturin dosa dosa..beli barang" yang gua perluin pasti berguna dan seneng banget deh hidup gue' (sekiranya seperti itu)

tapi kalian pernah gak ke imajinatifnya kalian diubah seperti ini

'nannti saya kalau sudah dewasa,entah diumur saya yang masih 15,16,19,20 tahun.insyaallah saya yakin pasti bisa buat mencapai mimpi mimpi selanjutnya dengan bekal iman saya.yang insyaallah saya utamaakan perbanyak sholat,dzikir dan hal yang lain nya supaya saya bisa menyempurna kan akhlak dan iman saya,walaupun tidak lebih dari sempurna yang sekiranya merubah yang sebelumnya tidak baik menjadi baik..pasti kedepannya akan lebih mudah dalam melanjutkan perjalanan didunia ini' (yang pastinya seperti ini)

mikirin perasaan orang terhadap sikap kita,mikirin cara orang merespon semua perkataan dan apa yang kita lakukan terhadap mereka..itu seemua difikirkan.apa pernah?

gak selalu sebuah nasihat yang kamu buat dan bicarakan orang dengan mudahnya melakukan apa yang seharusnya dilakukan..kembali lagi dengan berfikir,ya mereka pasti akan berfikir

'bisa gak yah jika saya seperti itu,sanggup gak yah saya jika saya melakukan itu,kira kira akan menjadi baik atau malah makin memperburuk tidak yah?'

gak ada yang gak mikir,orang mau ngelakuin aja pasti mikir dulu..banyak berfikir,kurangi omongan,banyak berfikir,kurangi main main,banyak berfikir..kita sudah dewasa,apa yang akan kita lakukan untuk melanjutkan masa depan..persiapkan semua.

menyimpul kan semua akan baik baik saja dengan masukan diri sendiri itu,tidak lah menjamin..baik insyaallah untuk diri sendiri,tetapi baik tidak,orang menerima sikap yang kita punya?

we are adults, thinking good is necessary

memikirkan perasaan seseorang itu perlu..tidak ada mereka,tidak akan berguna otak,dan hati kalian nannti.

-mey-

an opinionTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang